Kumpulan Simbol Matematika Dasar yang Harus Diketahui

Image title
21 Desember 2021, 08:42
Ilustrasi simbol matematika
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Ilustrasi simbol matematika

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dibahas di bangku sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah atas (SMA). Bahkan, ilmu ini masih dipelajari sampai jenjang perguruan tinggi.

Namun pada praktiknya, kadang kala murid tidak bisa memahami rumus-rumus yang diberikan oleh gurunya. Salah satu faktor penyebabnya karena mereka tidak paham tentang simbol matematika yang dipakai.

Advertisement

Simbol matematika adalah keterangan tentang unsur yang digunakan dalam ilmu matematika. Seperti misalnya sistem penambahan dilambangkan “+”, atau tanda pengurangan dilambangkan “-“. Semua simbol tersebut memiliki fungsinya masing-masing.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ulasan tentang simbol matematika dan pengertian matematika pada kehidupan sehari-hari. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Pengertian Matematika

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), istilah kata matematika adalah ilmu yang mempelajari tentang bilangan, hubungan antara bilangan, dan prosedur operasional yang digunakan dalam penyelesaian masalah mengenai bilangan. Ilmu ini mulai dipelajari dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi.

Mengutip dari buku berjudul Hakikat Matematika dan Pembelajarannya di SD, matematika berasal dari kata dalam bahasa Latin yaitu “mathematika” yang mulanya diambil dari istilah di dalam bahasa Yunani “mathematike” yang berarti mempelajari. Perkataan itu mempunyai asal katanya mathema yang berarti pengetahuan atau ilmu (knowledge, science).

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement