8 Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan Badan

Ada banyak manfaat daun bidara untuk kesehatan tubuh di antaranya sebagai obat herbal penyembuh diabetes hingga penurun kolesterol.
Image title
23 Desember 2021, 14:34
Ilustrasi manfaat daun bidara untuk kesehatan
Halodoc.com
Ilustrasi manfaat daun bidara untuk kesehatan

Salah satu tanaman yang tumbuh subur di Indonesia dan mampu menjadi obat bagi beragam penyakit adalah daun bidara. Daun yang berasal dari pohon perdu atau pohon kecil, biasanya bengkok, tinggi hingga 15 meter dan gemang batang hingga 40 sentimeter. Cabang-cabang menyebar dan acap menjuntai, dengan ranting-ranting tumbuh simpang siur dan berambut pendek. Selalu hijau atau semi menggugurkan daun.

Bidara juga memiliki nama latin ziziphus mauritiana yang cepat tumbuh, berduri, dan membentuk semak, yang dapat berbuah secara subur dan menyebarkan benih di area yang luas dengan menggunakan vektor mamalia dan unggas.

Dalam beberapa riwayat tanaman pohon buah bidara dikategorikan menjadi gulma berbahaya di beberapa negara bagian Australia, Afrika Selatan, pulau di samudra Pasifik dan Hindia. Namun daun dan buah bidara dimanfaatkan untuk berbagai macam kebutuhan di wilayah asalnya yakni Asia, sebagian besar di India dan Cina.

Manfaat Daun Bidara

Salah satu ruas bagian dari pohon bidara yang bisa diambil manfaatnya adalah bagian daun. Daun bidara memiliki karakteristik permukaan halus dan bisa menyembuhkan beberapa penyakit. Berikut delapan manfaat daun bidara yang dilansir dari Gooddoctor.co.id:

1. Menyembuh Diabetes

Salah satu penyakit berbahaya yang kerap menyerang manusia adalah diabetes. Perlu perawatan maksimal untuk menyembuhkan penyakit ini dan sifatnya menahun apabila telah menyerang manusia.

Di antara bahan herbal yang bisa dimanfaatkan untuk mengurangi efek buruk diabetes adalah dengan daun bidara. Daun bidara memiliki kandungan senyawa yang mampu melindungi tubuh dari kerusakan sistem pengaturan kadar gula. Anda bisa mengonsumsi rebusan daun bidara untuk menstabilkan kadar gula dan darah. Daun bidara juga dapat membantu dalam mengatur sistem perlindungan terhadap pengoptimalan produksi insulin.

2. Menjadi Proteksi Alami Dari Efek Buruk Sinar Matahari

Manfaat daun bidara selanjutnya sebagai pelindung kulit dari segala kerusakan kulit yang timbul dari paparan dari radiasi sinar matahari. Radiasi sinar matahari sendiri dianggap dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan kulit, di antaranya termasuk munculnya sel kanker kulit atau melanoma.

3. Pereda Demam Secara Alami

Manfaat daun bidara selanjutnya adalah sebagai obat penurun suhu di saat badan mengalami demam tinggi. Manfaat daun bidara ini dapat dijadikan sebagai pengobatan alternatif pada penderita demam tinggi.

4. Obat Penurun Kolesterol Dalam Tubuh

Kolesterol jahat dalam tubuh kerap menumpuk dan menyumbat peredaran darah. Hal itu dapat diobati dan bisa diturunkan apabila Anda mengonsumsi serat daun bidara yang larut dalam air.

Serat tersebut bisa didapatkan dari air rebusan daun bidara. Manfaat daun bidara ini bisa mengikat kolesterol dalam sistem pencernaan dan membuangnya keluarnya melalui urine atau feses.

 5. Menjadi Penyembuh Luka Alami

Manfaat daun bidara selanjutnya yaitu untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Daun bidara diyakini berkhasiat dan memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat membantu penyembuhan luka seperti luka sayatan, lecet, atau luka akibat goresan.

Daun bidara juga memiliki senyawa glikosida yang bermanfaat membantu menyembuhkan luka bakar dan membantu menghilangkan bekas luka pada kulit. Manfaat daun bidara untuk menyembuhkan luka berasal dari kemampuannya untuk mempercepat regenerasi kulit.

6. Membantu Melancarkan Sistem Pencernaan

Selain mengurangi risiko kolesterol jahat dalam tubuh, fungsi daun bidara untuk kesehatan pencernaan adalah dapat dikonsumsi secara langsung, dengan cara meminum rebusan daunnya.

Selain itu, daun bidara juga dapat membantu mengeluarkan berbagai racun dalam pencernaan sehingga mampu mencegah terjadinya infeksi pada saluran pencernaan.

7. Mengobati Gangguan Lambung

Kegunaan daun bidara selanjutnya adalah sebagai pereda apabila terjadi gangguan lambung. Masyarakat yang mengalami derita gangguan lambung atau maag, biasanya karena pola makan yang kurang teratur. Saat asam lambung naik, cobalah untuk membuat jus daun bidara atau bisa mengonsumsi air rebusannya.

 8. Menjadi Obat Wasir

Daun bidara juga berfungsi meredakan gangguan wasir. Penyakit ini sangat mengganggu saat Anda melakukan aktivitas, apalagi ketika harus banyak duduk ini sangat menyiksa. Untuk meredakannya, Anda bisa meminum air rebusan air bidara atau juga bisa dibuat jus. Demi hasil yang maksimal, tumbuk halus daun bidara dan balurkan pada daerah yang terjangkit wasir.

Demikianlah delapan manfaat daun bidara yang bisa menjadi obat alternatif saat diserang penyakit dan menjadi obat anti bodi alami. Mengonsumsi daun bidara juga dianjurkan dengan sepengetahuan dokter sehingga dapat terhindar dari sejumlah efek samping.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait