11 Jenis Ikan Laut yang Baik Dikonsumsi untuk Kesehatan

Dwi Latifatul Fajri
8 Februari 2022, 17:30
Jenis Ikan Laut
ANTARA FOTO/Rahmad
Jenis Ikan Perairan Laut

Jenis ikan laut tertentu baik dikonsumsi dan bergizi tinggi. Contoh jenis perairan laut adalah salmon, cakalang, tuna, dan ikan kakap. Ikan laut baik dikonsumsi oleh anak-anak, orang dewasa, hingga ibu hamil.

Ikan laut mengandung asam lemak omega-3 yang menjaga kesehatan otak dan jantung. Asam lemak omega-3 ini bisa ditemukan di setiap jenis ikan, tetapi kandungan tertinggi ada pada ikan berlemak. Contoh jenis ikan laut yang mengandung asam lemak omega 3 yaitu ikan salmon, tuna, mackerel, sarden, dan ikan herring.

Ikan laut bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, menurunkan resiko depresi, dan kesehatan mental. Namun, Anda harus berhati-hati jika terlalu banyak konsumsi ikan dalam satu minggu.

Idealnya, konsumsi ikan bisa dilakukan 2-3 kali dalam seminggu untuk gizi seimbang. Ikan kaya akan sumber protein dan rendah lemak. Konsumsi ikan cocok untuk anda yang ingin menjaga berat badan.

Jenis Ikan Laut

Berikut jenis ikan air laut untuk dikonsumsi dan manfaatnya untuk kesehatan:

1. Ikan Trout

Secara fisik, ikan trout bentuknya hampir sama dengan ikan salmon. Mengutip dari sehatq.com, 100 gram ikan trout mengandung 19,94 gram protein dan 4,3 microgram vitamin B12. Ikan trout baik dikonsumsi karena rendah merkuri.

2. Cakalang

Ikan Cakalang banyak ditemukan di perairan Indonesia. Habitat ikan ini berada di Samudra Hindia, Pasifik, dan Samudra Atlantik. Ikan cakalang mengandung asam lemak omega-3 dan protein. Manfaat konsumsi ikan cakalang yaitu mengurangi resiko demensia dan menurunkan kadar gula darah.

3. Ikan Bawal Air Laut

Ikan bawal dibedakan menjadi ikan bawal air tawar dan air laut. Bentuk ikan bawal air laut pipih dan memiliki sirip dada di belakang insang. Ikan bawal kaya nutrisi seperti mineral, kalsium, vitamin, omega-3, dan fosfor.

Ikan bawal mengandung asam lemak tidak jenuh yang baik untuk dikonsumsi. Selain itu, ikan ini bisa mencegah kolesterol, menyehatkan jantung, dan menjaga tekanan darah.

4. Ikan Kakap

Ikan kakap merah dan kakap putih biasanya disajikan dalam restoran dan rumah makan. Ikan ini memiliki besar dan dagingnya banyak. Ikan kakap mengandung lemak tidak jenuh salah satunya asam lemak omega-3. Selain itu ikan kakap mengandung mineral seperti fosfor, kalsium, seng, dan zat besi. Ada juga vitamin yang memenuhi gizi tubuh.

5. Sarden

Ikan sarden umumnya dijadikan makanan kaleng atau dalam kemasan. Menurut para ahli, nutrisi dalam tubuh ikan sarden yaitu kalsium, zat besi, protein, asam lemak omega-3, dan vitamin B12.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...