Kenali Tanda Insecure, Penyebab, dan Cara Mengobatinya

Image title
9 Desember 2021, 12:27
Ilustrasi seseorang merasa insecure
pixabay.com
Ilustrasi seseorang merasa insecure

Insecure adalah sebuah perasaan tidak aman yang sering dirasakan banyak orang. Arti insecure lainnya yaitu perasaan cemas, tidak mampu, hingga tidak percaya diri.

Insecure membuat banyak orang merasa cemburu atau iri terhadap pencapaian orang lain. Perasaan tidak aman juga membuat banyak orang selalu mempertanyakan pendapat orang lain tentangnya.  

Tanda-tanda Insecure

Rasa tidak aman bisa diketahui dari beberapa tanda yang muncul. Mengutip dari alodokter.com dan halodoc.com, berikut beberapa tanda atau gejala rasa tidak aman yang dimiliki seseorang.

1. Selalu berupaya membuat orang lain merasa insecure

Seseorang yang merasa tidak aman biasanya selalu berusaha membuat orang lain atau lawan biacaranya merasa insecure. Hal ini dilakukan sebab orang tersebut ingin selalu menunjukan kelebihan yang dimiliki supaya tampak hebat dihadapan orang lain.

2. Memamerkan diri sendiri secara tidak langsung

Ciri rasa tidak aman lainnya yaitu senang menyombongkan diri sendiri. Namun mereka yang memiliki perasaan tersebut biasanya pamer secara tidak langsung alias terselubung. Misalnya mereka mengeluh telah bepergian di berbagai kota karena pekerjaan yang dilakukannya.

3. Terlalu sering menceritakan pencapaian diri sendiri

Menceritakan pencapaian diri sendiri juga menjadi salah satu contoh insecure yang sering dilakukan. Seseorang yang memiliki rasa tidak aman biasanya juga memiliki rasa rendah diri atau inferior terhadap orang lain.

Maka dari itu, mereka mengatasinya dengan bercerita pencapaian-pencapaian yang dimiliki. Tujuannya agar terlihat hidupnya sempurna dan lebih baik dari orang lain.

4. Menyalahkan diri sendiri saat terjadi hal yang tidak menyenangkan

Seseorang yang memiliki rasa tidak aman biasanya ingin apapun yang dilakukannya berjalan dengan sempurna. Dan saat tidak bisa mencapai yang diinginkan, mereka akan merasa kecewa dan selalu menyalahkan diri sendiri.

5. Sulit percaya pada orang lain

Rasa insecure membuat orang menjadi tidak mudah percaya pada orang lain. Mereka juga biasanya menaruh rasa curiga terhadap orang lain. Misalnya saat menjalin hubungan asmara, mereka akan sering mengecek handphone miliki pasangannya. Untuk memastikan bahwa kecurigaannya tidak benar.

Kondisi tersebut terkadang sering menjadi masalah dalam sebuah hubungan. Seseorang dengan rasa curiga yang tinggi dapat membuat orang lain disekitarnya menjadi tidak nyaman.

6. Memiliki ketakutan berlebih

Rasa tidak aman ternyata membuat seseorang sering merasa takut berlebih bahkan untuk hal-hal kecl. Rasa takut tersebut akan semakin besar jika orang tersebut dihadapkan pada kondisi yang membuatnya khawatir. Tentu saja hal tersebut membuat perasaannya menjadi tidak nyaman.

7. Enggan keluar dari zona nyaman

Rasa takut dan cemas yang muncul bisa menyebabkan seseorang tidak mau keluar dari zona nyamannya. Akibatnya, ia menjadi pribadi yang tidak bisa berkembang dan hanya bisa mencapai hal-hal yang menurutnya mudah saja.

8. Selalu membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Tanda insecure ini mungkin banyak dari kita yang mengalami. Terkadang kita membandingkan diri kita dengan orang lain. Dan merasa bahwa diri kita tidak sebaik orang lain.

Penyebab Insecure

Gejala insecure yang dirasakan setiap orang muncul bukan tanpa sebab. Ada beberapa hal yang bisa membuat seseorang merasa tidak aman. Mengutip dari sehatq.com, berikut beberapa penyebab munculnya rasa tidak aman dalam diri seseorang.

1. Takut gagal dan penolakan

Rasa tidak aman bisa disebabkan karena takut akan kegagalan dan penolakan. Padahal kita tahu bahwa apapun yang dilakukan pasti memiliki risiko gagal dan ditolak. Hal seperti ini yang belum banyak dipahami orang sehingga mengakibatkan munculnya rasa insecure.

2. Sifat perfeksionis

Sifat ingin selalu sempurna dalam segala hal atau perfeksionis juga bisa menjadi pemicu insecure. Terkadang kita memiliki standar yang terlalu tinggi untuk hal-hal yang dilakukan. Dan saat keinginan tersebut tidak didapat menyebabkan muncul rasa kecewa dan selalu dibayang-bayangi rasa tidak aman.

Jika terus dibiarkan, maka hal tersebut bisa menjadi pemicu gangguan kesehatan mental. Misalnya depresi, gangguan kecemasan, gangguan makan, hingga kelelahan yang kronis.

3. Tidak percaya diri

Penyebab insecure lainnya yaitu karena seseorang memiliki rasa tidak percaya diri. Perasaan tersebut biasanya muncul akibat kecemasan dan takut terhadap penilaian buruk dari seseorang.

Rasa ini biasanya muncul apabila orang tersebut berada di keramaian. Misalnya saat pertemuan keluarga, acara sosial, pesta, dan lain sebagainya.  

4. Pola asuh yang tidak tepat

Rasa insecure juga bisa muncul akibat pola asuh yang tidak tepat. Dalam hal ini para orang tua memiliki tanggung jawab besar terhadap rasa tidak aman yang dimiliki anak-anaknya.

Orang tua yang telalu lalai, keras, bahkan kasar bisa menyebabkan seorang anak memiliki rasa insecure. Ketidakcocokan antara orang tua dan anak juga bisa menjadi pemicu munculnya kondisi tersebut.

Misalnya saat ekspektasi orang tua ternyata berbeda dengan yang diinginkan oleh anak. Maka bisa menyebabkan pada rasa tidak aman pada diri anak.

5. Bullying

Bullying atau perundungan menjadi pemicu munculnya rasa tidak aman bagi korbannya. Bullying bahkan bisa menyebabkan korban ketakutan dalam waktu yang sangat lama. Rasa trauma tersebut jika tidak segera ditangani, maka dapat mengganggu kesehatan mental korban.

Cara Agar Tidak Insecure

Rasa tidak aman yang dibiarkan begitu saja, lambat laun bisa menyebabkan gangguan kesehatan fisik dan mental. Maka dari itu, jika Anda merasa memiliki rasa insecure segeralah mencari solusi untuk mengatasi kondisi tersebut. Mengutip dari alodokter.com, berikut beberapa cara agar tidak insecure.

1. Buang pikiran negatif

Hal pertama yang bisa Anda lakukan agar tidak insecure yaitu membuang seluruh pikirkan negatif. Rasa tidak aman seringkali muncul ketika berfikir hal-hal yang kurang baik. Mulailah dengan mengingat hal baik yang pernah dilakukan, dengan demikian kita bisa lebih menghindari rasa tidak aman.

2. Menerima hasil yang belum sesuai dengan keinginan

Rasa perfeksionis yang tidak dikelola dengan baik bisa menyebabkan insecure. Untuk mengatasinya, kini cobalah untuk menerima apapun hasil yang diperoleh. Meskipun hasil tersebut belum sesuai dengan yang diharapkan, akan tetapi cobalah untuk menerima dan mensyukurinya.

3. Menjadikan kegagalan sebagai motivasi

Rasa insecure bisa muncul akibat rasa takut akan kegagalan. Padahal gagal bukanlah akhir dari segalanya. Sebaiknya jangan berlarut-larut meratapi kegagalan. Jadikanlah gagal sebagai bahan evaluasi dan motivasi untuk menjadi lebih baik.

4. Habiskan waktu dengan orang terdekat

Menghabiskan waktu bersama orang terdekat yang menyangi Anda dengan tulus bisa menjadi upaya untuk menghindari rasa tidak aman. Sebab tak jarang rasa insecure muncul akibat pengaruh dari seseorang. Saat menghindari orang yang membuat Anda merasa insecure, maka Anda bisa lebih berfikir positif dan percaya diri.

5. Membangun harga diri dan kenyakinan diri

Hal lain yang bisa dilakukan untuk menghindari rasa tidak aman yaitu dengan mulai menerima keadaan diri sendiri. Menikmati apapun yang dimiliki dan fokus pada hal yang disukai akan membuat diri kita menjadi lebih tenang.

Bangun rasa bangga dan percaya terhadap diri sendiri. Serta lakukan hal-hal yang akan membuat kita menjadi lebih berkembang.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait