10 Prospek Kerja Terbaik untuk Jurusan Ilmu Komunikasi

Lulusan Ilmu Komunikasi termasuk jurusan favorit ilmu sosial di universitas. Jurusan ini mempelajari kemampuan dan keahlian untuk berbicara di depan umum, berpikir kritis, analis, dan kerjasama.
Dwi Latifatul Fajri
11 Oktober 2021, 09:39
Jurusan Ilmu Komunikasi
pixabay.com

Ilmu komunikasi (Ilkom) menjadi salah satu jurusan ilmu sosial yang ada di universitas. Bagi anda yang tertarik bekerja di televisi, radio, media, dan humas jurusan ilmu komunikasi bisa menjadi pilihan.

Secara umum ilmu komunikasi adalah proses mempelajari penyampaian pesan secara efektif dari pemberi pesan (komunikator) kepada penerima pesan (komunikan). Penyampaian pesan ini bisa dilakukan menggunakan berbagai media.

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi

Lulusan Ilmu Komunikasi mengajarkan berbagai analisis dan berpikir kreatif. Mahasiswa juga belajar merencanakan, mengatur, serta melaksanakan proyek dan program.

Jurusan kuliah sosial ini mengajarkan peminatan yang bisa dipilih mahasiswa. Peminatan ini dapat meningkatkan kemampuan untuk peluang bekerja di bidang media, industri, dan teknologi.

Di Indonesia, peluang kerja untuk jurusan ilkom adalah jurnalis, reporter, wartawan, penyiar, pembaca berita, analis media, humas. Selain itu jurusan ini memiliki peluang untuk bekerja di media seperti content creator, copywriter, youtuber, videografer, penulis skenario, hingga produser TV.

Mengutip dari thebalancecareers.com, berikut 10 prospek kerja terbaik berdasarkan kemampuan dan keahlian untuk jurusan ilmu komunikasi:

1. Humas dan Public Relations (PR)

Lulusan ilmu komunikasi memiliki kemampuan untuk berpikir strategis. PR dan humas memiliki posisi bagaimana mempengaruhi persepsi publik melalui media. Profesional PR membuat siaran pers, mengatur konferensi pers, dan bekerjasama dengan media untuk pemberitaan.

Humas dan PR dibutuhkan di bagian pemasaran (marketing), biro iklan, lembaga pemerintah, perusahaan, dan organisasi nirlaba.

2. Perencanaan Acara (Event Planner)

Pekerjaan ini membutuhkan kelompok untuk mempromosikan dan membuat tema menarik. Tujuannya membuat suatu acara sukses dan menarik banyak orang. Jurusan Ilkom bisa memberikan kontribusi dalam kelompok untuk mengemas acara menjadi menarik.

Selain itu, lulusan ini memiliki keterampilan, pertimbangan, dan proses untuk membuat acara bisa sukses. Kemampuan lain yang dibutuhkan adalah keterampilan menulis, menyusun siaran persm dan membuat konten menarik.

3. Alumni Perguruan Tinggi dan Petugas Pengembangan

Petugas alumni bekerja mengevaluasi kebutuhan berbagai kelompok alumni, misalnya mempersiapkan reuni, jaringan alumni, dan acara sosial. Pekerjaan ini menjaga alumni dan merencanakan prospek kerja supaya alumni mudah mendapatkan pekerjaan.

Sedangkan tugas pengembangan mempelajari pendonor kampus dan merencanakan promosi untuk perguruan tinggi pada calon mahasiswa. Pekerjaan ini biasanya ada di kantor perguruan tinggi.

Lulusan ilmu komunikasi ini bisa bekerja untuk berinteraksi dengan alumni, orang tua, dan pendonor kampus. Kemampuan lain yang dibutuhkan awalah public speaking (berbicara di depan umum) dan membuat surat atau menulis.

4. Perencanaan Media (Media Planner)

Pekerjaan ini dibutuhkan di televisi/radio, situs web, dan artikel majalah dan surat kabar. Perencana media bisa memahami dan menganalisa kecenderungan mengklik, melihat, membaca, dan mendengarkan konsumen.

Selain itu pekerjaan ini bisa memilih campuran media terbaik untuk kampanye iklan. Perencana media membutuhkan keterampilan presentasi dan menulis untuk disampaikan kepada rekan dan eksekutif periklanan.

5. Social Media Manager (Manajer Media Sosial)

Kemajuan teknologi membuat pekerjaan di bidang industri semakin berkembang, salah satunya social media manager. Pekerjaan ini sesuai untuk alumni ilmu komunikasi. Dibutuhkan analisis pola komunikasi dan kualifikasi untuk membantu organisasi memanfaatkan mereka di media sosial.

Manajer media sosial punya kemampuan menulis yang baik untuk menarik pengguna di media sosial seperti Facebook, LinkedIn, dan Twitter. Selain itu, pekerjaan ini membutuhkan kemampuan persuasif (ajakan) dan keterampilan presentasi untuk menyampaikan rencana pada staf, kolega, dan pelanggan.

6. Spesialis Sumber Daya Manusia (SDM)

Bagian SDM bekerja untuk organisasi seperti merekrut staf, mengorientasikan karyawan baru, mengembangkan program pelatihan, menyampaikan kebijakan kepada staf, mendidik karyawan tentang manfaat, dan membuat buletin karyawan.

Pekerja media diharuskan memiliki keterampilan berbicara yang baik di depan umum. Selain itu pekerjaan ini membutuhkan keterampilan menulis untuk membuat manual karyawan, menyusun konten web, dan menghasilkan literatur rekrutmen.

7. Pendidik Kesehatan atau Health Educator

Keterampilan yang dibutuhkan pekerjaan ini adalah organisasi dan perencanaan acara. Pekerjaan ini membutuhkan lulusan ilmu komunikasi yang bisa mempromosikan pameran kesehatan dan program lainnya.

Hal penting dari pekerjaan ini adalah mengembangkan, mempresentasikan seminar untuk konsumen. Pendidik kesehatan juga membuat konten tulisan di web untuk menarik perhatian konsumen.

8. Reporter Bisnis

Media keuangan dan bisnis membuka peluang untuk jurusan komunikasi. Ada wartawan bisnis yang berfokus pada liputan jurnalistik yang berhubungan dengan bisnis dan keuangan.

Liputan reporter bisnis seperti perkembangan dalam bisnis, industri, dan ekonomi untuk situs web, majalah, surat kabar, dan stasiun televisi. Reporter bisnis bermanfaat untuk menyampaikan informasi dalam bahasa yang mudah dipahami oleh masyarakat.

Keterampilan yang dibutuhkan untuk pekerjaan ini adalah kemampuan menulis dan kemampuan berbicara.

9. Manajer

Manajer bekerja untuk mengawasi posisi produk, layanan, dan menganalisis reaksi konsumen. Pekerjaan manajer juga mengawasi komunikasi intensif termasuk periklanan, promosi, dan hubungan masyarakat untuk meningkatkan penjualan. Seorang manajer memiliki keterampilan komunikasi interpersonal untuk bekerjasama dengan mitra penjualan, pemasaran, dan periklanan.

10. Penjualan

Bagian penjualan sesuai dengan jurusan komunikasi. Pekerjaan ini membutuhkan keterampilan komunikasi dan bisa menguntungkan penjualan.

Mata Kuliah Ilmu Komunikasi

Pada awal perkuliahan, mahasiswa mendapat teori dan mata kuliah umum seperti Pengantar Ilmu Komunikasi, Teori Komunikasi, Komunikasi Massa, dan Psikologi Komunikasi.

Mengutip dari quipper.com, di tahun kedua masih ada beberapa mata kuliah pengantar dan materi peminatan. Beberapa kampus membuka peminatan seperti Hubungan Masyarakat atau Public Relation, Jurnalistik, Penyiaran (Broadcasting), Periklanan, Manajemen Komunikasi sesuai kurikulum yang sudah diterapkan.

Di semester 4,5, dan 6 ada materi lanjutan seperti Komunikasi Antar pribadi, Komunikasi Massa, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Politik, Komunikasi Lintas Budaya, Media dan Kajian Budaya, Teknik Lobi dan Negosiasi, Periklanan, Reportase Berita Penyiaran, Jurnalistik Kontemporer.

Mata kuliah tersebut bisa menjadi rujukan untuk membuat skripsi atau tugas akhir di semester 7.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait