Belajar Menulis Teks Pidato dengan Mengenal Struktur Pidato

Tidak semua orang bisa dengan percaya diri menyampaikan pidato. Beberapa yang tidak terbiasa tampil di muka umum butuh menyusun teks pidato dan menghapalkannya sebelum berdiri di depan audiens.
Image title
25 November 2021, 17:28
Teks pidato
ANTARA FOTO/REUTERS/Ann Wang
ILUSTRASI - Kandidat Partai Oposisi Rakyat Pertama (PFP) James Soong Chu-yu memberikan keterangan kepada media setelah pidato langsung kebijakan kedua menjelang pemilu pada Januari mendatang di Taipei, Taiwan, Rabu (25/12/2019).

Kita seringkali mendengar kata sambutan dan pidato di berbagai kesempatan. Mulai dari upacara bendera, pertemuan, mendengar pidato kenegaraan di televisi atau bahkan pidato di acara pernikahan dan acara formal lainnya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pidato adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak, atau wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak. Secara umum, pidato merupakan kegiatan berbicara di depan umum yang dilakukan untuk menyatakan pendapat, atau memberikan gambaran mengenai suatu hal.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.

Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Makanya, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. 

Advertisement

Tujuan Pidato

Ada beberapa tujuan teks pidato menjadi salah satu hal yang sangat penting bagi seseorang yang akan berpidato.

  1. Mempermudahkan seseorang yang berpidato untuk menyampaikan gagasan, ide atau informasi lainya kepada khalayak umum secara langsung.
  2. Membatasi pemnyampaian informasi agar bisa lebih padat dan bisa lebih fokus sehingga bisa menghindari penjelasan dan memaparkan informasi yang sangat bertele-tele saat berlangsungnya pidato.
  3. Memberikan inspirasi bagi seseorang yang berpidato untuk melakukan improvisasi yang disesuaikan dengan para pendengar dan juga kebutuhan dari pendengar.
  4. Mengantisipasi terjadinya lost speech yang sering terjadi karena seseorang yang lupa apa yang akan disampaikanya. Hal tersebut biasanya terjadi karena orang yang akan berpidato terkena demam panggung.

Diatas adalah tujuan atau poin dari dibuatnya teks pidato. Namun untuk orator yang sudah mahir atau berpengalaman, biasanya tidak akan membutuhkan teks pidato lagi.

Struktur Teks Pidato

Struktur dari teks pidato adalah suatu hal yang perlu diperhatikan. Ada beberapa struktur teks pidato yang bisa menyusun teks pidato secara utuh dan berkesinambungan.

Struktur teks pidato adalah sebagai berikut:

1. Salam Pembuka

Struktur yang pertama dari teks naskah pidato yaitu salam pembuka. Salam pembuka terletak pada bagian awal dan menjadi pembukaan dalam suatu pidato.

Contoh dari salam pembuka naskah pidato yaitu seperti Assalamu’alaikum warahmatulahi wabarakatuh, salam sejahtera bagi kita semua, selamat pagi, dan lain sebagainya.

2. Ucapan Penghormatan

Struktur kedua teks pidato adalah ucapan penghormatan. Ucapan penghormatan tersebut biasanya diberikan kepada bejabat tinggi yang telah hadir dalam acara yang ada dalam pidato tersebut.

Contohnya seperti yang dilakukan pada acara sekolah, ada beberapa ucapan penghormatan yang diberikan kepada kepala sekolah dan juga bapak ibu guru.

3. Ucapan Syukur

Bagian teks pidato selanjutnya adalah ucapan syukur. Bagian tersebut biasanya berisi tentang rasa syukur karena bisa berkumpul bersama dengan para hadirin.

4. Isi Pidato

Isi dari pidato adalah bagian yang paling pentingdalam pidato. Bagian tersebut berisikan tentang gagasan, informasi, ide atau hal lainnya yang disampaikan kepada orang yang hadir.

Tentu saja isi dari teks pidato sangat berkaitan dengan tema pidato.

5. Penutup Pidato

Struktur terakhir dari pidato adalah penutup pidato. Penutup biasanya berisikan kesimpulan dan diikuti dengan salam penutup.

Metode Pidato

Berpidato ada 4 metode, diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Impromptu

Impromptu adalah metode serta merta atau spontanitas yaitu berdasarkan kebutuhan sesaat tanpa persiapan yang matang atau cukup.

Metode tersebut berdasarkan dari kemampuan dan kemahiran dari pembicara apa adanya. Metode tersebut biasanya digunakan dalam keadaan yang mendadak atau juga darurat.

2. Memoriter

Memoriter atau metode menghafal adalah suatu metode yang dipersiapkan secara matang. Materi yang akan disampaikan sudah dihafalkan terlebih dahulu sebelum akhirnya disampaikan kepada banyak orang.

Metode tersebut biasanya dilakukan pada acara pidato yang sudah direncanakan dengan sangat baik.

3. Metode Naskah

Metode naskah yaitu dilakukan dengan cara membaca pidato yang sudah dipersiapkan.

4. Metode Ekstemporan

Metode ekstemporan yaitu dilakukan dengan cara mengandalkan dari kemampuan sang pembicara yaitu dengan hanya menyiapkan poin-poin dari pokok yang akan dikembangkan.

Contoh Teks Pidato

Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh,

Marilah kita panjatkan terlebih dahulu puji serta syukur ke hadirat Tuhan yang maha kuasa karena berkatnya kita dapat berkumpul di sini. Di pagi yang sangat cerah ini akhirnya kita semua bisa berkumpul bersama dalam keadaan yang sehat. Pada kesempatan ini ijinkan saya menyampaikan terkait dengan kebersihan lingkungan.

Pada kesempatan kali ini, ijinkan saya untuk menyampaikan beberapa hal penting terkait kebersihan lingkungan. Ada pepatah yang mungkin telah tidak asing lagi di telinga kita semua yaitu kebersihan adalah sebagian daripada iman kita. Kebersihan suatu tempat dapat mencerminkan sikap serta perilaku para penghuninya.

Menjaga kebersihan merupakan hal yang sangat penting. Jika kebersihan lingkungan tidak bisa dijaga dengan baik maka dampak buruk akan segera datang. Tempat yang kotor secara otomatis akan mengundang wabah penyakit. Hal tersebut tentu merupakan hal yang tidak kita inginkan. Selain itu, sikap kita akan dicontoh oleh anak cucu kita kedepannya.

Hadirin yang saya hormati,

Saya berpesan agar semuanya memiliki kesadaran yang tinggi akan pentingnya sebuah kebersihan. Coba anda bayangkan bagaimana jadinya jika kita semua tidak menjaga kebersihan dengan baik, maka wabah penyakit akan tersebar kemana-mana. Perlu kita ketahui bahwa sehat itu merupakan suatu hal yang mahal.

Tidak banyak yang bisa saya sampaikan pada pertemuan kali ini karena keterbatasan waktu yang singkat ini. Saya hanyalah manusia yang tidak sempurna serta tak luput dari berbagai salah. Sehingga saya meminta maaf pada semuanya. Kesalahan pasti berasal dari saya serta kelebihan adalah kebaikan hati Tuhan. Cukup sekian yang dapat disampaikan pada hari ini.

Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait