9 Inspirasi Resolusi 2022 untuk Mewujudkan Impian

Tahun baru menjadi momen membuat resolusi. Resolusi tahun baru bisa disiapkan untuk mencapai keinginan, cita-cita, dan tujuan ke depan. Berikut resolusi 2022 untuk pelajar dan pekerjaan.
Dwi Latifatul Fajri
4 Januari 2022, 14:57
Resolusi 2022
pixabay.com/hkama
Resolusi Tahun Baru

Resolusi tahun baru bisa memberikan manfaat pada seseorang untuk mencapai keinginan. Tak hanya keinginan, resolusi 2022 bisa membantu seseorang untuk menyelesaikan pencapain.

Pelajar atau pekerja pastinya ingin membuat perubahan baru. Kamu bisa menyusun tujuan dan rencana yang bisa dilakukan untuk tahun ini. Resolusi bermanfaat untuk memulai pencapaian serta menetapkan tujuan untuk masa mendatang.

Setiap orang tentunya memiliki berbagai resolusi berbeda di tahun baru. Jika Anda ingin memulai, cobalah langkah-langkah sederhana untuk memperbaiki diri.

Resolusi 2022 untuk Pelajar

Tahun baru pelajar membutuhkan resolusi untuk keberhasilan ke depan. Resolusi ini bisa dibuat untuk mencapai tujuan dan pencapaian untuk lulus sekolah.

Advertisement

Menetapkan resolusi penting untuk kesuksesan di bidang akademik. Berikut tips resolusi 2022 untuk pelajar dan mahasiswa:

  • Fokus untuk Belajar

Cobalah untuk menguasai materi dan fokus dalam belajar. Kamu bisa memulai langkah sederhana untuk memulai belajar. Cobalah untuk belajar sesuai bidang yang ingin difokuskan.

Bidang studi akan menentukan pengetahuan dan seleksi untuk ke perguruan tinggi. Cobalah memahami materi jangan menghafal. Kamu bisa membuat rencana belajar dalam satu hari.

Latihlah dirimu untuk mengerjakan secara pelan-pelan, namun dilakukan setiap hari. Setelah itu cobalah untuk fokus meningkatkan kemampuan dan memahami materi.

  • Menabung untuk Kuliah atau Sekolah

Sekolah membutuhkan biaya yang banyak. Cobalah menabung atau investasi untuk biaya sekolah. Kamu bisa membuat resolusi untuk menghemat biaya sekolah.

Ada beberapa cara untuk mengurangi pengeluaran, serta menabung untuk pendidikan ke depan. Catat pengeluaran dan pemasukan yang kamu dapatkan. Analisis anggaran dan pakai biaya pendidikan sebaik-baiknya.

  • Keseimbangan Antara Pendidikan dan Kehidupan

Mahasiswa dan pelajar membutuhkan keseimbangan waktu, antara pendidikan dan kehidupan sehari-hari. Cobalah membuat jadwal untuk membagi antara belajar dan kegiatan sehari-hari. Perencanaan ini penting supaya kamu bisa mendapatkan waktu lebih untuk bersantai atau belajar.

  • Pola Tidur dan Makanan Sehat

Pola tidur dan makanan sehat bisa berpengaruh pada kesehatan mental dan psikis. Faktanya, 48% orang Amerika menetapkan pola ini.

Tujuan tidur sesuai waktu dan makanan sehat, untuk mencapai gaya hidup yang lebih sehat. Contohnya, mahasiswa sering kali bekerja dan belajar sampai melupakan hal-hal lain. Tugas-tugas yang dikerjakan sebelum deadline, membuat sebagian mereka memilih tidak tidur hingga makan ala kadarnya.

Contoh lain adalah pelajar yang sibuk mengerjakan tugas secara online di rumah. Mereka juga memiliki kewajiban untuk membantu orang tua, seperti membersihkan rumah.

Makanan sehat dan pola tidur cukup baik untuk metabolisme tubuh. Buatlah jam tidur pasti untuk beristirahat dan menenangkan pikiran.

  • Ciptakan Keseimbangan Antara Belajar dan Bekerja

Sebagian mahasiswa memilih untuk bekerja paruh waktu ketika sekolah. Menentukan waktu istirahat akan lebih sulit. Oleh karena itu perlu keseimbangan antara belajar, bekerja, dan keluarga.

Cobalah untuk fokus bekerja dan menyelesaikan tugas sekolah. Sisihkan waktu untuk berkumpul bersama keluarga dan teman terdekat.

  • Jangan Menunda

Menunda-nunda pekerjaan sampai waktu deadline bisa meningkatkan kecemasan dan stress. Dampaknya pada kualitas tugas atau pekerjaanmu. Hindari menunda tugas sampai menumpuk untuk dikumpulkan di hari yang sama.

Berikut tips menunda pekerjaan, seperti:

  1. Buat garis waktu untuk tugas sekolah.
  2. Minimalkan gangguan untuk belajar.
  3. Mulailah bekerja lebih awal.
  4. Ambil prioritas tugas yang lebih dulu.
  • Komunikasi Lebih Efektif

Sebagai pelajar, komunikasi efektif bisa meningkatkan produktivitas dan interaksi sosial. Berikut beberapa tips meningkatkan komunikasi efektif untuk pelajar, mengutip dari herzing.edu:

  1. Menjadi pendengar yang baik.
  2. Menegaskan diri sendiri.
  3. Berkomunikasi sewajarnya.
  4. Meminta umpan balik.
  5. Membuat resolusi tahun baru untuk dilakukan sepanjang tahun.

Resolusi 2022 untuk Pekerjaan

Tahun baru menjadi tahun yang dinantikan untuk semua orang. Beberapa orang memilih membuat resolusi tahun baru untuk menentukan karir dan tujuan kedepan. Tujuan ini penting untuk membangun optimisme dalam pekerjaan.

Berikut beberapa ide untuk membuat resolusi di tahun baru:

  • Buat Resolusi Spesifik

Menentukan karir dan pekerjaan ke depan, membutuhkan tujuan untuk dilakukan. Mengutip dari goskills.com, kamu bisa menyusun tujuan SMART yang bermanfaat untuk memulai rutinitas.

  1. Specific
    Buat resolusi sejelas mungkin. Contohnya menghentikan tidur larut malam atau mengurangi konsumsi rokok. Tujuan ini jelas untuk kesehatan tubuh lebih baik.
  2. Measurable
    Cobalah buat resolusi terukur sehingga bisa dilihat perubahannya dari waktu ke waktu. Contohnya daftar olahraga ringan untuk menurunkan berat badan sebanyak 5kg.
  3. Attainable
    Tujuan SMART selanjutnya adalah tujuan. Buatlah tujuan yang jelas dan bisa dilakukan untuk beberapa waktu.
  4. Relevant
    Buatlah daftar sesuai prioritas dan tujuan. Daftar ini penting untuk motivasi dan disiplin dikerjakan.
  5. Time-sensitive
    Beri waktu atau jeda untuk tujuan dan resolusi lain. Waktu ini bisa membuat anda beristirahat dan santai sejenak. Cobalah untuk membuat waktu bekerja dan bersantai sesuai.
  • Buatlah Tujuan Besar Menjadi Lebih Kecil

Tujuan besar membuat seseorang berpikir terlalu keras apakah bisa menyelesaikan semua resolusi. Kamu bisa membagi tujuan besar itu menjadi tujuan lebih kecil untuk dikerjakan.

Mulailah untuk menulis daftar tujuan-tujuan kecil yang bisa dikerjakan atau ditunda untuk nanti. Beri penghargaan kecil untuk dirimu jika sudah menyelesaikan tujuan itu dengan baik.

Terasa menyenangkan jika melakukan tujuan yang penting dan sesuai dirimu. Hal ini penting dan bermanfaat untuk kedepan. Cobalah buat resolusi dengan cara memberi prioritas, impian, menulis aspirasi, dan membagi waktu.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait