Sumber Daya Alam Adalah Pilar Kehidupan Manusia, Ini Penjelasannya

Image title
20 Januari 2022, 14:32
Ilustrasi jagung sebagai sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Sumber daya alam adalah segala kekayaan alam yang dihasilkan oleh makhluk hidup dan dapat dimanfaatkan untuk mendukung keberlangsungan hidup manusia.
ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/foc.
Ilustrasi jagung sebagai sumber daya alam yang dapat diperbaharui.

Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya dengan beragam sumber daya alam yang terkandung di dalamnya. Aneka sumber daya alam itu dapat ditemukan di berbagai wilayah dan daerah. Sumber daya alam adalah salah satu pilar kehidupan bagi masyarakat di Indonesia, karena darinya masyarakat memperoleh manfaat.

Bila melihat jenisnya, sumber daya alam terbagi menjadi dua, antara lain sumber daya alam hayati dan sumber daya alam nonhayati. Berikut akan dibahas mengenai pengertian, jenis, contoh, dan manfaat dari sumber daya alam.

Penjelasan Tentang Sumber Daya Alam

Mengutip buku Hukum Sumber Daya Alam Dalam Sektor Kehutanan, bahwa sumber daya alam adalah segala kekayaan alam yang dihasilkan oleh makhluk hidup dan dapat dimanfaatkan untuk mendukung keberlangsungan hidup manusia. Sumber daya alam hayati menjadi sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan perlu untuk terus dilestarikan sehingga tidak akan habis jika dimanfaatkan.

Beragam Jenis Sumber Daya Alam

Berikut aneka jenis sumber daya alam yang dilansir dari situs Gramedia.com:

1. Sumber Daya Alam Tumbuhan

Sumber daya alam tumbuhan adalah segala sesuatu yang dihasilkan oleh tumbuhan dan dapat bermanfaat bagi manusia. Sumber daya alam tumbuhan dibagi menjadi tiga jenis, yaitu sumber daya alam yang berasal dari hasil hutan, sumber daya alam yang berasal dari hasil pertanian, dan sumber daya alam yang berasal dari hasil perkebunan.

Sumber daya alam tumbuhan juga terbagi menjadi beberapa jenis yaitu hutan, pertanian, dan perkebunan, berikut penjelasannya:

A. Sumber Daya Tumbuhan Hasil Perkebunan

Jenis sumber daya alam ini adalah bentuk pemanfaatan dari lahan luas yang bisa dilakukan berbagai budidaya tanaman tertentu yang dibutuhkan oleh manusia serta memiliki nilai ekonomis. Tumbuhan yang akan dibudidayakan harus disesuaikan dengan kondisi lahan perkebunan karena beberapa tumbuhan hanya akan tumbuh pada kondisi tertentu, seperti tanaman teh yang harus ditanam di lahan perkebunan yang berada di dataran tinggi. Beberapa contoh tanaman hasil perkebunan, yaitu kopi, tebu, teh, karet, kelapa sawit, lada, dan kakao.

 B. Sumber Daya Tumbuhan Hasil Hutan

Sumber daya alam jenis ini mengandalkan hutan yang merupakan penyimpan berbagai kekayaan alam hayati. Selain itu, keberadaan hutan juga menjaga keseimbangan alam dengan menghasilkan oksigen yang akan membuat kondisi udara menjadi tetap bersih dan segar. Hutan di Indonesia terbagi menjadi beberapa jenis, di antaranya adalah hutan sabana, hutan hujan tropis, hutan homogen, hutan heterogen, dan hutan mangrove. Beberapa contoh tanaman yang tumbuh di hutan, yaitu pohon meranti, pohon pinus, pohon jati, pohon cendana, pohon mahoni, dan pohon damar.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...