Mengenal 8 Hewan Penghuni Palung Mariana

Dwi Latifatul Fajri
10 Januari 2022, 14:12
Palung Mariana
Letak Palung Mariana
Letak Palung Mariana

Palung Mariana merupakan palung paling dasar yang berada di Samudera Pasifik, bagian barat Filipina. Paling ini termasuk palung yang memiliki titik terdalam di permukaan bumi, karena memiliki jurang dasar laut paling dalam.

Palung Mariana berada di dalam samudera yang luasnya lebih dari 2/3 bumi. Paling dasar samudera, ada kerak bumi yang membentuk pegunungan, ngarai atau daratan.

Palung laut terbentuk karena pertemuan antar lempeng. Selain itu ada juga gunung-gunung di dasar laut. Palung adalah cekungan sempit yang letaknya sangat dalam di dasar laut.

Letak Palung Mariana

Letak palung Mariana berada di Samudra Pasifik bagian barat dan selatan Kepulauan Mariana. Palung ini merupakan tempat bertemunya dua lempek tektonik yang berdekatan.

Kedalaman Palung Mariana

Kedalaman palung Mariana sekitar 11.034 meter mengutip dari nationalgeographic.org. Dibandingkan dengan Gunung Everest setinggi 8.848 meter di atas permukaan laut, bagian terdalam palung Mariana sekitar 2.147 meter lebih dalam dari ketinggian Everest.

Palung Mariana berada di titik terdalam di permukaan bumi. Bagian dalam palung mengeluarkan belerang cair, karbondioksida, gunung, dan binatang laut yang bisa beradaptasi.

Mengutip dari livescience.com, sutradara dan penjelajah laut James Cameron mencoba turun ke dasar laut. Dia berekspedisi mencapai 10.898 meter di dalam palung.

Dasar Laut Palung Mariana

Palung Mariana yang berada di Pasifik Timur dari Filipina punya panjang sekitar 2.550 km, lebar rata-rata 69 km, dan jarak dari laut ke palung terdalam mencapai 11 km.

Penghuni Palung Mariana

Tekanan air di dasar laut palung Mariana 1.000 kali tekanan atmosfer normal di permukaan bumi. Namun, masih ada temuan beberapa hewan yang berada di dalam palung. Mengutip dari oceaninfo.com, berikut daftar hewan yang hidup di palung Mariana:

1. Angler Fish

Ikan ini memiliki bagian ujung terang di kepalanya yang berfungsi menangkap mangsa. Angler Fish atau ikan pemancing bisa ditemukan di palung yang sangat gelap. Ikan ini bentuknya hampir mirip dengan ikan bercahaya di film Finding Nemo.

Ikan Pemancing memiliki ciri khas yaitu cahaya terang yang menyala di depan kepalanya. Mulutnya dipenuhi gigi yang tajam, serta panjangnya sekitar 20 cm untuk betina. Sedangkan ukuran ikan pemancing jantan lebih besar dari betina.

2. Dumbo Octopus

Dikenal sebagai gurita dumbo atau grimpoteuthis. Gurita ini pertama kali ditemukan sekitar tahun 1883. Namun spesimen selanjutnya tidak terlihat sampai ditemukan lagi di tahun 1990-an. Jenis gurita ini memiliki ukuran lebih kecil sekitar 20 sampai 30 cm. Tubuh berbentuk agar-agar ini bermanfaat untuk gurita hidup di lingkungan bertekanan tinggi.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...