7 Aplikasi Kamus Bahasa Arab yang Mudah Digunakan

Image title
21 Desember 2021, 11:32
7 Aplikasi Kamus Bahasa Arab yang Mudah Digunakan
ANTARA FOTO/REUTERS/Dado Ruvic/Illustration/File Photo/AWW/sa.
Dado Ruvic/Illustration//File Photo FOTO FILE: Siluet pengguna ponsel terlihat di ping proyeksi layar logo Apple dalam ilustrasi gambar yang diambil pada Rabu (28/3/2018).

Kamus bahasa Arab sangat diperlukan oleh mahasiswa atau seseorang yang sedang mempelajari bahasa tersebut. Meski saat ini sudah ada fitur translate di situs Google.com, namun tingkat akurasinya masih sangat kurang.

Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa dengan jumlah penutur terbanyak di dunia. Berdasarkan databooks, bahasa ini menduduki urutan kelima setelah bahasa Spanyol, Hindi, Mandarin Tiongkok, dan Inggris. Tercatat, sekitar 274 juta orang memakai bahasa Arab untuk berkomunikasi sehari-hari.

Sementara itu jumlah penutur bahasa Inggris saat ini masih paling banyak di dunia. Secara keseluruhan, hampir sebanyak 1,35 miliar orang menggunakannya. Ini memang sangat wajar, mengingat bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang umum dipakai di berbagai belahan dunia.

Bahasa Arab tidak hanya berkembang di Timur Tengah atau wilayah sekitarnya saja. Bahasa ini punya peranan strategis karena sudah tersebar ke beberapa negara, tak terkecuali di Indonesia.  Sejak zaman dahulu, masyarakat nusantara sudah berkomunikasi dengan orang-orang dari Arab. Hal ini kemudian memicu interaksi dan terjadinya akulturasi budaya. Misalnya seperti huruf jawa pegon, yang terpengaruh dari bahasa Arab.

Semakin pesatnya perkembangan teknologi, telah membantu seseorang yang ingin mempelajari bahasa asing menjadi lebih mudah. Ini pun berlaku pada bahasa Arab. Saat ini banyak aplikasi kamus bahasa Arab yang sudah tersedia di platform Google Play Store, yang memiliki beragam fitur untuk menerjemahkan kata-kata ke bahasa tersebut.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa aplikasi kamus bahasa Arab yang bisa Anda pasang di ponsel pintar. Selengkapnya, simak penjelasan di bawah ini.

Rekomendasi Aplikasi Kamus Bahasa Arab yang Mudah Digunakan

Bahasa adalah sarana komunikasi yang dipakai oleh manusia. Sebagai makhluk sosial, setiap individu memerlukan bahasa agar bisa saling mengerti satu sama lain.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bahasa adalah sistem lambang bunyi yang arbiter. Digunakan untuk sarana berinteraksi, berkomunikasi, dan mengidentifikasi diri. Bahasa juga dapat diartikan sebagai sistem kata yang memungkinkan suatu kelompok masyarakat menjalin komunikasi.

Sementara itu, bahasa Arab adalah bahasa yang umum digunakan masyarakat Timur Tengah dan sekitarnya. Di dalamnya terdapat beberapa unsur seperti kata, kalimat, klausa yang bisa diucapkan dengan pelafalan tertentu.

Kamus bahasa Arab menjadi alat penting dan wajib dimiliki oleh seseorang atau mahasiswa yang menekuni studi soal bahasa tersebut. Kamus bahasa Arab menyimpan ribuan kosa kata dan fungsi kata itu pada penerapan  di kehidupan sehari-hari.

Jika Anda tertarik mempelajari bahasa Arab, simak deretan aplikasi kamus bahasa Arab berikut ini:

1. Kamus Arab Indonesia

Di posisi pertama aplikasi kamus bahasa Arab adalah Kamus Arab Indonesia yang dikembangkan oleh Ristek Muslim. Aplikasi tersebut memiliki fitur canggih yang bisa membantu Anda dalam menerjemahkan kata ke bahasa Arab atau sebaliknya.

Aplikasi Kamus Arab Indonesia sudah diluncurkan sejak tahun 2012 silam. Dengan ukuran yang relatif kecil dan bisa digunakan di hampir seluruh perangkat seperti komputer, laptop, hingga ponsel pintar.

Kamus bahasa Arab ini bisa dipakai tanpa memerlukan koneksi internet. Artinya, Anda bisa menerjemahkan dan mencari kosa kata secara offline.

Selain itu, aplikasi Kamus Arab Indonesia ini punya database 154.644 kosa kata dan mu'jamul Arab (kamus Arab - Arab) sekitar 29.803 mufrodat. Anda bisa memasang aplikasi ini di ponsel pintar serta memakai semua fiturnya untuk mempermudah proses belajar bahasa Arab.

2. Google Translate

Google translate adalah salah satu aplikasi yang sudah lama dikembangkan oleh raksasa perusahaan teknologi Google. Aplikasi ini pun bisa berfungsi sebagai kamus bahasa Arab.

Akan tetapi ada satu hal yang harus Anda ingat. Anda bisa menerjemahkan setiap kata ke bahasa Arab atau sebaliknya saja. Bukan untuk menerjemahkan seluruh kalimat ke bahasa Arab. Hal tersebut akan mengganggu keberhasilan Anda selama belajar bahasa Arab.

Aplikasi Google Translate bisa diunduh langsung di Play Store. Selain memiliki fitur canggih, aplikasi ini juga memiliki ukuran cukup kecil. Sehingga tidak akan memakan ruang penyimpanan di ponsel Anda.

3. Kamus Bahasa Arab Offline

Kamus bahasa Arab offline adalah aplikasi berikutnya yang bisa Anda instal di ponsel pintar. Memiliki jumlah kosa kata bahasa Arab sebanyak 85 ribu, aplikasi tersebut bisa digunakan tanpa memerlukan jaringan internet.

Namun demikian, jika Anda ingin menerjemahkan kalimat maka diperlukan koneksi internet.  Salah satu kelebihan aplikasi kamus bahasa Arab offline ini yaitu terdapat fitur Text to Speech, di mana pengguna bisa mendengarkan pengucapakan kata atau kalimat hasil terjemahan.

Aplikasi ini tersedia di berbagai macam platform. Dengan mengetikan nama aplikasi tersebut, maka Anda bisa langsung mengunduhnya.

4. Belajar Bahasa Arab Praktis

Di urutan ketiga ada aplikasi Belajar Bahasa Arab Praktis. Keunggulan aplikasi ini yaitu Anda bisa menemukan ilmu tata bahasa Arab yang bisa dipelajari. Selain itu kosa kata bahasa Arab yang tersedia lumayan lengkap. Aplikasi ini dikembangkan oleh Daarussalaam Learning Center dengan ukuran aplikasi sekitar 11 MB.

Selain kaidah Ilmu Nahwu, di dalam aplikasi kamus bahasa Arab ini terdapat juga beberapa kosa kata umum yang sering digunakan sehari-hari dan percakapan, atau istilahnya adalah hiwar .

5. Belajar Bahasa Arab + Suara

Aplikasi kamus bahasa Arab selanjutnya adalah aplikasi ini. Memiliki nama Belajar Bahasa Arab + Suara, aplikasi tersebut memungkinkan Anda memahami sejumlah kosa kata bahasa Arab dengan mudah.

Aplikasi ini sangat cocok digunakan oleh anak-anak. Disertai gambar yang lucu, fitur di dalam kamus bahasa Arab ini begitu lengkap. Contohnya seperti fitur permainan yang mengajak anak-anak belajar bahasa Arab dari sebuah benda.

Konsep pembelajaran pada aplikasi ini dirancang secara interaktif disertai permainan dan suara yang menarik. Tidak hanya itu, ukuran aplikasi ini sangat kecil yaitu 16 MB. Anda bisa langsung mengunduhnya di Play Store.

6. Almaany Kamus Bahasa Arab Indonesia

Kamus bahasa Arab ini dilengkapi fitur penerjemah yang cukup lengkap. Selain itu, aplikasi tersebut dapat digunakan secara offline.

Kelebihan lainnya adalah aplikasi ini memiliki ukuran cukup kecil, serta bisa digunakan hampir di semua seri Android. Aplikasi kamus bahasa Arab tersebut mulai dikembangkan oleh Almaany sejak 2016. Hingga saat ini aplikasi tersebut sudah diunduh lebih dari 50 ribu kali.

7. Kamus Arab Indonesia Lite

Rekomendasi aplikasi kamus bahasa Arab terakhir adalah Kamus Arab Indonesia Lite. Ini adalah versi lite (ukuran kecil) dari aplikasi Kamus Arab Indonesia. Aplikasi ini sangat cocok dan kami rekomendasikan untuk pelajar pemula bahasa arab.

Fitur di dalamnya ada database kosa kata hampir sekitar 154.644 kosa kata dan bisa menerjemahkan kata bahasa Indonesia ke bahasa Arab, atau sebaliknya. Anda bisa mengunduhnya secara gratis di Google Play Store.

Itulah rekomendasi aplikasi kamus bahasa Arab yang bisa dengan mudah Anda unduh di Play Store. Saat belajar bahasa Arab, Anda bisa menggunakannya agar setiap kosa kata yang dipelajari bisa Anda pahami dengan benar. Baik arti atau maknanya. Sehingga penggunaan kata tersebut sesuai kaidahnya.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait