Cara Menghilangkan Garis Merah di Word dalam 5 Langkah

Garis merah adalah fitur dari Microsoft Word untuk mengoreksi kesalahan ejaan. Cara menghilangkan garis merah di Word dilakukan dengan menonaktifkan fitur koreksi ejaan.
Image title
30 November 2021, 09:46
Ilustrasi cara menghilangkan garis merah di Word
Katadata
Ilustrasi cara menghilangkan garis merah di Word

Ada banyak program yang ditawarkan oleh Microsoft Office, salah satunya adalah Microsoft Word. Perangkat lunak ini menawarkan fitur-fitur tertentu untuk meningkatkan pengalaman menulis dan memastikan agar pengguna tidak membuat kesalahan saat mengetik.

Microsoft Word memiliki fitur pemeriksaan ejaan dan tata bahasa yang aktif secara bawaan. Garis merah yang muncul saat mengetik atau membuka sebuah dokumen menandakan kesalahan ejaan. Sedangkan garis bawah hijau menandakan kesalahan tata bahasa.

Meskipun garis merah di Word dapat membantu memperbaiki kesalahan, fitur ini juga dapat mengganggu. Beberapa orang mungkin menganggap kehadiran garis merah di Microsoft Word tidak mengganggu. Tetapi, sebagian orang ingin menghilangkannya demi kenyamanan.

Cara menghilangkan garis merah dapat dilakukan dengan klik kanan pada kata yang digarisbawahi dan memilih opsi 'Ignore All'. Tetapi, cara ini tidak ideal jika ada terlalu banyak garis merah di dokumen Word.

Advertisement

Berikut pembahasan tentang cara menghilangkan garis merah di Word.

Cara Menghilangkan Garis Merah di Word

Ikuti cara menghilangkan garis merah di Word berikut ini.

  1. Buka dokumen dalam Microsoft Word.
  2. Tekan tombol CTRL dan A secara bersamaan untuk memilih seluruh dokumen.
  3. Klik tab “Review” di bagian atas jendela.
  4. Untuk menghilangkan garis merah, pilih “Set Proofing Language”.
  5. Centang opsi “Do not check spelling or grammar” dan klik OK.

Microsoft Word tidak akan mengoreksi ejaan sehingga garis merah pada dokumen tidak akan muncul.

Cara Menghilangkan Garis Merah Seluruhnya di Word

Cara lain dapat dilakukan dengan mengubah pengaturan Proofing Microsoft Word. Ini yang perlu dilakukan:

  1. Buka Microsoft Word lalu klik “File” dari bilah menu.
  2. Klik menu “Option” yang terletak di sudut kiri bawah jendela Word.
  3. Jendela “Word Options” akan muncul.
  4. Klik “Proofing” pada panel kiri untuk membuat perubahan pemeriksaan ejaan.
  5. Hapus centang pada kotak di samping “Check spelling as you type” dan “Frequently confused words”.
  6. Klik OK untuk menyimpan perubahan.

Menghapus centang pada kotak untuk tata bahasa juga akan menghapus garis bawah hijau dari dokumen Word. Garis merah dan hijau tak akan muncul lagi dalam dokumen Word.

Cara Menghapus Garis Merah di Word untuk Satu Dokumen

Hampir serupa dengan cara sebelumnya, cara ini khusus untuk menghilangkan garis merah dalam dokumen Word yang sedang dibuka tanpa memengaruhi dokumen lain.

  1. Buka Microsoft Word lalu klik “File” dari bilah menu.
  2. Klik menu “Option” yang terletak di sudut kiri bawah jendela Word.
  3. Jendela “Word Options” akan muncul.
  4. Klik “Proofing” pada panel kiri untuk membuat perubahan pemeriksaan ejaan.
  5. Gulir ke bawah ke bawah untuk membuat pengecualian pemeriksaan ejaan untuk dokumen saat ini.
  6. Centang kotak di samping “Hide spelling errors in this document only”.
  7. Klik OK untuk menyimpan perubahan.

Anda juga dapat membuat pengecualian untuk dokumen lain. Jika Anda ingin menghilangkan garis hijau, centang kotak untuk menyembunyikan kesalahan tata bahasa.

Fungsi Garis Merah dan Garis Hijau di Microsoft Word

Garis merah di Microsoft Word sangat berguna bagi sebagian orang. Biasanya, bagi orang asing yang menggunakan bahasa Inggris, fitur ini bermanfaat dan praktis karena meminimalisir kesalahan ejaan.

Ketika sebuah kata memiliki garis merah, artinya Microsoft Word menandakan bahwa ejaan kata tersebut salah sehingga perlu dikoreksi. Hal ini sangat bermanfaat, terutama dalam penulisan dokumen yang panjang.

Garis merah yang kontras akan memudahkan pengguna Word saat meninjau kembali dokumennya. Kesalahan pengetikan mungkin merupakan hal yang sepele. Tetapi, dalam karya tulis, kesalahan tersebut dapat berdampak besar. Misalnya, saat menulis skripsi, kesalahan pengetikan atau typo dapat mengurangi nilai skripsi.

Oleh sebab itu, Word menyediakan fitur garis merah sebagai sarana cek ejaan untuk mengoreksi. Dalam menulis dokumen, membaca ulang penting dilakukan untuk memastikan bahwa tidak ada kesalahan dan sesuai kaidah bahasa yang berlaku.

Membaca ulang merupakan hal penting karena dapat menambah kekuatan pada tulisan. Jika tidak dilakukan, karya tulis berpotensi mengandung kesalahan. Ini juga membantu efektivitas dalam gaya penulisan serta memberi kejelasan dalam penyampaian gagasan.

Secara umum, Word otomatis mengoreksi dokumen dengan bahasa Inggris. Oleh sebab itu, dokumen bahasa Indonesia atau yang lain akan memiliki garis merah. Word menawarkan opsi bahasa lain yang dapat digunakan. Caranya hampir serupa dengan menghilangkan garis merah. Perbedaannya, setelah membuka tab “Set Proofing Language”, pilih bahasa Indonesia pada bagian “Mark selected text as”.

Word akan mengoreksi teks dokumen sesuai dengan kamus bahasa Indonesia. Fitur ini sangat praktis dan bermanfaat. Ada sekitar 80 bahasa yang didukung oleh Microsoft Word dalam koreksi ejaan.

Selain garis merah, terkadang muncul garis hijau. Fungsi garis hijau lebih detail daripada garis merah. Garis hijau akan muncul jika tata bahasa bermasalah. Umumnya, fitur ini muncul untuk dokumen yang berbahasa Inggris.

Dalam bahasa Inggris, kesalahan tata bahasa atau grammatical errors adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan contoh penggunaan kata yang salah, tidak konvensional, atau kontroversial, seperti kata kerja yang tidak tepat. Fitur garis hijau membantu dalam hal tersebut.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait