Fundamental Adalah Prinsip Dasar, Begini Penjelasannya

Fundamental adalah sesuatu hal yang paling mendasar atau paling penting di mana hal-hal lain bergantung padanya. Istilah ini sering dipakai dalam bidang sosiologi dan ekonomi.
Image title
26 Januari 2022, 15:07
Fundamental Adalah Prinsip Dasar, Begini Penjelasannya
123RF

Sebuah prinsip mendasar yang dimiliki seseorang sangat berperan besar dalam menentukan pola pikirnya. Hal ini bisa kita sebut sebagai salah satu ciri dari fundamental. Kata fundamental adalah sebuah istilah yang berkaitan dengan kebenaran umum atau dasar realitas. Artinya, istilah tersebut menggambarkan sebuah hal pokok yang menjadi landasan.

Fundamental adalah kata yang sering ditemukan dalam bidang ekonomi dan sosiologi. Sehingga kata tersebut memiliki beberapa definisi sesuai dengan dimana kata ini ditempatkan.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang makna kata fundamental baik secara umum maupun dari tinjauan sosiologi dan ekonomi, maka simak artikel ini hingga tuntas. Berikut rangkuman pembahasan tentang istilah fundamental.

Makna Kata “Fundamental”

Dalam kehidupan sehari-hari seseorang pastinya memiliki sebuah prinsip. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), prinsip adalah asas atau kebenaran yang menjadi pokok dasar berpikir, bertindak, dan sebagainya.

Advertisement

Sebuah prinsip sangat erat kaitannya dengan kata fundamental. Masih merujuk dari KBBI, fundamental adalah kata yang bersifat dasar (pokok) dan sering digunakan untuk menggambarkan sesuatu hal yang ada dalam kehidupan manusia.

Dalam bahasa Inggris kata fundamental juga memiliki arti yang serupa. Menurut Cambridge Dictionary, fundamental adalah sesuatu hal yang paling mendasar atau paling penting di mana hal-hal lain bergantung padanya. Dari penjelasan tersebut, maka bisa dilihat bahwa prinsip dan kata fundamental sangat berkaitan erat.

Fundamental adalah prinsip mendasar yang digunakan sebagai landasan untuk melakukan sesuatu. Contohnya seperti pada prinsip dasar Palang Merah atau Red Cross. Mengutip dari Redcross.org, setidaknya ada 7 prinsip dasar Palang Merah yang menjadi acuan untuk mereka melakukan kegiatan dan bertindak. Prinsip tersebut meliputi kemanusiaan, ketidakberpihakan, kenetralan, kemerdekaan, layanan sukarela, persatuan, serta keuniversalan.

Berdasarkan penjelasan di atas bisa diambil kesimpulan kalau makna kata fundamental adalah sesuatu hal yang menjadi prinsip yang sangat mendasar. Prinsip tersebut dijadikan acuan atas semua tindakan yang akan dilakukan oleh seseorang, sebuah kelompok, dan sebuah organisasi atau perusahaan.

Istilah Fundamental dalam Kehidupan Sosial

Dalam sosiologi maupun psikologi, fundamental adalah sesuatu yang berkaitan pada prinsip-prinsip mendasar dalam kehidupan sosial. Istilah ini juga sering dikaitkan pada norma-norma sosial yang berlaku.

Fundamental adalah istilah yang bersifat dasar atau pokok pikiran. Ideologi sebuah negara hingga aturan perundang-undangan di dalamnya termasuk ke dalam prinsip fundamental.

Menurut sejumlah literatur faktor psikologi sangat mempengaruhi seseorang untuk menentukan prinsip hidup yang fundamental. Ini juga menyangkut tentang kepribadian dan lingkungan tempat tinggalnya.

Berbicara soal prinsip hidup, seseorang bisa mengambil sebuah gambaran dari kisa hidup orang lain dan mencoba mempraktikannya dalam kehidupannya. Hal tersebut bukan berarti dia harus sama dengan orang lain.

Melansir dari Centerstone.org, prinsip hidup yang fundamental seperti menjalani kehidupan dengan sukacita akan sangat membantu seseorang agar tetap memiliki pikiran yang positif. Sebab, melalui pilihan yang disengaja yang menggerakkan sesuatu dalam hidup bisa bermanfaat untuk memaksimalkan tujuan hidupnya.

Istilah Fundamental dalam Ekonomi

Dalam bahasa Inggris kata fundamental adalah istilah yang bisa dijumpai dalam bidang ekonomi khususnya pada investasi dan keuangan. Menurut Cambridge Dictionary, istilah fundamental dipakai untuk menggambarkan penyebab dasar perubahan nilai saham atau semacamnya yang berhubungan dengan kondisi perusahaan dan perekonomian.

Fundamental adalah sebuah faktor yang akan memiliki dampak paling besar pada mata uang. Dalam investasi saham ada istilah yang disebut sebagai analisis fundamental. Untuk lebih jelasnya simak penjelasannya berikut ini.

Mengenal Analisis Fundamental

Menurut Investopedia, analisis fundamental adalah metode untuk mengukur nilai intrinsik sekuritas dengan memeriksa faktor ekonomi dan keuangan suatu perusahaan terkait. Analis ini secara umum mempelajari apa saja yang dapat mempengaruhi nilai sekuritas, mulai dari faktor ekonomi makro seperti keadaan ekonomi dan kondisi industri hingga faktor ekonomi mikro seperti efektivitas manajemen perusahaan.

Melansir dari Ocbcnisp.com, analisis fundamental sangat berbeda dengan analisis teknikal. Analisis fundamental adalah sebuah metode yang bisa digunakan oleh investor untuk mempertimbangkan banyak pengukuran bahkan sampai faktor makro dan mikro ekonomi. Sebab, analisis fundamental mengacu pada data laporan keuangan sebuah perusahaan.

Sementara itu untuk analisis teknikal, metode tersebut merupakan analisis yang menggunakan data historis saja. Sehingga jika dilihat dari cara kerjanya kedua metode analisis tersebut sangat berbeda.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, analisis fundamental biasanya dilakukan dari perspektif makro ke mikro untuk mengidentifikasi sekuritas yang tidak dihargai dengan benar oleh pasar. Analisis ini memang sering digunakan untuk saham, namun hal itu bukan berarti analisis ini tidak bisa dipakai di bidang lain. Analisis fundamental berguna untuk mengevaluasi keamanan apa pun, dari obligasi hingga derivatif. 

Analisis fundamental menggunakan data publik untuk mengevaluasi nilai saham atau jenis sekuritas lainnya. Hal ini akan memungkinkan pihak investor agar dapat melakukan analisis fundamental pada nilai obligasi dengan melihat faktor ekonomi seperti suku bunga dan keadaan ekonomi secara keseluruhan. Setelah itu dia bakal mempelajari informasi tentang penerbit obligasi, seperti potensi perubahan peringkat kreditnya.

Singkatnya, tujuan akhir analisis fundamental adalah untuk memberikan gambaran pada angka yang dapat dibandingkan oleh investor dengan harga sekuritas saat ini. Kemudian dilanjutkan untuk melihat apakah sekuritas tersebut undervalued atau overvalued.

Demikian rangkuman pembahasan tentang istilah fundamental baik dari bidang ekonomi dan kehidupan sosial. Kesimpulannya, istilah fundamental adalah sesuatu prinsip yang sangat mendasar.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait