8 Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan Badan

Image title
23 Desember 2021, 14:34
Ilustrasi manfaat daun bidara untuk kesehatan
Halodoc.com
Ilustrasi manfaat daun bidara untuk kesehatan

Salah satu tanaman yang tumbuh subur di Indonesia dan mampu menjadi obat bagi beragam penyakit adalah daun bidara. Daun yang berasal dari pohon perdu atau pohon kecil, biasanya bengkok, tinggi hingga 15 meter dan gemang batang hingga 40 sentimeter. Cabang-cabang menyebar dan acap menjuntai, dengan ranting-ranting tumbuh simpang siur dan berambut pendek. Selalu hijau atau semi menggugurkan daun.

Bidara juga memiliki nama latin ziziphus mauritiana yang cepat tumbuh, berduri, dan membentuk semak, yang dapat berbuah secara subur dan menyebarkan benih di area yang luas dengan menggunakan vektor mamalia dan unggas.

Advertisement

Dalam beberapa riwayat tanaman pohon buah bidara dikategorikan menjadi gulma berbahaya di beberapa negara bagian Australia, Afrika Selatan, pulau di samudra Pasifik dan Hindia. Namun daun dan buah bidara dimanfaatkan untuk berbagai macam kebutuhan di wilayah asalnya yakni Asia, sebagian besar di India dan Cina.

Manfaat Daun Bidara

Salah satu ruas bagian dari pohon bidara yang bisa diambil manfaatnya adalah bagian daun. Daun bidara memiliki karakteristik permukaan halus dan bisa menyembuhkan beberapa penyakit. Berikut delapan manfaat daun bidara yang dilansir dari Gooddoctor.co.id:

1. Menyembuh Diabetes

Salah satu penyakit berbahaya yang kerap menyerang manusia adalah diabetes. Perlu perawatan maksimal untuk menyembuhkan penyakit ini dan sifatnya menahun apabila telah menyerang manusia.

Di antara bahan herbal yang bisa dimanfaatkan untuk mengurangi efek buruk diabetes adalah dengan daun bidara. Daun bidara memiliki kandungan senyawa yang mampu melindungi tubuh dari kerusakan sistem pengaturan kadar gula. Anda bisa mengonsumsi rebusan daun bidara untuk menstabilkan kadar gula dan darah. Daun bidara juga dapat membantu dalam mengatur sistem perlindungan terhadap pengoptimalan produksi insulin.

2. Menjadi Proteksi Alami Dari Efek Buruk Sinar Matahari

Manfaat daun bidara selanjutnya sebagai pelindung kulit dari segala kerusakan kulit yang timbul dari paparan dari radiasi sinar matahari. Radiasi sinar matahari sendiri dianggap dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan kulit, di antaranya termasuk munculnya sel kanker kulit atau melanoma.

3. Pereda Demam Secara Alami

Manfaat daun bidara selanjutnya adalah sebagai obat penurun suhu di saat badan mengalami demam tinggi. Manfaat daun bidara ini dapat dijadikan sebagai pengobatan alternatif pada penderita demam tinggi.

4. Obat Penurun Kolesterol Dalam Tubuh

Kolesterol jahat dalam tubuh kerap menumpuk dan menyumbat peredaran darah. Hal itu dapat diobati dan bisa diturunkan apabila Anda mengonsumsi serat daun bidara yang larut dalam air.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement