Kunci Jawaban IPA Kelas 9 SMP Halaman 157-159
Belajar merupakan hal terpenting bagi siswa. Tujuannya untuk menambah pengetahuan, meningkatkan kecerdasan, dan melatih daya pikir. Maka dari itu, sekolah sudah sepantasnya menjadi prioritas setiap anak atau siapa pun yang tengah mengemban pendidikan.
Cara utamanya yaitu dengan membaca dan mempelajari materi yang diajarkan di sekolah. Selain menyimak guru, siswa juga bisa mengkaji kembali literatur yang diberikan sebagai fasilitas belajar.
Hal tersebut berkaitan dengan pembahasan pada tulisan ini. Tidak lain adalah kunci jawaban IPA kelas 9 SMP halaman 157-159 yang termuat pada buku tema. Literatur ini diterbitkan dengan mengacu pada penerapan Kurikulum 2013.
Meski berisi jawaban gamblang dari soal, peserta didik tetap diimbau agar tidak menjadikannya bahan kecurangan di kelas. Alternatifnya yaitu dengan mempelajari materi sekaligus mengingat jawaban yang akan dibahas setelah ini.
Maka dari itu, penting untuk siswa mengkaji materi yang masih berkaitan. Soal-soal berikut merupakan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Selengkapnya, simak kunci jawaban IPA kelas 9 halaman 157-159 berikut ini.
Kunci Jawaban IPA Kelas 9 SMP Halaman 157-159
A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat dengan memberi tanda silang (X) pada huruf A, B, C, atau D!
1. Pernyataan tentang kromosom, DNA, dan inti sel yang benar adalah ....
A. kromosom menggulung di dalam DNA di luar inti sel
B. DNA dan kromosom tidak berhubungan tapi sama-sama berada dalam inti sel
C. DNA berbentuk heliks ganda terpilin dalam bentuk kromosom dan berada di luar inti sel
D. DNA berbentuk heliks ganda terpilin dalam bentuk kromosom dan berada di dalam inti sel
Jawaban: D
2. Jika sel tubuh pada buah tomat mempunyai 24 kromosom, maka jumlah kromosom pada serbuk sarinya adalah ...
A. 6 buah
B. 12 buah
C. 24 buah
D. 48 buah
Jawaban: B
3. Pernyataan yang benar mengenai hukum II Mendel adalah ....
A. gen berpisah secara acak saat fertilisasi
B. gen bertemu secara acak saat fertilisasi
C. gen berpisah secara acak saat pembentukan gamet
D. gen bertemu secara acak saat pembentukan gamet
Jawaban: D
4. Gen K mengode rambut keriting dan k mengode rambut lurus, K dominan terhadap k. Gen H mengode warna kulit hitam dan gen h mengode warna kulit putih. Kombinasi dari gen-gen tersebut yang menunjukkan fenotipe rambut lurus kulit hitam adalah ....
A. KKhh
B. KKHH
C. kkHh
D.KkHh
Jawaban: C
5. Berikut ini pernyataan mengenai jumlah kromosom manusia:
(1) jumlah kromosom sex manusia adalah 4 buah
(2) jumlah kromosom tubuh manusia adalah 44 buah
(3) jumlah kromosom sex manusia adalah 2 pasang
(4) jumlah kromosom tubuh manusia adalah 23 pasang
(5) jumlah kromosom manusia secara keseluruhan adalah 46 buah
Pernyataan yang benar adalah ....
A. 1, 2, 3
B. 1, 3
C. 2, 5
D. 4 saja
Jawaban: C
Kunci Jawaban IPA Kelas 9 SMP Halaman 157-159
6. Seorang anak dapat mewarisi sifat dari ….
A. hanya dari ibunya
B. hanya dari ayahnya
C. dari ayah dan ibunya
D. dari ayah atau ibunya
Jawaban: C
7. Ciri atau sifat pada manusia diturunkan dari generasi ke generasi melalui ….
A. RNA
B. sel telur
C. sel gamet
D. sel sperma
Jawaban: C
8. Cara berikut yang paling baik untuk menentukan apakah dua orang bersaudara adalah ....
A. membandingkan gen mereka
B. membandingkan wajah mereka
C. membandingkan sidik jari mereka
D. membandingkan tipe darah mereka
Jawaban: A
9. Dua anak kembar berjenis kelamin laki-laki dan perempuan. Pernyataan berikut yang benar mengenai penyusun genetik mereka adalah ....
A. bayi laki-laki dan perempuan tersebut mewarisi sifat hanya dari sang ayah
B. bayi laki-laki dan perempuan tersebut mewarisi sifat hanya dari sang ibu
C. bayi laki-laki dan perempuan tersebut mewarisi sifat dari ayah dan ibunya
D. bayi laki-laki mewarisi sifat hanya dari ayah dan bayi perempuan mewarisi sifat hanya dari ibu
Jawaban: C
10. Pemuliaan tanaman dapat dilakukan dengan cara ....
A. perkawinan silang
B. penanganan hama
C. melakukan pergiliran tanam
D. manipulasi lingkungan hidup
Jawaban: A
Itulah kunci jawaban IPA kelas 9 SMP halaman 157-159 yang bisa dipelajari. Diimbau untuk peserta didik yang menyimak tulisan di atas agar tidak menjadikannya sontekan atau tindak kecurangan tertentu. Melainkan dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran di rumah mau pun sekolah. Sebagai catatan, penting untuk peserta didik dalam menguasai materi dan tetap di bawah pengawasan tenaga pendidik.