7 Cara Menghilangkan Komedo Hitam dengan Mudah

Image title
6 Januari 2022, 17:42
Ilustrasi cara menghilangkan komedo hitam menggunakan masker arang
Pexels/Gustavo Fring
Ilustrasi cara menghilangkan komedo hitam menggunakan masker arang

Pernahkah Anda memperhatikan adanya benjolan kecil di wajah saat berkaca? Apabila ada, artinya wajah Anda sedang ditumbuhi oleh komedo hitam. Komedo merupakan benjolan kecil yang terbentuk di kulit akibat folikel rambut yang tersumbat. Salah satu jenis komedo yang paling sering ditemukan adalah komedo hitam atau blackheads.

Komedo hitam merupakan bibit dari tumbuhnya jerawat bilamana dibiarkan begitu saja di kulit. Salah satu anggota tubuh yang paling rawan adalah daerah hidung dan menjadi tempat favorit jenis jerawat ringan ini bersarang. Tidak hanya hidung yang kerap menjadi sarang favorit bagi komedo adalah punggung, dada, leher dan juga lengan.

Komedo dapat muncul pada tubuh siapa saja, terutama pada remaja yang memasuki masa pubertas. Orang yang memiliki kulit berminyak dengan pori-pori besar pun lebih sering mengalami masalah kulit ini.

Gejala-gejala Komedo

Keberadaan komedo hitam pada umumnya diawali dari sebuah benjolan kecil dan berwarna gelap yang muncul pada permukaan kulit. Komedo yang muncul biasanya menyebabkan tekstur kulit terangkat, tetapi cenderung lebih datar dibandingkan jerawat.

Permukaan kulit yang ditumbuhi komedo cenderung lebih kasar daripada daerah sekitarnya. Berbeda dengan jerawat, komedo tidak memicu peradangan atau menimbulkan rasa sakit. 

Komedo hitam juga membuat banyak orang yang tidak percaya diri, terutama ketika mempunyai banyak bintik hitam pada wajah. Apabila hal ini terjadi, kunjungi dokter untuk meminta rekomendasi perawatan. Hal ini juga berlaku ketika blackheads berkembang menjadi jerawat-jerawat yang meradang.

Faktor Penyebab Komedo Hitam

Komedo hitam yang menjadi penyebab hilangnya rasa percaya diri ternyata muncul akibat penyumbatan folikel (kantong kelenjar) rambut di kulit akibat penumpukan sel kulit mati dan minyak berlebih.

Umumnya, setiap folikel mempunyai satu rambut dan kelenjar sebaceous yang menghasilkan minyak. Minyak (sebum) ini berfungsi membantu menjaga kulit tetap lembap. Namun, produksi minyak yang berlebih dan bertumpuk dengan sel kulit dapat menyumbat pori-pori. Sumbatan ini menimbulkan tonjolan di permukaan kulit yang berwarna kehitaman akibat terpapar udara di sekitarnya.

Selain itu ada beberapa faktor lain yang menjadi penyebab komedo hitam:

  • Produksi keringat berlebih.
  • Folikel rambut mengalami iritasi akibat sel kulit mati tidak rontok.
  • Penggunaan kosmetik yang menutupi pori-pori kulit.
  • Memencet daerah komedo yang menyebabkan folikel rambut pecah.
  • Perubahan hormon androgen saat pubertas, haid, atau minum pil KB.

Cara Menghilangkan Komedo Hitam

Setelah memahami penyebab dari komedo hitam berikutnya adalah cara menghilangkan komedo hitam yang dilansir dari Hellosehat.com:

1. Menggunakan Obat Tanpa Resep

Cara menghilangkan komedo hitam yang pertama adalah dengan obat-obatan yang dijual bebas mungkin dapat menjadi cara untuk mengatasi masalah ini. Berikut ini beberapa senyawa aktif yang biasa ditemukan dalam obat untuk merawat kulit berkomedo.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...