3 Cara Cek IMEI iPhone dengan Mudah dan Praktis

Image title
21 Desember 2021, 10:14
Ilustrasi cara cek IMEI iPhone
Apple
Ilustrasi cara cek IMEI iPhone

iPhone adalah salah satu produk smartphone yang digemari masyarakat dan harganya relatif tinggi dibandingkan dengan produk sejenis lainnya. iPhone adalah smartphone yang dirancang dan dipasarkan oleh Apple Inc yang dianggap memiliki nilai promo di pasar Indonesia lebih kuat.

Tidak semua orang tahu bahwa tidak semua iPhone yang beredar dan dijual di pasaran adalah produk asli keluaran Apple. Untuk memastikannya, kamu bisa lakukan beberapa hal agar bisa cek iPhone asli.

Para pembeli harus dengan cermat dan teliti untuk mengetahui mana produk iPhone yang asli dan palsu. Salah satunya dengan mengecek IMEI iPhone. Di masa-masa ini sangat penting untuk menjadi pembeli cerdas agar tidak merasa dirugikan, terlebih jika ada pihak yang berusaha menipu dengan menawarkan handphone.

Mengenal IMEI iPhone

Sebagai salah satu prasyarat dalam melihat keaslian iPhone adalah dengan melihat IMEI iPhone. Secara pengertian IMEI atau International Mobile Equipment Identity merupakan nomor identitas khusus yang diterbitkan oleh Global System for Mobile Communications Associations atau GSMA. Kehadiran IMEI sendiri merupakan identitas resmi sebuah handphone maka kita bisa mengibaratkan IMEI sebagai KTP sebuah smartphone, termasuk iPhone.

Pada umumnya, jumlah IMEI terdiri dari 14 digit dan diikuti dengan digit ke-15 guna melakukan verifikasi ulang semua digit yang sebelumnya. Digit tersebut digunakan untuk memeriksa berbagai informasi yang berhubungan dengan handphone tersebut termasuk asal ponsel dibuat, nomor model ponsel, dan lain sebagainya.

Fungsi IMEI pada iPhone

Keberadaan nomor IMEI pada iPhone tentu bukan karena tanpa alasa. Ada alasan penting IMEI dihadirkan dan menjadi salah satu fungsi dalam mendeteksi keaslian iPhone. Berikut sejumlah fungsi IMEI yang dikutip dari Qoala.com:

1. Panduan Spesifikasi Lengkap Mengenai iPhone

Untuk mengetahui spesifikasi iPhone dapat diketahui dengan nomor IMEI. Pengetahuan mengenai IMEI, berguna untuk memastikan beberapa hal. Apabila hanya ingin menggunakan iPhone asli bukan produk refurbished dari seri lain, kamu bisa gunakan nomor IMEI. Terlebih bagi Anda yang hendak membeli iPhone dari pihak kedua . Untuk lebih yakin perihal oris‌inilatis iPhone, akan lebih baik untuk melakukan pengecekan dari website resmi Apple.

2. Melakukan Pemblokiran Ketika Hilang atau Dicuri

Fungsi selanjutnya dari IMEI adalah sebagai pengidentifikasi yang paling spesifik dan tidak mungkin sama antara satu dengan perangkat lainnya. Kegunaan IMEI agar bisa mengidentifikasi kartu SIM sehingga bisa digunakan untuk komunikasi. Saat iPhone hilang atau dicuri, segera laporkan agar iPhone Anda tidak bisa diakses sama sekali oleh siapa pun. Anda bisa melakukan penguncian iPhone di situs IMEI info atau menanyakan customer service Apple.

3. Mengantisipasi Terjadinya Peredaran Ponsel iPhone Ilegal

Sebagai salah satu ponsel pintar yang digemari banyak masyarakat, iPhone banyak diperjualbelikan di Indonesia. Akan tetapi tidak semua membeli produk resmi dari distributor yang memiliki izin di Indonesia. Adanya IMEI pada iPhone bisa menjadi salah satu bukti bahwa kamu tidak menggunakan produk Black Market. Produk ini adalah produk yang dijual belikan tapi dari hasil impor ilegal.

iPhone resmi memiliki IMEI yang terdaftar di database Kemenperin atau Kementrian Perindustrian. Kamu bisa melakukan pengecekan sekarang melalui situs yang dibuat untuk pengecekan IMEI. Situs ini bisa kamu akses dari komputer ataupun dari smartphone yang sedang digunakan.

Cara Cek IMEI iPhone

Setelah mengetahui apa itu IMEI? dan juga fungsi dari keberadaannya, selanjutnya adalah mengetahui cara cek IMEI iPhone. Ada beberapa cara berbeda yang berlaku untuk semua pengguna iPhone dari yang termudah hingga yang agak membutuhkan waktu dan kesabaran. Anda bisa memilih cara mana yang paling mudah dilakukan untuk mengecek keaslian iPhone.

1. Cek IMEI iPhone di Bagian Belakang Gawai

Jika Anda mencermati dengan jeli adan tulisan tepat di belakang gawai iPhone. Di bagian atas memang sudah jelas ada logo Apple. Akan tetapi, di bagian bawah kamu bisa melihat beberapa informasi selain nama perangkat. Ada informasi di negara mana perangkat dirancang dan dirakit. Selain itu, ada juga nomor IMEI. Untuk validitas Anda bisa mengeceknya langsung sekarang.

Advertisement

2. Mengecek Melalui Pengaturan Ponsel

Selanjutnya mengenai cara cek IMEI iPhone adalah dengan melwati pengaturan ponsel. Anda hanya perlu masuk ke pengaturan ponsel dan kemudian pilih umum atau general.

Tidak hanya sampai di situ, kamu harus memilih tentang dan baca informasi yang ditampilkan di layar ponsel hingga menemukan kata IMEI beserta dengan nomornya. Anda bisa mencatatnya agar mempermudah pengecekan IMEI.

3. Mengakses Melalui Finder dan iTunes

Tidak hanya iPhone, ada beberapa produk Apple lain seperti iPod, iPad, dan Mac yang memiliki IMEI. Pemilik MacBook bisa mencoba mengecek nomor IMEI melalui Finder dan iTunes pada produk-produk tersebut. Berikut metode yang harus diikuti untuk cek IMEI iPhone:

  • Pertama, pastikan perangkat atau iPhone kamu tersambung ke komputer atau laptop.
  • Gunakan Mac atau Mac OS Catalina minimal versi 10.15 dan buka finder jika Mac kamu memiliki macO Mojave atau versi yang sebelumnya.
  • Jika ingin bukan di PC, coba akses iTunes.
  • Setelah perangkat berhasil ditemukan, kamu harus berada di tab umum jika menggunakan Finder.
  • Namun, jika menggunakan iTunes, coba klik tab Ringkasan agar bisa melihat informasi yang sedang dicari.
  • Karena kamu hendak melihat nomor IMEI iPhone, maka klik nomor telepon yang berada di bawah nama perangkat agar bisa menemukan IMEI/MEID.

Demikianlah pengertian, fungsi serta cara cek IMEI iPhone dengan mudah dan praktis. IMEI iPhone menjadi penting demi menjaga aspek legalitas dan menghindari segala peredaran dari ponsel ilegal yang dapat merugikan negara dan juga konsumen.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait