Gempa M 6,7 di Malang, Getarannya Terasa Hampir di Seluruh Jatim

Safrezi Fitra
10 April 2021, 15:15
gempa, gempa malang, gempa jawa timur, gempa surabaya, gempa sidoarjo, bmkg, bencana alam
BMKG
BMKG melaporkan telah terjadi gempa magnitudo 6,7 di Malang pada Sabtu (10/4) pukul 14.00 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengumumkan telah terjadi gempa bumi dengan magnitudo 6,7 di barat daya Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (10/4). Gempa yang dinilai tidak berpotensai tsunami ini terasa di hamper seluruh wilayah Jawa Timur.

Berdasarkan keterangan BMKG, gempa yang terjadi pada pukul 14.00 WIB berada pada kedalaman 25 kilometer (km). Gempa berpusat di laut 90 km arah barat daya Kabupaten Malang, Jawa Timur, 95 km tenggara Kabupaten Blitar, Jawa Timur, 190 km Barat Daya Surabaya, Jatim, dan 700 km Tenggara Jakarta, Indonesia.

Advertisement

Mengutip Antara, gempa bumi hampir terasa di sejumlah wilayah Jawa Timur. Banyak masyarakat kaget dan keluar rumah di Malang. "Sempat dikira biasa, akhirnya semburat keluar rumah," kata Indah, warga Malang, seperti dikutip Antara, Sabtu (10/4).

Gempa juga terasa di Surabaya hingga membuat masyarakat terpaksa keluar rumah. Hal yang sama dirasakan sejumlah warga Sidoarjo yang mengaku merasakan goyang di tempat tinggal mereka.

Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda Teguh Tri Susanto membenarkan adanya gempa tersebut. "Info Gempa Magnitudo 6.7 pada 10 April 2021 pukul 14.00 yang berlokasi di 8.95 LS,112.48 BT (90 kilometer Barat Daya KAB-MALANG-JATIM), Kedalaman 25 Kilometer," katanya.

Berdasarkan keterangan yang berhasil dihimpun, gempa ini tidak menimbulkan bencana Tsunami, namun masyarakat tetap diimbau tetap waspada. Grup WhatsApp BMKG Juanda dilaporkan ada kerusakan rumah di wilayah Lumajang dan juga Blitar.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement