7 Manfaat Kayu Bajakah sebagai Obat Herbal untuk Kesehatan

Image title
10 Agustus 2021, 11:24
kayu bajakah, bajakah, akar bajakah, manfaat kayu bajakah, manfaat akar bajakah, khasiat kayu bajakah, manfaat bajakah, akar kayu bajakah, pohon bajakah, efek samping kayu bajakah, khasiat akar bajakah
ANTARA FOTO/Makna Zaezar/wsj.
Pekerja menjemur tanaman herbal kayu bajakah di rumahnya di Jalan Bengaris, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Jumat (17/4/2020). Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) komoditas tanaman obat, herbal dan rempah-rempah meningkatkan nilai ekspor 14,09 miliar dolar AS atau naik 0,23 persen di periode Maret 2020.

Kayu Bajakah belakang ini sedang menjadi perbincangan dalam dunia kesehatan. Pasalnya, kayu Bajakah diklaim sebagai salah satu obat kanker. Temuan kayu Bajakah sebagai obat kanker didukung oleh sebuah penelitian oleh tiga pelajar SMAN 2 Palangkaraya Kalimantan Tengah.

Yazid Rafli Akbar, Anggina Rafitri, dan Aysa Aurealya Maharani berhasil mengungkap khasiat tanaman akar kayu Bajakah. Ketiga pelajar tersebut melakukan penelitian pada akar kayu Bajakah yang hasilnya diklaim dapat digunakan sebagai obat kanker. 

Advertisement

Hasil temuan mereka dilombakan pada lomba World Invention Olympic (WICO) di Seoul, Korea Selatan pada tahun 2019 dan memperoleh medali emas. Atas keberhasilan ketiga pelajar tersebut, Kementerian Kesehatan memberikan apresiasi. Namun, perlu penelitian lebih lanjut untuk memastikan khasiat akar kayu bajakah untuk kanker.

Sebelum mengenal manfaat kayu bajakah, terlebih dahulu kita harus mengetahui tentang pohon bajakah.

Karakteristik Tanaman Bajakah

Tanaman bajakah memiliki nama ilmiah Spatholobus littoralis Hassk dan merupakan salah satu tumbuhan yang dimanfaatkan oleh masyarakat adat di pedalaman Kalimantan sebagai obat tradisional.

Masyarakat Kalimantan, terutama suku Dayak, sejak dahulu menggunakan tumbuhan akar bajakah sebagai obat untuk mengembalikan stamina saat beraktifitas di hutan, juga digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Bajakah termasuk dalam kategori tanaman berkayu, artinya, bajakah menghasilkan kayu sebagai jaringan strukturalnya yang memungkinkan tanaman berkayu tumbuh dari batang di atas tanah dari tahun ke tahun, sehingga membuat beberapa tanaman berkayu menjadi tanaman yang besar dan tinggi.

Tinggi tanaman bajakah dapat mencapai 23 meter dan tumbuh subur di Indonesia, Malaysia, dan Filipina. Daun tanaman bajakah masuk dalam kategori daun lebar. Bajakah merupakan tanaman evergreen yang dapat mempertahankan dedaunan dari musim ke musim.

Berdasarkan penelitian oleh Fitriani, Eldha Sampepana, dan Suroto Hadi Saputra dari Balai Riset dan Standardisasi Industri Samarinda, tanaman bajakah mengandung fenolik, flavonoid, tanin dan saponin. Kandungan senyawa tersebut dapat mengobati berbagai penyakit degeneratif.

Terdapat banyak manfaat kayu bajakah yang dapat dikonsumsi untuk kesehatan tubuh, beberapa diantaranya dijelaskan dalam pembahasan berikut.

Manfaat Kayu Bajakah untuk Kesehatan Tubuh

1. Mencegah obesitas

Sebuah studi oleh Vany Novanty dkk. Yang dipublikasikan dalam jurnal Neurologico Spinale Medico Chirurgico menunjukkan bahwa pemberian ekstrak kayu bajakah tampala efektif menurunkan kadar ROS, berat lemak visceral, dan berat badan pada tikus Wistar jantan yang mengalami obesitas.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement