Cara Menghilangkan Garis Merah di Word dan Garis Biru dengan Mudah

Cara menghilangkan garis merah di word menjadi hal teknis penting untuk Anda ketahui. Untuk menghilangkan garis tersebut tidaklah sulit. Anda bisa mengikuti cara-cara berikut ini.
Image title
29 Juli 2021, 06:30
Cara Menghilangkan Garis Merah di Word dan Garis Biru dengan Mudah
pixabay.com
Ilustrasi mengetik di Microsoft Word.

Menghilangkan garis merah di word menjadi salah satu cara yang penting untuk Anda ketahui. Hal ini dikarenakan Microsoft Word merupakan aplikasi yang tak lepas kita gunakan setiap hari. Aplikasi ini menjadi aplikasi basic yang harus dikuasai oleh siapa saja yang menggunakan laptop.

Dalam menggunakan MS. Word kita bisa memanfaatkan berbagai fitur yang membantu pekerjaan kita. Salah satu fitur yang bisa kita gunakan adalah fitur untuk mengoreksi tulisan. Dengan menggunakan fitur ini, kita jadi bisa mengetahui apakah tulisan tersebut salah atau benar.

Biasanya fitur koreksi ini ditandai dengan garis di bawah kata berwarna merah atau biru. Meskipun sebenarnya fitur tersebut cukup membantu, namun ada juga pengguna word yang merasa kehadiran dari garis-garis tersebut cukup mengganggu. Maka dari itu banyak orang yang mencari cara menghilangkan garis merah di word dan garis biru yang biasanya muncul secara otomatis. Untuk menghilangkan garis tersebut tidaklah sulit. Anda bisa mengikuti cara-cara berikut ini.

Apa Fungsi Garis Merah di Word?

Garis merah yang sering di temui saat mengetik di Microsoft Word ternyata tidak hadir begitu saja. Garis merah tersebut memiliki fungsi untuk mengoreksi tulisan yang salah di MS. Word. Jika mengaktifkan fitur ini, Anda akan dengan mudah untuk mengetahui kata-kata mana saja yang salah.

Advertisement

Meskipun fungsi garis merah di word bagus, namun banyak orang yang merasa terganggu dengan garis ini. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menghilangkan garis merah itu. Namun dengan menghilangkan garis merah, Anda tidak bisa mengetahui secara otomatis kata yang salah di Microsoft Word.

Cara Hapus Garis Merah di Word

Cara menghilangkan garis merah yang ada di Microsoft Word sebenarnya mudah. Ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan garis merah di MS. Word. Berikut ini tutorialnya:

  1. Buka terlebih dahulu aplikasi Micorosft Word yang ada di laptop.
  2. Kemudian pilih menu Option yang ada di tab file.
  3. Setelah masuk ke menu option, Anda bisa pilih sub menu Proofing yang ada di bagian kiri.
  4. Langkah berikutnya, hapus tanda ceklis yang ada di kolom “Check spelling as you type”.
  5. Setelah tanda ceklis di kolom tersebut dihilangkan, Anda bisa menghilangkan tanda ceklis yang ada di kolom “mark grammar” untuk menghilangkan garis merah yang sering muncul saat sedang mengetik.

Itulah lima langkah yang bisa anda lakukan sebagai cara hapus garis merah di word. Langkah-langkah tersebut tidaklah sulit, setelah berhasil maka anda tidak akan melihat lagi garis merah pada word anda.

Cara Menghilangkan Garis Biru di Word

Selain garis merah, di Microsoft Word juga biasanya muncul garis berwarna biru. Fungsi dari tanda garis biru di word sebenarnya sama yakni untuk mendeteksi kesalahan yang biasanya muncul saat mengetik. Garis biru ini muncul jika ada kata yang sama namun ditulis dengan format yang berbeda. Cara menghilangkan garis biru di word bisa menggunakan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Buka terlebih dahulu aplikasi Microsoft Word.
  2. Setelah itu, klik Opstion yang ada di menu file.
  3. Kemudian anda bisa klik opsi Proofing.
  4. Lanjutkan dengan scrool ke bawah lalu hilangkan tanda ceklis yang ada di menu “check spelling as you type”.
  5. Lalu hilangkan juga tanda ceklis yang ada di kolom “mark grammar errors as you type”.
  6. Terakhir, Anda bisa langsung klik OK, dan garis biru yang sering muncul di tampilan Microsoft Word adan akan hilang dengan sendirinya.

Mengapa Garis Merah dan Biru Bisa Muncul di Microsoft Word?

Selain mencari tahu bagaimana cara menghilangkan garis merah di word dan garis biru yang sering kali muncul, banyak pengguna Microsoft Word yang mempertanyakan mengapa dua garis tersebut bisa muncul. Jawabannya yaitu karena bahasa yang digunakan untuk mengetik berbeda dengan bahasa default Microsoft Word.

Pengaturan dari aplikasi ini biasanya menggunakan bahasa Inggris, sementara itu pengguna word tidak hanya mengetik menggunakan bahasa Inggris. Maka dari itu, kata-kata yang diketik menggunakan bahasa selain bahasa program MS. Word akan ditandai sebagai kata yang salah.

Untuk mengubah bahasa defaul yang ada di Microsoft Word sebenarnya bisa saja. Hanya saja terkadang ada versi word atau windows yang memang hanya bisa menggunakan bahasa Inggris. Dan mengganti bahasa default juga jarang dilakukan, karena sebagian besar pengguna Word lebih memilih untuk menghilangkan garis merah dan biru, dibandingkan dengan mengganti bahasa default.

Namun setelah mengetahui cara menghilangkan garis biru di word dan menghapus garis merah, maka kini anda bisa menggunakan aplikasi Microsoft Word dengan lebih nyaman.

Editor: Redaksi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait