4 Cara Membuat WhatsApp Bisnis dengan Mudah

Berikut empat cara membuat WhatsApp Bisnis yang bisa dipraktikkan dengan mudah di rumah. Aplikasi ini dapat meningkatkan jumlah pembeli yang bergerak dalam usaha digital.
Image title
11 Januari 2022, 17:26
Ilustrasi empat cara membuat WhatsApp Bisnis yang bisa dipraktikkan dengan mudah di rumah.
Katadata
Ilustrasi empat cara membuat WhatsApp Bisnis yang bisa dipraktikkan dengan mudah di rumah.

Bagi para pengguna WhatsApp tentu tidak asing dengan WhatsApp Bussiness atau yang dalam Bahasa Indoensia berarti WhatsApp Bisnis. Aplikasi ini masuk dalam program pesan singkat yang dikhususkan untuk para pemilik bisnis. Pada tahun 2018, WhatsApp merilis aplikasi tersebut dan mendapat antusiasme masyarakat Indonesia.

Keberadaan WhatsApp Bisnis sangatlah membantu para pengusaha dan menjadi alternatif aplikasi chat khusus bisnis yang sangat bermanfaat bagi para pemilik bisnis, terlebih pebisnis yang bergerak di pasar online. Aplikasi ini membantu banyak calon pembeli untuk berkomunikasi ke penjual. Mereka bisa bertanya-tanya lebih dahulu sebelum benar-benar membeli suatu barang.

Iklim dunia teknologi di Indonesia yang berkembang pesat membuat WhatsApp Bisnis berkembang pesat. Adapun penyebabnya di Indonesia sudah banyak orang yang menggunakan WhatsApp. Jadi, para pebisnis tak perlu meminta calon pembeli menginstall WhatsApp hanya untuk sarana komunikasi.

Penjelasan Singkat Mengenai WhatsApp Bisnis

Kehadiran WhatsApp Bisnis sengaja dirancang secara khusus untuk para pemilik bisnis yang bisa diunduh secara gratis. WhatsApp memang khusus dibuat untuk pemilik bisnis kecil, seperti Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Advertisement

Ada banyak fitur yang disediakan yang mana didesain untuk memudahkan Anda dalam berkomunikasi dengan pelanggan. Anda dapat membalas pesan secara otomatis, sortir pesan, dan menjawab pertanyaan pelanggan dengan cepat.

Di sisi lain, Anda juga bisa mengunduh WhatsApp Bisnis di sistem operasi Android maupun iOS. Sejak pertama kali diluncurkan, Indonesia patut berbangga karena menjadi negara Asia pertama yang bisa menggunakan aplikasi ini. Setelah itu baru diikuti negara lainnya seperti Italia, Mexico, Britania Raya, dan Amerika Serikat.

Cara Membuat WhatsApp Bisnis

Setelah memahami apa itu WhatsApp Bisnis? Serta bagaimana aplikasi ini bekerja, maka selanjutnya adalah pembahasan mengenai cara embuat WhatsApp Bisnis.

1. Unduh WhatsApp Bisnis

Cara membuat WhatsApp Bisnis yang pertama adalah mengunduhnya terlebih dahulu. Anda dapat mengunduh aplikasi WhatsApp Bisnis di Play Store (Android) atau App Store (iOS).

2. Masukkan Nomor Telepon

Apabila Anda selesai mengunduh aplikasi WhatsApp Bisnis, selanjutnya Anda harus mendaftarkan diri sebagai pengguna nomor ponsel Anda. Baiknya, gunakan nomor ponsel khusus bisnis sehingga memudahkan proses verifikasi. Selain itu, nomor khusus juga menghindarkan urusan pribadi dan urusan bisnis Anda tercampur.

3. Isi Data Diri dan Bisnis Anda Secara Lengkap

Cara membuat WhatsApp Bisnis berikutnya adalah dengan melengkap data diri. Caranya cukup muda hanya dengan klik menu Settings > Business Settings > Profile. Pastikan informasi yang Anda cantumkan akurat dan sesuai dengan detail informasi bisnis Anda, seperti nama bisnis, alamat, detail kontak, kategori, email, dan website.

4. Mengatur Menu Balasan Pesan Otomatis

Selanjutnya Anda perlu mengatur serta menulis pesan balasan untuk fitur balas pesan otomatis. Fitur ini akan memudahkan Anda membalas pesan pelanggan pada luar jam kerja. Langkah-langkah untuk mengatur balas pesan otomatis adalah:

Klik Settings > Business Settings > pilih opsi Away Message/Greeting Message/Quick Replies.

Kemudian Anda dapat mengatur isi pesan balasan otomatis. Anda juga dapat mengatur waktu pengiriman pesan, baik di segala waktu maupun di waktu tertentu saja.

Manfaat WhatsApp Bisnis untuk Usaha

Pilihan menggunakan WhatsApp Bisnis merupakan hal yang tepat karena ada banyak kelebihan dari aplikasi tersebut yang dapat membantu menyukseskan bisnis Anda. Berikut ulasannya yang dikutip dari situs Niagahoster.com:

1. Membantu Komunikasi dengan Pelanggan

Keuntungan dalam menggunakan Whatsapp Bisnis bagi pengusaha adalah mudahnya berkomunikasi dengan pelanggan. Adanya fitur balas otomatis, seperti away message, greeting message, dan quick message akan sangat membantu Anda membalas pesan dengan pelanggan.

Bagi para pengusaha yang banyak bergerak di ranah digital, terlebih bisnis toko online yang masih pemula, mempunyai informasi kontak bisnis untuk keperluan komunikasi dengan pelanggan merupakan salah satu fitur wajib yang harus dimiliki. Adanya informasi kontak bisnis akan membantu Anda mengoptimalkan layanan pelanggan.

2. Meningkatkan Kredibilitas

Kredibilitas menjadi harga mati demi menjaga kepercayaan konsumen. Dengan adanya fitur profil bisnis, pembeli dapat dengan mudah untuk melakukan pengecekan terhadap informasi bisnis Anda. Anda bisa meyakinkan para calon pembeli bahwa bisnis Anda kredibel dan profesional.

3. Mempermudah Promosi Barang Dagangan

WhatsApp Bisnis juga bisa menjadi peluang untuk keperluan marketing dan promosi. Anda dapat memajang produk Anda pada Katalog, lengkap dengan deskripsi dan harga produk. Fitur tersebut akan memudahkan konsumen untuk melihat produk yang Anda tawarkan.

Demikianlah ulasan tentang cara membuat WhatsApp Bisnis yang dapat dipraktikkan di rumah. WhatsApp Bisnis ini memperbesar peluang dalam persaingan usaha yang saat ini sudah merambah di zona digital.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait