9 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok Sebagai Penghasilan Tambahan

Image title
17 Desember 2021, 13:37
Sembilan cara mendapatkan uang dari TikTok yang bisa menjadi penghasilan tambahan dengan perangkat digital.
Unsplash/Solen Feyissa
Sembilan cara mendapatkan uang dari TikTok yang bisa menjadi penghasilan tambahan dengan perangkat digital.

Salah satu aplikasi di dalam gawai yang cukup populer pada era saat ini adalah Tik-Tok. Kepopulerannya mayoritas digandrungi oleh para anak muda yang bisa mengunggah video hasil kreativitas mereka dari berjoget, berbagi tips hingga momen keseruan lainnya yang bebas untuk dilakukan.

Selain digandrungi karena fiturnya yang bisa membuat setiap momen yang diunggah menjadi semakin meriah, ada juga cara mendapatkan uang dari TikTok. Sehingga bermain Tik-Tok pun bisa menjadi profesi. Hal ini sudah mulai merebak pada seluruh kalangan. Mulai dari anak muda hingga paruh baya mungkin sudah merasa familiar dengan kehadiran TikTok. Adapun yang terpenting, ini terjadi di seluruh dunia!

Sejarah Tiktok, dari Cina Menuju Indonesia

Dalam sejarah singkatnya aplikasi video singkat ini mulanya bernama Douyin, yang dirilis oleh perusahaan asal Cina yaitu ByteDance pada 2016. Tak butuh waktu lama, hanya setahun, Douyin telah memiliki sekitar 100 juta pengguna di dalam Cina.

Keberhasilan dalam meraih kuantitas yang sangat besar itu membuat perusahaan tersebut melakukan rebranding dengan nama TikTok. Tujuannya, agar dapat lebih diterima pangsa pasar global. Ternyata usaha itu sangatlah berhasil. Terbukti, TikTok saat ini memiliki sekitar satu miliar pengguna aktif di seluruh dunia.

Meski sudah memiliki ratusan juta pengguna di Cina atau berbagai belahan dunia lainnya. Saat masuk ke Indonesia, awalnya TikTok dipandang sebelah mata, dicap sebagai aplikasi alayers, bahkan pada 2018 sempat diblokir oleh Kominfo.

Seiring waktu popularitas TikTok kembali berjaya. Aplikasi ini mendapat panggung dan bersinar ketika pandemi hingga saat ini. Tak tanggung-tanggung, pengguna TikTok di Indonesia pada Agustus 2020 telah tembus angka 22,2 juta. Sebuah angka fantastis di tengah tingginya angka pengguna angka internet secara mengglobal.

8 Cara Mendapatkan Uang Dari TikTok

Seiring berjalannya waktu, TikTok bukan hanya sebagai media unjuk gigi, namun juga menjadi alat pengumpul pundi-pundi dalam bentuk digital. Ada delapan cara yang dilansir dari Niagahoster.co.id untuk bisa menjadikan TikTok sebagai ladang penghasilan:

1. Sponsored Content Post

Tidak serupa dengan YouTube yang menawarkan upah dari iklan AddSense, TikTok memiliki mekanisme yang berbeda. Salah satunya adalah dengan Sponsored Content Post yang mana Anda sebagai influencer TikTok, dan bisa mempromosikan brand tertentu.

Dalam teori meraih penghasilan di TikTok, cara ini adalah metode paling pas untuk mendapatkan uang dari TikTok dan yang paling tepat untuk Anda yang telah memiliki followers ribuan atau lebih. Karena itu, sebelum dapat menerima tawaran Sponsored Content Post, Anda harus berusaha menaikkan jumlah followers di TikTok.

Untuk meningkatkan followers di TikTok juga ada sejumlah cara yang bisa dilakukan, antara lain: menemukan niche konten, mengunggah video yang menarik, hingga membangun rutinitas untuk mengunggah konten secara terjadwal. Serta rajin mengikuti challenge time.

 2. Pemasukkan dari Donasi atau Payout Coins

Salah satu cara mendapatkan uang dari TikTok adalah dengan “donasi” yang diberikan fans saat Anda live streaming di TikTok. Untuk mendapatkannya, secara konsep serupa dengan platform Twitch atau Likee. Saat live streaming, TikTok memungkinkan para viewer memberikan stiker gift yang nantinya dapat ditukar dengan uang.

Pada umumnya, stiker ini hanya akan dikirimkan viewer untuk menghargai usaha pembuat konten atau content creator TikTok. Oleh karenanya, usahakan membuat konten yang bermanfaat. Karena stiker tersebut dibeli oleh para followers TikTok dan tidak secara cuma-cuma.

3. Jasa Pengelolan Akun Profesional atau TikTok Manager

Cara mendapatkan uang dari TikTok selanjutnya adalah dengan membantu kelola akun TikTok milik seseorang agar lebih berkembang pesat. Adapun tugas dari sang pengelola jasa manajemen TikTok adalah dengan:

  • Meningkatkan followers, like, jumlah tayangan video hingga engagement;
  • Mengatur strategi content marketing;
  • Mengembangkan ide kreatif konten TikTok;
  • Mengelola tawaran kerja sama, dan lain-lain.

 4. Jasa Jual Beli Akun TikTok

Bagi Anda yang ingin mendapatkan uang dari TikTok bisa dengan melakukan jual beli akun. Konsepnya sangat simpel, yang perlu Anda lakukan adalah:

  • Membuat akun dengan minat pada topik tertentu;
  • Menumbuhkan followers, like, jumlah tayangan, dan engagement;
  • Membangun komunitas dengan peminat topik yang sama;
  • Setelah akun menjadi besar, jual ke brand atau perusahaan dengan bidang yang sama.

Jual beli akun TikTok ini bisa dilakukan dengan cara meningkatkan target promosi yang dibutuhkan brand atau perusahaan adalah orang-orang yang memiliki minat yang sama dengan bidang bisnis mereka.

Untuk yang masih pemula, Anda bisa bereksperimen membangun community marketing dan mengelola akun dengan berbagai topik atau minat. Dengan begitu, semakin banyak juga akun yang bisa Anda jual nantinya.

5. TikTok Marketing

Cara mendapatkan uang dari TikTok dengan menggunakan TikTok Marketing. Aplikasi tikTok Marketing ditujukan bagi Anda pemilik suatu brand dan ingin menarik konsumen dari aplikasi ini. Cara promosi yang paling ampuh di platform ini adalah dengan TikTok Ads.

Proses pembangunan TikTok Marketing serupa dengan Facebook Ads atau Instagram Ads, TikTok memiliki algoritma yang dapat membantu iklan Anda “terlihat” oleh sasaran yang Anda inginkan. Anda bisa membangun bisnis harus fokus pada pada bidangnya masing-masing. Maka iklan yang diperlihatkan ke user yang memiliki minat yang sama.

 6. Membangun Agensi Influencer

Membangun agensi adalah salah satu cara mendapatkan uang dari TikTok dengan menghubungkan antara brand yang ingin beriklan dengan influencer TikTok. Pada umumnya, agensi ini menjadi perantara, koordinator, hingga manajemen, dari perjanjian iklan. Misalnya, mencarikan influencer yang tepat, mengatur konsep iklan, hingga mengelola kerja sama.

Cara ini cocok bagi Anda yang memiliki keahlian content marketing dan video marketing. Tidak ada salahnya mencoba peruntungan dengan membuka agensi influencer ini. Dari sini Anda dapat mengambil kesempatan dengan memberikan harga yang relatif lebih terjangkau dibanding yang penawaran TikTok.

7. TikTok Influencer

Menjadi influencer juga bisa menjadi penghasilan bagi Anda yang bermain TikTok. Metode ini bisa diraih dengan cara:

  • Sponsored content post.
  • Brand ambassador.
  • Marketing afiliasi.
  • Endorsement, dan lainnya.

Salah satu contoh influencer yang bisa mendapatkan manfaat dari TikTok adalah Khaby Lame. Dirinya berhasil mendapatkan uang dari TikTok hingga 2,7 juta dolar.

8. Promosi Musik

Anda yang menggeluti dunia musik, TikTok bisa menjadi salah satu cara menghasilkan uang yang cukup efektif. Salah satu lagu yang efektif untuk dipromokan di TikTok adalah lagu To The Bone milik Pamungkas.

9. Mengarahkan ke Platform Lain

Apabila Anda memiliki konten di platform lain ada caranya cukup mudah, hanya dengan menautkan link ke konten di platform lain seperti Instagram dan YouTube. Dengan begitu, akan banyak orang yang mengunjungi platform Anda lainnya, setelah melihat video TikTok Anda.

Demikianlah sembilan cara mendapatkan uang dari TikTok yang bisa menjadi tambahan bagi penghasilan, selain dari pekerjaan utama. Sembilan cara ini harus ditekuni agar bisa mendapat hasil yang maksimal.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait