Pidato Persuasif: Pengertian, Tujuan, Prinsip, Struktur dan Contohnya

Image title
8 Februari 2022, 15:08
Ilustrasi seseorang sedang berpidato. Pidato persuasif adalah pidato yang berisi ajakan kepada masyarakat untuk melakukan sesuatu.
Unsplash/Miguel Henriques
Ilustrasi seseorang sedang berpidato

Teks pidato adalah bentuk komunikasi satu arah yang berisi gagasan dan pikiran pembicara tentang suatu hal kepada banyak orang. Salah satu jenisnya adalah pidato persuasif.

Pidato persuasif adalah pidato yang berisi ajakan kepada masyarakat untuk melakukan sesuatu. Pidato persuasif berisi pesan yang disampaikan kepada masyarakat oleh seorang pembicara yang hadir untuk mempengaruhi atau mengajak masyarakat.

Advertisement

Pidato persuasif bertujuan untuk mengajak atau membujuk pendengar agar terpengaruh terhadap isi pidato yang disampaikan. Dalam pidato dapat disampaikan gagasan, isu, konsep, atau produk agar masyarakat terbujuk.

Tujuan Pidato Persuasif

Adapun tujuan pidato persuasif dalam modul Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dijelaskan sebagai berikut.

1. Pembentukan tanggapan

Salah satu tujuan pidato persuasif adalah membentuk agar masyarakat memberikan tanggapan. Pembentukan dilakukan agar masyarakat mengetahui banyak tentang suatu topik.

Pembicara persuasif menghubungkan gagasan yang baru terhadap nilai yang telah melekat pada masyarakat. Pembicara harus menyadari bahwa pembentukan itu adalah proses pertalian ide-ide baru dengan nilai-nilai masyarakat, hasilnya adalah perubahan perilaku.

2. Penguatan tanggapan

Memberikan penguatan tanggapan bagi sekelompok masyarakat untuk kesinambungan perilaku yang sedang berlangsung saat ini terhadap beberapa topik, gagasan, atau isu. Penguatan tanggapan dikaitkan dengan nilai-nilai dan sikap yang sudah ada pada masyarakat. Nilai-nilai bercirikan kesenangan, kekuatan, dan kepentingan.

3. Pengubahan tanggapan

Pengubahan tanggapan sekelompok masyarakat untuk mengubah perilaku mereka terhadap suatu konsep atau gagasan. Pembicara persuasif berupaya untuk mengubah tanggapan sambil meminta kepada masyarakat untuk mengubah atau menghentikan beberapa perilaku, seperti merokok dan membuang sampah sembarangan.

Pembentukan tanggapan dihubungkan dengan belajar pengubahan tanggapan adalah fokus utama pidato persuasif.

Prinsip-Prinsip Pidato Persuasif

Berdasarkan modul Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pidato persuasif dibuat dengan prinsip tertentu. Terdapat lima prinsip pidato persuasif, yaitu:

1. Membujuk demi konsistensi

Prinsip pertama persuasif yaitu untuk mengubah perilaku apabila perubahan yang dianjurkan sejalan dengan kepercayaan, sikap, dan nilai mereka saat ini. Perubahan perilaku akan lebih mungkin bila konsisten dengan nilai, sikap, dan kepercayaan.

2. Membujuk demi perubahan-perubahan kecil

Perubahan perilaku lebih memungkinkan apabila perubahan yang dianjurkan merupakan perubahan kecil bukan perubahan perilaku besar. Kesalahan umum pembicara pemula adalah keinginan yang menuntut terlalu banyak perubahan dan tergesa-gesa.

3. Membujuk demi keuntungan

Masyarakat akan mengubah perilakunya apabila perubahan yang disarankan akan menguntungkan.

4. Membujuk demi pemenuhan kebutuhan

Mengubah perilaku masyarakat apabila perubahan yang disarankan berhubungan dengan kebutuhan mereka.

5. Membujuk berdasarkan pendekatan-pendekatan gradual (sedikit demi sedikit)

Efektivitas pidato persuasif bergantung pada penerimaan khalayak terhadap perubahan yang disarankan pembicara. Pendekatan gradual (sedikit demi sedikit) yang lebih memungkinkan untuk bekerja dibandingkan dengan pendekatan yang meminta masyarakat untuk segera merubah perilakunya.

Struktur Pidato Persuasif

Struktur pidato persuasif adalah pembukaan, isi pidato, dan penutup. Berikut penjelasannya.

1. Pembukaan

Pembukaan berisi salam pembuka, ucapan penghormatan, dan juga ucapan syukur. Pada tahap ini pengenalan topik atau permasalahan yang akan dibahas. Pada bagian ini berfungsi sebagai pengantar sebelum pada tahap penjelasan/isi pidato. Selain itu juga berisi deskripsi singkat tentang topik permasalahan.

2. Isi Pidato

Berisi penjelasan berbagai teori, pendapat, maupun fakta-fakta yang ada di lingkungan sekitar untuk mengupas tentang permasalahan yang dibahas.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement