10 Prospek Kerja Terbaik untuk Jurusan Ilmu Komunikasi

Dwi Latifatul Fajri
11 Oktober 2021, 09:39
Jurusan Ilmu Komunikasi
pixabay.com

Ilmu komunikasi (Ilkom) menjadi salah satu jurusan ilmu sosial yang ada di universitas. Bagi anda yang tertarik bekerja di televisi, radio, media, dan humas jurusan ilmu komunikasi bisa menjadi pilihan.

Secara umum ilmu komunikasi adalah proses mempelajari penyampaian pesan secara efektif dari pemberi pesan (komunikator) kepada penerima pesan (komunikan). Penyampaian pesan ini bisa dilakukan menggunakan berbagai media.

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi

Lulusan Ilmu Komunikasi mengajarkan berbagai analisis dan berpikir kreatif. Mahasiswa juga belajar merencanakan, mengatur, serta melaksanakan proyek dan program.

Jurusan kuliah sosial ini mengajarkan peminatan yang bisa dipilih mahasiswa. Peminatan ini dapat meningkatkan kemampuan untuk peluang bekerja di bidang media, industri, dan teknologi.

Di Indonesia, peluang kerja untuk jurusan ilkom adalah jurnalis, reporter, wartawan, penyiar, pembaca berita, analis media, humas. Selain itu jurusan ini memiliki peluang untuk bekerja di media seperti content creator, copywriter, youtuber, videografer, penulis skenario, hingga produser TV.

Mengutip dari thebalancecareers.com, berikut 10 prospek kerja terbaik berdasarkan kemampuan dan keahlian untuk jurusan ilmu komunikasi:

1. Humas dan Public Relations (PR)

Lulusan ilmu komunikasi memiliki kemampuan untuk berpikir strategis. PR dan humas memiliki posisi bagaimana mempengaruhi persepsi publik melalui media. Profesional PR membuat siaran pers, mengatur konferensi pers, dan bekerjasama dengan media untuk pemberitaan.

Humas dan PR dibutuhkan di bagian pemasaran (marketing), biro iklan, lembaga pemerintah, perusahaan, dan organisasi nirlaba.

2. Perencanaan Acara (Event Planner)

Pekerjaan ini membutuhkan kelompok untuk mempromosikan dan membuat tema menarik. Tujuannya membuat suatu acara sukses dan menarik banyak orang. Jurusan Ilkom bisa memberikan kontribusi dalam kelompok untuk mengemas acara menjadi menarik.

Selain itu, lulusan ini memiliki keterampilan, pertimbangan, dan proses untuk membuat acara bisa sukses. Kemampuan lain yang dibutuhkan adalah keterampilan menulis, menyusun siaran persm dan membuat konten menarik.

3. Alumni Perguruan Tinggi dan Petugas Pengembangan

Petugas alumni bekerja mengevaluasi kebutuhan berbagai kelompok alumni, misalnya mempersiapkan reuni, jaringan alumni, dan acara sosial. Pekerjaan ini menjaga alumni dan merencanakan prospek kerja supaya alumni mudah mendapatkan pekerjaan.

Sedangkan tugas pengembangan mempelajari pendonor kampus dan merencanakan promosi untuk perguruan tinggi pada calon mahasiswa. Pekerjaan ini biasanya ada di kantor perguruan tinggi.

Lulusan ilmu komunikasi ini bisa bekerja untuk berinteraksi dengan alumni, orang tua, dan pendonor kampus. Kemampuan lain yang dibutuhkan awalah public speaking (berbicara di depan umum) dan membuat surat atau menulis.

4. Perencanaan Media (Media Planner)

Pekerjaan ini dibutuhkan di televisi/radio, situs web, dan artikel majalah dan surat kabar. Perencana media bisa memahami dan menganalisa kecenderungan mengklik, melihat, membaca, dan mendengarkan konsumen.

Selain itu pekerjaan ini bisa memilih campuran media terbaik untuk kampanye iklan. Perencana media membutuhkan keterampilan presentasi dan menulis untuk disampaikan kepada rekan dan eksekutif periklanan.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...