Deposito Adalah Produk Penyimpanan Uang, Ini Penjelasannya

Image title
21 Januari 2022, 10:26
Ilustrasi perkembangan bunga deposito selama 12 bulan. Deposito adalah salah satu instrumen investasi yang populer dipilih karena beragam keuntungan yang ditawarkan dibandingkan dengan tabungan biasa.
KATADATA/
Ilustrasi perkembangan bunga deposito selama 12 bulan.

Dalam kehidupan mengatur keuangan ada banyak sekali petuah atau kata bijak sebagai nasihat yang bisa menjadi panduan. Salah satunya dari seorang influencer, Raditya Dika yang kerap memberikan tips dan nasihat keuangan kepada masyarakat melalui kanal YouTube atau media sosial pribadi miliknya.

Raditya Dika berpesan agar fokus dalam pola pengaturan keuangan, dan dirinya meminta untuk mengubah pola pikir dari kebiasaan stress sedikit belanja, stress sedikit makan, ini gak baik untuk alur keuangan. Dia juga menekankan untuk investasi yang tepat dengan kondisi keuangan dan jumlah pemasukkan yang diterima.

Ada beragam cara yang dapat Anda lakukan untuk investasi, salah satunya, deposito. Deposito adalah salah satu instrumen investasi yang populer dipilih karena beragam keuntungan yang ditawarkan dibandingkan dengan tabungan biasa. Keuntungan yang ditawarkan dari deposito adalah suku bunga yang relatif tinggi dibandingkan dengan tabungan, serta minimnya risiko yang harus dihadapi dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya seperti investasi saham.

Meski terdengar memiliki keuntungan yang cukup besar dengan risiko yang terbilang kecil, sebelum Anda memutuskan untuk mendepositokan dana Anda, sebaiknya Anda mengetahui serta memahami terlebih dahulu segala informasi seputar deposito. Untuk itu, simak artikel ini lebih lanjut untuk menambah pengetahuan serta pemahaman Anda mengenai deposito.

Penjelasan Singkat Tentang Deposito

Pada dasarnya, deposito adalah produk penyimpanan uang yang disediakan oleh bank dengan sistem penyetoran yang dilakukan di awal. Tidak hanya itu, deposito juga memiliki ketentuan penarikan yang hanya bisa dilakukan sesuai dengan ketentuan penarikan yang hanya dapat dilakukan sesuai dengan jangka waktu tertentu yang telah disepakati oleh nasabah dan bank.

Meski demikian, dana yang disetorkan hanya dapat ditarik setelah jangka waktu tertentu, deposito memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan rekening tabungan. Suku bunga yang diberikan oleh bank untuk deposito lebih kompetitif daripada tabungan biasa.

Oleh karenanya pertimbangkan kembali apabila Anda ingin menarik dana yang telah didepositokan sebelum jangka waktu yang disepakati berakhir. Ada beberapa bank memperbolehkan menarik dana deposito sebelum jangka waktu. Akan tetapi ada konsekuensi yang harus dihadapi, salah satunya adalah dikenakan sejumlah penalti atau potongan yang harus Anda tanggung.

Jangka Waktu Deposito

Dalam soal waktu penyimpanan, deposito adalah instrumen investasi yang memiliki berbagai pilihan jangka waktu simpanan yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Pada dasarnya jangka waktu yang disediakan mulai dari 1, 3, 6, 12 atau bahkan hingga 24 bulan. Dengan jangka waktu yang Anda pilih, uang yang Anda depositokan akan disimpan dan tidak dapat dicairkan hingga jangka waktu tersebut berakhir.

Sebagaimana dilansir dari situs Cimbniaga.co.id, bahwa pada saat jatuh tempo atau jangka waktu tersebut selesai, Anda akan menerima keseluruhan uang yang telah Anda depositokan beserta bunga yang didapatkan berdasarkan ketetapan bank untuk deposito yang Anda pilih.

Selanjutnya muncul pertanyaan, apa yang Anda lakukan apabila ingin meneruskan deposito yang sudah jatuh tempo untuk jangka waktu yang berkelanjutan? Kini, terdapat sejumlah bank yang menyediakan produk penyimpanan deposito memiliki sistem perpanjangan otomatis atau disebut Automatic Roll Over (ARO) yang dapat Anda pilih. Dengan sistem otomatis tersebut, ketika deposito Anda sudah jatuh tempo, maka uang yang Anda depositokan akan diperpanjang dengan jangka waktu berikutnya.

Kondisi tersebut akan secara otomatis terus berlaku hingga Anda memutuskan untuk mencairkan deposito yang Anda miliki. Dengan begitu, uang yang Anda depositokan akan terus terakumulasi secara otomatis. Kemudahan inilah yang menjadikan deposito pilihan populer umumnya di kalangan investor pemula.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...