12 Contoh Usaha Modal Kecil Untung Besar yang Bisa Dimulai di Rumah

Dwi Latifatul Fajri
29 Desember 2021, 13:35
Usaha Modal Kecil
Unsplash/ Romain V
Contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing

Usaha modal kecil sekarang bisa menjadi bisnis sampingan di kala pandemi. Ada berbagai ide usaha modal kecil yang bisa untung besar, jika ditekuni.

Kemudahan teknologi digital, memberi peluang menjanjikan untuk memulai usaha. Anda bisa memasarkan dagangan serta memperluas jaringan pasar.

Ide usaha ini bisa menjadi inspirasi untuk anda yang memiliki modal kecil. Mengutip dari beberapa sumber, berikut contoh usaha modal kecil yang bisa untung besar.

  • Bisnis Ternak Kelinci

Kelinci termasuk hewan imut yang bisa dipelihara menjadi hewan peliharaan. Ternyata kelinci bisa menjadi usaha modal kecil.

Anda bisa berbisnis kelinci hias dan ternak kelinci untuk diperjualbelikan. Mengutip dari buku Beternak & Bisnis Kelinci Pedaging, hewan ini bisa jadi ide bisnis dengan modal kecil.

Anda bisa memulainya dengan membeli bibit kelinci untuk memulai. Modal usaha kecil ini bisa disesuaikan dan ditambahkan. Anda bisa menghasilkan produk beragam dari kelinci.

  • Bisnis Dropshipper

Jika Anda lebih memilih tinggal di rumah memakai teknologi seperti ponsel dan komputer, bisnis dropshipper bisa jadi pilihan.

Sistem dropship merupakan bisnis tanpa modal yang menguntungkan. Penjual tidak perlu punya stok barang, cukup menentukan produk dan jenis barang yang dijual.

Toko online atau marketplace menawarkan dropship untuk konsumen. Bisnis dropship ini untuk mempromosikan produk.

Anda bisa mengunggah gambar produk dan keterangan lalu dibagikan di media sosial dan toko online.

Setelah itu tunggu sampai konsumen menanyakan produk.

  • Les Privat

Salah satu usaha modal sedikit adalah mengembangkan les privat. Anda bisa mengumpulkan pelajar menjadi kelompok kecil lalu mengajar mereka.

Mendirikan les privat sendiri bisa menentukan tarif belajar untuk anak sekolah. Anda juga bisa membuka les bimbingan di rumah sendiri dengan biaya terjangkau.

Tutor cukup menyediakan ruangan kosong yang berisi meja kecil, papan tulis, dan perlengkapan tulis.

  • Agen Pulsa dan Paket Data

Sekarang ini kebutuhan untuk pulsa dan paket internet menjadi kewajiban setiap orang. Pulsa dan paket data merupakan kebutuhan komunikasi dan akses informasi.

Anda bisa menjual pulsa dan paket data di rumah. Anda bisa mempromosikan melalui media sosial untuk penjualan pulsa dan paket data.

  • Jasa Fotografi

Jika anda suka fotografi dan punya kamera bagus, Anda bisa memanfaatkan jasa fotografi.

Bisnis fotografi bisa dipromosikan untuk acara pernikahan, wisuda, dan momen spesial. Anda bisa membentuk kelompok kecil untuk peluang usaha ini.

  • Desain Grafis dan Video Editing

Jika Anda punya kemampuan dalam bidang desain grafis dan edit video, anda bisa membuka usaha ini di rumah.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...