Insecure Adalah: Definisi, Gejala, dan Penyebabnya

Image title
11 Januari 2022, 12:13
Insecure Adalah, Definisi Insecure, Gejala Insecure, Penyebab Insecure
Pexels.com/Liza Summer
Ilustrasi Insecure.

Insecure adalah perasaan tidak percaya diri, malu, takut, gelisah dan tidak aman yang disebabkan oleh rendahnya penilaian terhadap diri sendiri.

Hampir setiap orang pernah mengalami insecure, khususnya ketika berhadapan dengan orang yang "lebih" dari diri mereka. Hal ini sebenarnya normal dan wajar. Hanya saja, jika dibiarkan berangsur-angsur malah bisa menghambat seseorang untuk berkembang.

Advertisement

Karenanya penting untuk memahami apa itu insecure, bagaimana gejalanya, dan apa yang mesti dilakukan agar terbebas dari perasaan insecure.

Definisi Insecure

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, perasaan insecure muncul karena rendahnya penilaian terhadap diri sendiri. Jika dibiarkan, perasaan ini bisa berkembang menjadi bentuk penyakit hati, di antaranya dengki, iri, kecewa, sombong, dan perasaan negatif lainnya.

Insecure juga dapat diartikan sebagai perasaan kurang percaya diri hingga cemburu. Orang yang insecure sering menanyakan pendapat orang lain tentang dirinya hingga memamerkan kelebihannya.

Kendati wajar, penting untuk memerhatikan sampai tahap mana perasaan insecure mengganggu kesehatan mental dan kehidupan sosial seseorang.

Penyebab Insecure

Insecure bisa muncul karena adanya ekspektasi yang terlampau tinggi terhadap diri sendiri, namun tidak terwujud. Di satu sisi, kita melihat seseorang berhasil mencapai keinginannya dan menjalani kehidupan yang kita anggap ideal.

Di samping itu, mengutip Alodokter, insecure bisa timbul akibat cara pandang yang salah, pengalaman buruk, hingga memiliki kepribadian melankolis atau sifat perfeksionis.

Insecure juga bisa muncul akibat:

  • Seseorang penah mengalami penolakan atau kegagalan.
  • Insecure kerap dialami orang yang memiliki daddy issues.
  • Pernah dinilai kurang atau tidak baik oleh orang lain saat bersosialisasi.
  • Perfeksionis.

Selain itu, insecure bisa muncul akibat dari gangguan mental, seperti depresi, gangguan kecemasan, gangguan kepribadian paranoid, gangguan makan, dan sebagainya.

Perasaaan ini juga bisa dialami oleh orang-orang yang pernah mengalami kejadian traumatis, seperti ditinggal mati oleh orang yang disayang, kegagalan membina hubungan, tekanan dari orangtua, terserang penyakit, atau dipecat dari pekerjaan.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement