Arti Interaksi Sosial, Syarat, Jenis, dan Faktornya

Image title
12 Januari 2022, 15:23
interaksi sosial adalah, pengertian interaksi sosial, syarat interaksi sosial, unsul interaksi sosial, jenis interaksi sosial
Unsplash/Timon Studler
Ilustrasi interaksi sosial.

Interaksi sosial adalah kegiatan yang mau tidak mau mesti dilakukan oleh setiap manusia dalam hidup bersosial. Hal tersebut karena manusia merupakan mahluk sosial yang memerlukan kehadiran manusia lainnya dalam menjalani hidup.

Pengertian Interaksi Sosial

Secara etimologis, interaksi terdiri dari dua kata, yakni action (aksi) dan inter (antara). Jadi, interaksi adalah rangkaian tingkah laku yang terjadi antara dua orang atau lebih dari dua atau beberapa orang yang saling mengadakan respons secara timbal balik.

Mengutip ditsmp.kemdikbud.go.id, interaksi sosial adalah hubungan sosial yang dinamis berkaitan dengan hubungan antara individu dengan individu, kelompok dengan kelompok, dan individu dengan kelompok.

Sementara itu, menurut H. Bonner, interaksi sosial adalah suatu hubungan antara dua atau lebih individu, di mana kelakukan individu yang satu memengaruhi, mengubah, atau memperbaiki kelakukan individu lainnya atau sebaliknya.

Dalam hubungan tersebut, individu atau kelompok bekerja sama atau berkonflik melakukan interaksi formal maupun informal, langsung maupun tidak langsung.

Suatu interaksi dapat dikatakan interaksi sosial jika memenuhi empat ciri, yaitu adanya pelaku berjumlah lebih dari satu orang, adanya komunikasi antarpelaku dengan menggunakan simbol-simbol (bahasa), baik secara lisan maupun isyarat.

Interaksi dikatakan interaksi sosial jika di dalamnya terdapat dimensi waktu. Maksudnya, interaksi sosial dapat terjadi pada masa lampau, masa kini, dan masa mendatang. Ciri terakhir, yaitu adanya tujuan-tujuan tertentu di balik terjalinnya suatu interaksi sosial.

Syarat Interaksi Sosial

Interaksi sosial dapat terjadi bila dua individu atau kelompok melakukan kontak sosial dan komunikasi. Kontak sosial merupakan tahap pertama dari terjadinya hubungan sosial. Sedangkan komunikasi merupakan penyampaian suatu informasi, pemberian tafsiran dan reaksi terhadap informasi yang disampaikan.

Ada beberapa hal yang bisa menjadi sumber informasi dimulainya komunikasi atau interaksi sosial. Sumber informasi tersebut terbagi dua, yaitu ciri fisik dan penampilan.

  • Ciri fisik adalah segala sesuatu yang dimiliki seorang individu sejak lahir yang meliputi jenis kelamin, usia dan ras.
  • Penampilan di sini dapat meliputi daya tarik fisik, bentuk tubuh, penampilan berbusana dan wacana.

Interaksi sosial memiliki aturan dan dapat dilihat melalui dimensi ruang dan dimensi waktu. Robert T Hall dan W.I. Thomas. Hall membagi ruangan dalam interaksi sosial menjadi empat batasan jarak, yaitu jarak intim, jarak pribadi, jarak sosial dan jarak publik. Selain aturan mengenai ruang, Hall juga menjelaskan aturan mengenai waktu. Pada dimensi waktu, terlihat adanya batasan toleransi waktu yang dapat memengaruhi bentuk interaksi.

Aturan yang terakhir adalah dimensi situasi, yakni merupakan penafsiran seseorang sebelum memberikan reaksi. Definisi situasi ini dibuat oleh individu dan masyarakat.

Mengutip "E-Modul Sosiologi Kelas X" oleh Sri Hartini dkk, yang diakses melalui laman Kemdikbud, adapun syarat interaksi sosial, sebagai berikut:

Kontak Sosial

Kontak sosial berasal dari bahasa latin con atau cum yang berarti bersama-sama dan tango yang berarti menyentuh. Secara harfiah, kontak adalah bersama-sama menyentuh. Secara fisik, kontak baru terjadi apabila terjadi hubungan badaniah.

Adapun dari gejala sosial, kontak tidak selalu berarti hubungan badaniah, karena orang dapat melakukan hubungan tanpa harus menyentuhnya, misalnya dengan cara berbicara dengan orang yang bersangkutan.

Perkembangan teknologi dewasa ini juga memudahkan orang-orang, sehingga untuk dapat berhubungan satu sama lain bisa dilakukan melalui telepon, telegraf, radio, dan jalur lainnya tanpa memerlukan sentuhan badaniah.

Komunikasi

Komunikasi memberikan tafsiran kepada orang lain dalam wujud pembicaraan, gerak-gerak badaniah atau sikap, menyatakan perasaan yang ingin disampaikan seseorang. Selanjutnya akan ada reaksi dari pihak lain yang bersangkutan, terkait perasaan yang ingin disampaikan.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...