10 Rekomendasi Pantai Pasir Putih di Gunung Kidul

Image title
16 Desember 2021, 17:08
Ilustrasi Pantai Ngrenehan yang merupakan salah satu pantai pasir putih di Gunung Kidul
Four Square
Ilustrasi Pantai Ngrenehan yang merupakan salah satu pantai pasir putih di Gunung Kidul

Salah satu fakta kekayaan Indonesia dapat dilihat dari panjangnya pantai dan dalamnya laut. Data Direktorat Jenderal Kelautan, Pesisir dan Pulau pulau kecil (KP3K) mencatat sebanyak 13.466 pulau sudah di depositkan ke PBB pada pidang United Nations Conference on the Standarization of Geographical Names (UNCSGN) 2012. Harapannya, semua pulau di Indonesia sudah dicatatkan sebagai kekayaan kelautan Indonesia.

Selain itu sebagai negara maritim ada 99.093 km artinya kekayaan keindahan pantai ada di Indonesia yang merupakan potensi besar untuk dikelola, dengan 17.508 Pulau yag tersebar dari sabang sampai marauke.  Dari sekian banyak pulau, hanya 3.342 pulau yang berpenghuni dan sisanya sebanyak 15.337 pulau tidak berpenghuni yaitu sebesar 87,62%.  

Dari sekian panjang pantai di Indonesia, pantai pasir putih menjadi pilihan untuk berdestinasi wisata. Wilayah di Indonesia yang memiliki banyak pantai pasir putih dengan indah ada di Kabupaten Gunungkidul. Beragam pantai pasir putih ini bisa menjadi rekomendasi untuk berwisata baik bersama keluarga, teman dan pasangan.

Berikut rekomendasi pantai pasir putih di Gunung Kidul yang bisa dikunjungi oleh wisatawan yang dikutip dari situs berita wisata itrip.id:

1. Pantai Seruni

Rekomendasi pantai pasir putih yang pertama di Gunung Kidul adalah Pantai Seruni. Pantai ini masih jarang terjamah oleh masyarakat, sehingga terkesan lebih tenang dan nyaman. Banyak wisatawan yang membutuhkan ketenangan datang ke Pantai Seruni untuk menenangkan diri sambil menikmati pemandangan.

Pantai yang memiliki jalur yang sama dengan Pantai Pok Tunggal ini dikelilingi oleh perbukitan kapur Akses jalannya memang terbilang sulit karena berupa tanah dan cukup berliku.

Karena itu, untuk menuju Pantai Seruni, pengunjung harus berhati-hati agar tidak terpeleset ketika melintas. Di ujung jalan nanti, pengunjung sudah akan dapat melihat panorama pantai sempit menyerupai teluk kecil yang menjorok ke dalam.

Untuk masuk ke area wisata ini terbilang murah, hanya dengan menyiapkan kocek sebesar Rp10.000 untuk sekali masuk. Adapun lokasinya berada tepat di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul.

2. Pantai Wediombo

Pilihan pantai pasir putih selanjutnya adalah Pantai Wediombo yang terkenal dengan keindahan dan deburan ombaknya. Destinasi pantai ini akan ramai pengunjung saat memasuki musim liburan. Keindahan pantai ini tidak hanya dari pasirnya yang putih bersih, namun juga batu-batu karang di sekitar pantai. Bebatuan ini berjejer hingga ke tengah pantai dan akan terlihat jelas ketika air laut sedang surut.

Di pantai ini para wisatawan dapat bermalam dengan membangun tenda. Karena pantainya yang cukup luas dengan pasir yang halus, bermalam di pantai ini sangat menyenangkan. Pemandangan saat sore sangat indah. Saat malam hari, Anda dapat melihat langit malam tanpa halangan.

Untuk bisa mengakses tempat ini Anda cukup membayar dengan harga Rp5.000. Alamatnya berada di Desa Balong, Kecamatan Girisubo, Kab. Gunung Kidul.

3. Pantai Ngrenehan

Pantai pasir putih satu ini tergolong masih terjaga karena minim pengunjung. Namun, pemandangan yang disajikan jangan diragukan dan tidak kalah indah dengan pantai lainnya yang populer di Jogja. Pantai ini berupa teluk, dan di sekitarnya ada banyak perbukitan kapur dan menyajikan panorama yang memukau dengan deburan ombak yang tidak terlalu besar di antara pasir putih. Cukup aman untuk berenang atau mencari ikan.

Apabila Anda berkesempatan untuk mengunjungi Pantai Ngrenehan, Anda juga akan dapat melihat aktivitas para nelayan yang mencari ikan. Ada banyak sekali perahu-perahu nelayan bersandar di pantai sebagai spot menarik untuk berfoto. Selain itu, para pengunjung juga dapat menikmati sajian menu makanan atau membawa ikan-ikan segar untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Untuk menikmati pantai ini cukup dengan membayar Rp5.000 di DesaKanogoro, Kecamatan Sapto Sari, Kabupaten Gunung Kidul.

4. Pantai Sundak

Pantai Sundak memiliki pemandangan cantik dan juga masih sepi. Bagi Anda yang ingin merasakan pantai dengan penuh privasi, pantai ini bisa menjadi rekomendasi. Bahkan bisa bermalam dengan membangun tenda di pantai yang landai.

Di Pantai Sundak Anda bisa mencari biota laut yang berada di karang-karang kecil yang biasanya menjadi persembunyian ikan-ikan kecil. Karang-karang ini merupakan salah satu daya tarik Pantai Sundak. Di sebelah utara pantai terdapat batu kapur dan batu karang dengan ukuran yang cukup tinggi dengan gua air tawar yang dapat dimasuki pengunjung.

Menuju Pantai Sundak cukup dengan membayar kocek sebesar Rp5.000, yang berada di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul.

5. Pantai Drini

Wisatawan lokal hingga mancanegara sudah akrab dengan Pantai Drini. Eksotisme pantai yang masih alami dengan dikelilingi bukti warna hijau membuatnya menjadi spot terbaik untuk menikmati Pantai Drini dari ketinggian sehingga cukup banyak yang datang ke sana.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...