Deretan Bencana Alam Landa RI Awal 2021: Banjir, Gempa, Hingga Erupsi

Rizky Alika
18 Januari 2021, 20:01
bencana alam, banjir, gempa bumi
ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/foc.
Warga menggendong anaknya melintasi banjir di Desa Kampung Melayu, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Jumat (15/1/2021). Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor menyatakan peningkatan status siaga darurat menjadi tanggap darurat, keputusan itu diambil mengingat musibah banjir yang terjadi semakin meluas di beberapa daerah di Provinsi Kalimantan Selatan.

Awal 2021 bukan merupakan masa yang mudah bagi sebagian masyarakat Indonesia. Belum habis bulan Januari berjalan, sejumlah bencana alam telah melanda beberapa titik di Tanah Air.

Terbaru, 10 kabupaten dan kotamadya di Kalimantan Selatan diterjang banjir. Pemicunya, Sungai Barito tak mampu menampung debit air usai Provinsi tersebut diguyur hujan selama 10 hari.

Advertisement

Bahkan Presiden Joko Widodo sampai berkunjung ke Kalsel pada Senin (18/1) guna meninjau langsung penanganan dampak banjir. Presiden lalu memberikan tiga arahan yakni memperbaiki infrastruktur yang rusak, memastikan ketersediaan logistik warga, dan evakuasi masyarakat yang terjebak.

“Tiga hal ini penting sehingga kekurangan yang ada bisa dibantu pusat selain dari Provinsi, Kabupaten, dan Kotamadya,” kata Jokowi dalam konferensi pers di Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan seperti disiarkan Sekretariat Presiden.

Bencana hidrologi juga terjadi di Manado, Sulawesi Utara. Hujan yang mengguyur wilayah tersebut mengakibatkan banjir dan tanah longsor di wilayah tersebut.

Bahkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat enam orang meninggal dunia akibat bencana tersebut. Adapun kerugian material akibat banjir dan tanah longsor di antaranya dua rumah rusak berat dan 10 rumah rusak sedang.

Banjir juga menerpa Halmahera Utara dan mengakibatkan 2.863 orang mengungsi. Banjr terjadi usai hujan disertai angin kencang menerpa wilayah kepulauan tersebut pada Sabtu (16/1).

Hujan juga memicu tanah longsor di Cimanggung, Sumedang, Jawa Barat dan mengakibatkan 32 orang meninggal dunia. Longsor terjadi dua kali di lahan permukiman miring yakni Selasa (12/1) pada pukul 16.00 dan 19.00.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement