Protagonis Adalah Tokoh Utama Cerita, Begini Cara Membuatnya

Image title
13 Januari 2022, 11:44
Protagonis adalah tokoh utama dalam cerita.
Century Studios
Protagonis adalah tokoh utama dalam cerita.

Protagonis adalah tokoh dalam sebuah cerita. Tokoh ini berfungsi untuk menggerakan cerita, mulai dari babak awal (pengenalan) hingga ke babak akhir cerita (resolusi).

Apa itu Protagonis?

Mengutip buku "Bahasa Indonesiaku Bahasa Negeriku untuk Kelas XII SMA dan MA Program IPA/IPS" oleh Atep Tatang dkk, penokohan termasuk dalam unsur intrinsik cerita, yaitu unsur yang membangun cerita dari dalam.

Penokohan atau perwatakan merupakan unsur yang tersurat dalam sebuah cerita. Penokohan adalah gambaran mengenai pelaku atau tokoh-tokoh cerita, baik dalam keadaan lahirnya maupun keadaan batinnya.

Lalu, apa itu protagonis?

Protagonis dapat diartikan sebagai tokoh yang menampilkan sesuatu sesuai pandangan dan harapan pembaca atau penonton. Protagonis seringnya menggambarkan watak yang baik dan positif. Tokoh ini dapat menyita empati dan perhatian mereka yang menikmati karya.

Tokoh protagonis adalah tokoh yang biasanya menjadi pemeran baik dalam sebuah cerita. Protagonis umumnya menjadi pemeran utama dalam sebuah cerita, film, atau serial. Tokoh ini digambarkan sebagai seseorang yang memiliki sikap baik dan positif. Sikap protagonis dalam sebuah cerita biasanya dermawan, jujur, rendah hati, tidak sombong, sabar, dan setia kawan.

Protagonis adalah siapa yang menjadi fokus cerita. Mereka biasanya orang terbaik untuk ditempatkan di dalam situasi yang akan dibangun dalam cerita dan bisa menawarkan beragam konflik dan perjalanan yang panjang.

Membuat Protagonis

Mengutip buku "Screenplay" oleh Syd Field, terdapat empat kualitas penting yang mesti diperhatikan dalam merancang karakter yang baik, termasuk dalam membuat protagonis, yaitu:

  • Karakter memiliki kebutuhan dramatis yang kuat dan jelas.
  • Mereka memiliki sudut pandang individu.
  • Mereka mempersonifikasikan suatu sikap.
  • Mengalami semacam perubahan atau transformasi.

Untuk membuat karakter yang baik bisa dilakukan dengan mulai mencari tahu apa kelebihan dan kekurangan karakter. Bisa satu atau banyak hal.

Kelebihan dan kekurangan karakter bisa jadi sesuatu yang sangat sederhana, namun sudah ditampilkan di awal cerita, sehingga pembaca atau penonton mengetahui tokoh seperti apa yang akan mereka ikuti di dalam cerita tersebut.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...