7 Manfaat Kayu Bajakah sebagai Obat Herbal untuk Kesehatan

Banyak ditemukan di Kalimantan, kayu bajakah memiliki banyak manfaat kesehatan. Beberapa manfaat kayu bajakah antara lain adalah mencegah kanker dan diabetes.
Image title
10 Agustus 2021, 11:24
kayu bajakah, bajakah, akar bajakah, manfaat kayu bajakah, manfaat akar bajakah, khasiat kayu bajakah, manfaat bajakah, akar kayu bajakah, pohon bajakah, efek samping kayu bajakah, khasiat akar bajakah
ANTARA FOTO/Makna Zaezar/wsj.
Pekerja menjemur tanaman herbal kayu bajakah di rumahnya di Jalan Bengaris, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Jumat (17/4/2020). Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) komoditas tanaman obat, herbal dan rempah-rempah meningkatkan nilai ekspor 14,09 miliar dolar AS atau naik 0,23 persen di periode Maret 2020.

Kayu Bajakah belakang ini sedang menjadi perbincangan dalam dunia kesehatan. Pasalnya, kayu Bajakah diklaim sebagai salah satu obat kanker. Temuan kayu Bajakah sebagai obat kanker didukung oleh sebuah penelitian oleh tiga pelajar SMAN 2 Palangkaraya Kalimantan Tengah.

Yazid Rafli Akbar, Anggina Rafitri, dan Aysa Aurealya Maharani berhasil mengungkap khasiat tanaman akar kayu Bajakah. Ketiga pelajar tersebut melakukan penelitian pada akar kayu Bajakah yang hasilnya diklaim dapat digunakan sebagai obat kanker. 

Hasil temuan mereka dilombakan pada lomba World Invention Olympic (WICO) di Seoul, Korea Selatan pada tahun 2019 dan memperoleh medali emas. Atas keberhasilan ketiga pelajar tersebut, Kementerian Kesehatan memberikan apresiasi. Namun, perlu penelitian lebih lanjut untuk memastikan khasiat akar kayu bajakah untuk kanker.

Sebelum mengenal manfaat kayu bajakah, terlebih dahulu kita harus mengetahui tentang pohon bajakah.

Advertisement

Karakteristik Tanaman Bajakah

Tanaman bajakah memiliki nama ilmiah Spatholobus littoralis Hassk dan merupakan salah satu tumbuhan yang dimanfaatkan oleh masyarakat adat di pedalaman Kalimantan sebagai obat tradisional.

Masyarakat Kalimantan, terutama suku Dayak, sejak dahulu menggunakan tumbuhan akar bajakah sebagai obat untuk mengembalikan stamina saat beraktifitas di hutan, juga digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Bajakah termasuk dalam kategori tanaman berkayu, artinya, bajakah menghasilkan kayu sebagai jaringan strukturalnya yang memungkinkan tanaman berkayu tumbuh dari batang di atas tanah dari tahun ke tahun, sehingga membuat beberapa tanaman berkayu menjadi tanaman yang besar dan tinggi.

Tinggi tanaman bajakah dapat mencapai 23 meter dan tumbuh subur di Indonesia, Malaysia, dan Filipina. Daun tanaman bajakah masuk dalam kategori daun lebar. Bajakah merupakan tanaman evergreen yang dapat mempertahankan dedaunan dari musim ke musim.

Berdasarkan penelitian oleh Fitriani, Eldha Sampepana, dan Suroto Hadi Saputra dari Balai Riset dan Standardisasi Industri Samarinda, tanaman bajakah mengandung fenolik, flavonoid, tanin dan saponin. Kandungan senyawa tersebut dapat mengobati berbagai penyakit degeneratif.

Terdapat banyak manfaat kayu bajakah yang dapat dikonsumsi untuk kesehatan tubuh, beberapa diantaranya dijelaskan dalam pembahasan berikut.

Manfaat Kayu Bajakah untuk Kesehatan Tubuh

1. Mencegah obesitas

Sebuah studi oleh Vany Novanty dkk. Yang dipublikasikan dalam jurnal Neurologico Spinale Medico Chirurgico menunjukkan bahwa pemberian ekstrak kayu bajakah tampala efektif menurunkan kadar ROS, berat lemak visceral, dan berat badan pada tikus Wistar jantan yang mengalami obesitas.

Reactive oxygen species (ROS) berfungsi sebagai molekul yang memberi sinyal pada sel untuk melakukan proses biologis normal. Tingkat ROS yang tinggi berkaitan erat dengan obesitas. Mengonsumsi ekstrak batang bajakah mampu mencegah obesitas.

2. Menurunkan risiko penyakit kanker

Kanker adalah penyakit yang mengakibatkan sel-sel menjadi abnormal dan membelah tak terkendali sehingga menghancurkan jaringan tubuh. Kayu bajakah mampu menurunkan risiko penyakit kanker karena mengandung fenolik yang berfungsi sebagai antioksidan.

Fenolik mudah diserap melalui dinding saluran usus sehingga bermanfaat bagi kesehatan manusia karena potensi antioksidannya. Antioksidan bekerja dengan cara melacak radikal bebas dan menetralkan efek berbahaya sehingga membantu menjaga sel-sel tubuh tetap sehat dan menurunkan risiko penyakit kanker.

3. Menjaga tubuh dari penyakit kronis

Bajakah mengandung senyawa flavonoid yang membantu tubuh mengatur aktivitas sel dan melawan radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif pada tubuh Anda. Dalam istilah yang lebih sederhana, flavonoid membantu tubuh Anda berfungsi lebih efisien sekaligus melindunginya dari racun dan stres sehari-hari.

Flavonoid juga merupakan agen antioksidan kuat. Antioksidan tersebut dapat mencegah perkembangan penyakit kronis seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, kanker, dan penyakit kognitif seperti Alzheimer dan demensia.

4. Mempercepat penyembuhan pada luka

Senyawa tanin adalah salah satu senyawa yang ditemukan dalam tanaman bajakah. Tanin berfungsi untuk menghilangkan mikroba berbahaya dari tubuh serta melawan bakteri, virus, dan jamur berbahaya dengan cara mempercepat pembekuan darah sehingga mempercepat penyembuhan pada luka.

5. Mencegah diabetes

Kandungan flavonoid dalam tanaman bajakah juga dapat mencegah diabetes. Diabetes adalah kondisi di mana tubuh tidak dapat memproses makanan dengan baik untuk digunakan sebagai energi. Flavonoid bekerja mencegah diabetes dan komplikasinya melalui regulasi metabolisme glukosa, aktivitas enzim hati, dan profil lipid.

6. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kayu bajakah mengandung saponin, yaitu senyawa kimia glikosida aktif yang terdapat dalam berbagai macam tumbuhan, biji-bijian dan sayuran. Saponin memiliki kemampuan untuk memodulasi sistem kekebalan yang dimediasi oleh sel serta meningkatkan produksi antibodi.

7. Mencegah penyakit artritis

Artritis adalah kondisi peradangan pada sendi yang menyebabkan nyeri dan kekakuan yang dapat memburuk seiring bertambahnya usia. Salah satu kandungan dalam kayu bajakah adalah tanin yaitu zat kimia kompleks yang berasal dari asam fenolik. Fungsi tanin adalah melawan peradangan dan mengurangi rasa sakit akibat asam urat, artritis, atau kondisi peradangan lainnya.

Cara Mengonsumsi Kayu Bajakah

Potong kayu bajakah dan rebus dalam air hingga mendidih. Potongan tersebut dapat digunakan sampai dua kali pemakaian. Namun, penggunaan potongan kayu bajakah pertama tidak boleh disimpan dalam lemari pendingin. Potongan bajakah disarankan disimpan pada tempat bersuhu ruangan normal dan bersih.

Demikian pembahasan mengenai manfaat kayu bajakah untuk kesehatan serta cara mengonsumsinya. Meskipun saat ini penelitian tentang kayu bajakah masih terbatas, beberapa manfaat yang sudah terbukti dapat Anda rasakan dengan mengonsumsinya.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait