12 Contoh Usaha Modal Kecil Untung Besar yang Bisa Dimulai di Rumah

Kemudahan teknologi memunculkan ide usaha modal kecil yang bisa untung besar. Anda bisa memulai usaha ini dengan modal dan kemampuan (skill) di rumah. Berikut inspirasi untuk usaha dengan modal kecil.
Dwi Latifatul Fajri
29 Desember 2021, 13:35
Usaha Modal Kecil
Unsplash/ Romain V
Contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing

Usaha modal kecil sekarang bisa menjadi bisnis sampingan di kala pandemi. Ada berbagai ide usaha modal kecil yang bisa untung besar, jika ditekuni.

Kemudahan teknologi digital, memberi peluang menjanjikan untuk memulai usaha. Anda bisa memasarkan dagangan serta memperluas jaringan pasar.

Ide usaha ini bisa menjadi inspirasi untuk anda yang memiliki modal kecil. Mengutip dari beberapa sumber, berikut contoh usaha modal kecil yang bisa untung besar.

  • Bisnis Ternak Kelinci

Kelinci termasuk hewan imut yang bisa dipelihara menjadi hewan peliharaan. Ternyata kelinci bisa menjadi usaha modal kecil.

Advertisement

Anda bisa berbisnis kelinci hias dan ternak kelinci untuk diperjualbelikan. Mengutip dari buku Beternak & Bisnis Kelinci Pedaging, hewan ini bisa jadi ide bisnis dengan modal kecil.

Anda bisa memulainya dengan membeli bibit kelinci untuk memulai. Modal usaha kecil ini bisa disesuaikan dan ditambahkan. Anda bisa menghasilkan produk beragam dari kelinci.

  • Bisnis Dropshipper

Jika Anda lebih memilih tinggal di rumah memakai teknologi seperti ponsel dan komputer, bisnis dropshipper bisa jadi pilihan.

Sistem dropship merupakan bisnis tanpa modal yang menguntungkan. Penjual tidak perlu punya stok barang, cukup menentukan produk dan jenis barang yang dijual.

Toko online atau marketplace menawarkan dropship untuk konsumen. Bisnis dropship ini untuk mempromosikan produk.

Anda bisa mengunggah gambar produk dan keterangan lalu dibagikan di media sosial dan toko online.

Setelah itu tunggu sampai konsumen menanyakan produk.

  • Les Privat

Salah satu usaha modal sedikit adalah mengembangkan les privat. Anda bisa mengumpulkan pelajar menjadi kelompok kecil lalu mengajar mereka.

Mendirikan les privat sendiri bisa menentukan tarif belajar untuk anak sekolah. Anda juga bisa membuka les bimbingan di rumah sendiri dengan biaya terjangkau.

Tutor cukup menyediakan ruangan kosong yang berisi meja kecil, papan tulis, dan perlengkapan tulis.

  • Agen Pulsa dan Paket Data

Sekarang ini kebutuhan untuk pulsa dan paket internet menjadi kewajiban setiap orang. Pulsa dan paket data merupakan kebutuhan komunikasi dan akses informasi.

Anda bisa menjual pulsa dan paket data di rumah. Anda bisa mempromosikan melalui media sosial untuk penjualan pulsa dan paket data.

  • Jasa Fotografi

Jika anda suka fotografi dan punya kamera bagus, Anda bisa memanfaatkan jasa fotografi.

Bisnis fotografi bisa dipromosikan untuk acara pernikahan, wisuda, dan momen spesial. Anda bisa membentuk kelompok kecil untuk peluang usaha ini.

  • Desain Grafis dan Video Editing

Jika Anda punya kemampuan dalam bidang desain grafis dan edit video, anda bisa membuka usaha ini di rumah.

Anda membutuhkan laptop, komputer, tablet, dan perangkat untuk pembuatan desain grafis dan video.

Hampir semua sektor usaha membutuhkan desain grafis dan edit video. Pekerjaan desain grafis ini bisa dikerjakan sendiri di rumah dan merekrut anggota lain.

  • Kerajinan Tangan dan Seni

Setiap orang memiliki keterampilan dan kreativitas berbeda. Ide untuk membuka usaha di bidang kerajinan tangan seperti tas, mainan, aksesoris bisa jadi pilihan.

Sekarang ini ada marketplace yang membuka toko khusus kerajinan tangan dan seni. Anda bisa membuat akun untuk mempromosikan penjualan barang-barang anda.

Usaha ini bisa dilakukan di rumah, namun anda membutuhkan catatan keuangan untuk modal, pemasukan, pengeluaran, dan utang.

  • Bisnis Thrift atau Baju Bekas

Bisnis thrift shop atau menjual baju bekas layak pakai, sekarang ini menjadi tren. Bisnis ini membutuhkan modal kecil yang bisa dilakukan pelajar dan mahasiswa.

Anda bisa mempromosikan baju, jaket, pakaian, dan kaos ke media sosial dan toko online. Biasanya baju bekas menawarkan harga lebih murah daripada membeli baju baru.

  • Berbicara di Depan Umum atau Public Speaking

Majunya teknologi serta berkembangnya aplikasi video, memunculkan peluang bisnis baru. Untuk anda yang memiliki kemampuan bicara di depan umum, bisnis ini bisa menjadi penghasilan sampingan.

Berbekal ilmu public speaking dan mempelajari materi, anda bisa membuka kelas online. Kelas online ini membahas materi seputar public speaking, kiat-kiat berbicara, dan materi lainnya.

Anda bisa membuka bisnis sampingan ini di rumah, bermodal internet dan komputer. Selain itu bisa juga bergabung dalam komunitas public speaking untuk menjadi pembicara dalam seminar online.

  • Bisnis Kue

Kue dan roti termasuk bisnis di bidang kuliner. Sekarang ini ada berbagai tren camilan yang menarik konsumen.

Anda bisa memasarkan produk secara online dan memberikan inovasi untuk makanan.

Bisnis kreatif camilan dan kue ini biasanya digemari anak muda. Modal yang dibutuhkan adalah membeli bahan dan alat untuk membuat kue.

  • Usaha Jasa Titip (Jastip)

Jasa titip atau jastip masuk dalam peluang usaha modal kecil yang memberi keuntungan besar. Ketika anda bepergian, bisa mempromosikan barang-barang di media sosial.

Barang-barang dibeli untuk titipan konsumen. Jastip biasanya pakaian, aksesoris, kosmetik, mainan, dan barang-barang lain.

  • Affiliate Marketing

Toko online atau marketplace membuka program untuk mempromosikan produknya, di media sosial. Affiliate marketing termasuk usaha dengan modal kecil membutuhkan ponsel dan internet. 

Orang yang bergabung program affiliate marketing ini akan mendapat komisi. Caranya yaitu memiliki akun aktif di media sosial dan pengikut banyak.

Setelah mengikuti persyaratan pendaftaran, pengguna mulai mempromosikan produk di toko online. Anda bisa mendapatkan komisi sekian persen setiap transaksi.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait