Cara Mengatasi Pengangguran Musiman, Stuktural, dan Friksional

Dwi Latifatul Fajri
17 Februari 2022, 12:47
Cara Mengatasi Pengangguran
Pexels.com/Ron Lach
Cara Mengatasi Pengangguran di Masa Pandemi

Pengangguran adalah orang yang tidak memiliki pekerjaan, sedang mencari pekerjaan, dan mempersiapkan usaha baru. Pengangguran berkaitan dengan lapangan kerja yang ada di masyarakat.

Lapangan kerja yang semakin besar dalam suatu negara, membuat tingkat pengangguran semakin kecil. Jika angkatan lapangan kerja semakin sedikit, makan tingkat pengangguran semakin tinggi.

Kelompok yang sudah bekerja juga bisa dikategorikan sebagai pengangguran. Mengutip dari buku Get Success UN Ekonomi, ditulis oleh Ima Rahmawati kelompok pengangguran ada 3 yaitu pekerja yang bekerja lebih dari 7 jam kerja per hari atau 40 jam kerja per minggu.

Kelompok pengangguran lainnya yaitu pekerja yang tidak mendapatkan upah minimum regional (UMR) di daerahnya, serta penurunan produktivitas kerja.

Semakin tinggi jumlah pengangguran berdampak pada pembangunan nasional. Dalam sebuah negara, pengangguran dapat menurunkan nilai pendapatan per kapita, orang yang membayar pajak semakin sedikit, beban psikologis, hingga beban sosial.

Cara Mengatasi Pengangguran

Pengangguran bisa diatasi melalui upaya kesempatan untuk bekerja. Mengutip dari buku Ekonomi: Jilid 2 yang ditulis Alam S, berikut cara mengatasi pengangguran:

1. Cara Mengatasi Pengangguran Struktural

Pengangguran struktural adalah jenis pengangguran akibat perubahan struktur ekonomi. Contohnya sebuah negara yang sebelumnya agraris bergeser ke ekonomi industri.

Berikut cara mengatasi pengangguran struktural:

  • Mempersiapkan pendidikan dan pelatihan untuk pekerjaan sesuai bidang dan lapangan kerja yang tersedia.
  • Memindahkan tenaga kerja di tempat yang dibutuhkan.
  • Dapat meningkatkan modal dan tenaga kerja.
  • Mampu menampung tenaga kerja yang menganggur.
  • Dapat mendirikan industri bersifat padat karya.

2. Pengangguran Friksional

Pengangguran friksional adalah jenis pengangguran karena sulitnya menyerap tenaga kerja. Hal ini karena pemberi kerja mengharapkan kualitas tinggi dari calon tenaga kerja.

Cara Mengatasi Pengangguran Friksional

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...