4 Cara Membuat WhatsApp Bisnis dengan Mudah

Image title
11 Januari 2022, 17:26
Ilustrasi empat cara membuat WhatsApp Bisnis yang bisa dipraktikkan dengan mudah di rumah.
Katadata
Ilustrasi empat cara membuat WhatsApp Bisnis yang bisa dipraktikkan dengan mudah di rumah.

Bagi para pengguna WhatsApp tentu tidak asing dengan WhatsApp Bussiness atau yang dalam Bahasa Indoensia berarti WhatsApp Bisnis. Aplikasi ini masuk dalam program pesan singkat yang dikhususkan untuk para pemilik bisnis. Pada tahun 2018, WhatsApp merilis aplikasi tersebut dan mendapat antusiasme masyarakat Indonesia.

Keberadaan WhatsApp Bisnis sangatlah membantu para pengusaha dan menjadi alternatif aplikasi chat khusus bisnis yang sangat bermanfaat bagi para pemilik bisnis, terlebih pebisnis yang bergerak di pasar online. Aplikasi ini membantu banyak calon pembeli untuk berkomunikasi ke penjual. Mereka bisa bertanya-tanya lebih dahulu sebelum benar-benar membeli suatu barang.

Iklim dunia teknologi di Indonesia yang berkembang pesat membuat WhatsApp Bisnis berkembang pesat. Adapun penyebabnya di Indonesia sudah banyak orang yang menggunakan WhatsApp. Jadi, para pebisnis tak perlu meminta calon pembeli menginstall WhatsApp hanya untuk sarana komunikasi.

Penjelasan Singkat Mengenai WhatsApp Bisnis

Kehadiran WhatsApp Bisnis sengaja dirancang secara khusus untuk para pemilik bisnis yang bisa diunduh secara gratis. WhatsApp memang khusus dibuat untuk pemilik bisnis kecil, seperti Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Ada banyak fitur yang disediakan yang mana didesain untuk memudahkan Anda dalam berkomunikasi dengan pelanggan. Anda dapat membalas pesan secara otomatis, sortir pesan, dan menjawab pertanyaan pelanggan dengan cepat.

Di sisi lain, Anda juga bisa mengunduh WhatsApp Bisnis di sistem operasi Android maupun iOS. Sejak pertama kali diluncurkan, Indonesia patut berbangga karena menjadi negara Asia pertama yang bisa menggunakan aplikasi ini. Setelah itu baru diikuti negara lainnya seperti Italia, Mexico, Britania Raya, dan Amerika Serikat.

Cara Membuat WhatsApp Bisnis

Setelah memahami apa itu WhatsApp Bisnis? Serta bagaimana aplikasi ini bekerja, maka selanjutnya adalah pembahasan mengenai cara embuat WhatsApp Bisnis.

1. Unduh WhatsApp Bisnis

Cara membuat WhatsApp Bisnis yang pertama adalah mengunduhnya terlebih dahulu. Anda dapat mengunduh aplikasi WhatsApp Bisnis di Play Store (Android) atau App Store (iOS).

2. Masukkan Nomor Telepon

Apabila Anda selesai mengunduh aplikasi WhatsApp Bisnis, selanjutnya Anda harus mendaftarkan diri sebagai pengguna nomor ponsel Anda. Baiknya, gunakan nomor ponsel khusus bisnis sehingga memudahkan proses verifikasi. Selain itu, nomor khusus juga menghindarkan urusan pribadi dan urusan bisnis Anda tercampur.

3. Isi Data Diri dan Bisnis Anda Secara Lengkap

Cara membuat WhatsApp Bisnis berikutnya adalah dengan melengkap data diri. Caranya cukup muda hanya dengan klik menu Settings > Business Settings > Profile. Pastikan informasi yang Anda cantumkan akurat dan sesuai dengan detail informasi bisnis Anda, seperti nama bisnis, alamat, detail kontak, kategori, email, dan website.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...