Kenali Tanda Insecure, Penyebab, dan Cara Mengobatinya

Siti Nur Aeni
9 Desember 2021, 12:27
Ilustrasi seseorang merasa insecure
pixabay.com
Ilustrasi seseorang merasa insecure

Insecure adalah sebuah perasaan tidak aman yang sering dirasakan banyak orang. Arti insecure lainnya yaitu perasaan cemas, tidak mampu, hingga tidak percaya diri.

Insecure membuat banyak orang merasa cemburu atau iri terhadap pencapaian orang lain. Perasaan tidak aman juga membuat banyak orang selalu mempertanyakan pendapat orang lain tentangnya.  

Tanda-tanda Insecure

Rasa tidak aman bisa diketahui dari beberapa tanda yang muncul. Mengutip dari alodokter.com dan halodoc.com, berikut beberapa tanda atau gejala rasa tidak aman yang dimiliki seseorang.

1. Selalu berupaya membuat orang lain merasa insecure

Seseorang yang merasa tidak aman biasanya selalu berusaha membuat orang lain atau lawan biacaranya merasa insecure. Hal ini dilakukan sebab orang tersebut ingin selalu menunjukan kelebihan yang dimiliki supaya tampak hebat dihadapan orang lain.

2. Memamerkan diri sendiri secara tidak langsung

Ciri rasa tidak aman lainnya yaitu senang menyombongkan diri sendiri. Namun mereka yang memiliki perasaan tersebut biasanya pamer secara tidak langsung alias terselubung. Misalnya mereka mengeluh telah bepergian di berbagai kota karena pekerjaan yang dilakukannya.

3. Terlalu sering menceritakan pencapaian diri sendiri

Menceritakan pencapaian diri sendiri juga menjadi salah satu contoh insecure yang sering dilakukan. Seseorang yang memiliki rasa tidak aman biasanya juga memiliki rasa rendah diri atau inferior terhadap orang lain.

Maka dari itu, mereka mengatasinya dengan bercerita pencapaian-pencapaian yang dimiliki. Tujuannya agar terlihat hidupnya sempurna dan lebih baik dari orang lain.

4. Menyalahkan diri sendiri saat terjadi hal yang tidak menyenangkan

Seseorang yang memiliki rasa tidak aman biasanya ingin apapun yang dilakukannya berjalan dengan sempurna. Dan saat tidak bisa mencapai yang diinginkan, mereka akan merasa kecewa dan selalu menyalahkan diri sendiri.

5. Sulit percaya pada orang lain

Rasa insecure membuat orang menjadi tidak mudah percaya pada orang lain. Mereka juga biasanya menaruh rasa curiga terhadap orang lain. Misalnya saat menjalin hubungan asmara, mereka akan sering mengecek handphone miliki pasangannya. Untuk memastikan bahwa kecurigaannya tidak benar.

Kondisi tersebut terkadang sering menjadi masalah dalam sebuah hubungan. Seseorang dengan rasa curiga yang tinggi dapat membuat orang lain disekitarnya menjadi tidak nyaman.

6. Memiliki ketakutan berlebih

Rasa tidak aman ternyata membuat seseorang sering merasa takut berlebih bahkan untuk hal-hal kecl. Rasa takut tersebut akan semakin besar jika orang tersebut dihadapkan pada kondisi yang membuatnya khawatir. Tentu saja hal tersebut membuat perasaannya menjadi tidak nyaman.

7. Enggan keluar dari zona nyaman

Rasa takut dan cemas yang muncul bisa menyebabkan seseorang tidak mau keluar dari zona nyamannya. Akibatnya, ia menjadi pribadi yang tidak bisa berkembang dan hanya bisa mencapai hal-hal yang menurutnya mudah saja.

8. Selalu membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Tanda insecure ini mungkin banyak dari kita yang mengalami. Terkadang kita membandingkan diri kita dengan orang lain. Dan merasa bahwa diri kita tidak sebaik orang lain.

Penyebab Insecure

Gejala insecure yang dirasakan setiap orang muncul bukan tanpa sebab. Ada beberapa hal yang bisa membuat seseorang merasa tidak aman. Mengutip dari sehatq.com, berikut beberapa penyebab munculnya rasa tidak aman dalam diri seseorang.

1. Takut gagal dan penolakan

Rasa tidak aman bisa disebabkan karena takut akan kegagalan dan penolakan. Padahal kita tahu bahwa apapun yang dilakukan pasti memiliki risiko gagal dan ditolak. Hal seperti ini yang belum banyak dipahami orang sehingga mengakibatkan munculnya rasa insecure.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...