Program Beasiswa LPDP Dibuka, Ini jadwal dan Cara Pendaftarannya

Safrezi Fitra
6 Mei 2021, 19:05
lpdp, beasiswa lpdp, syarat beasiswa lpdp, mengajukan beasiswa, pendaftaran beasiswa, beasiswa negara, beasiswa pemerintah, kementerian keuangan, beasiswa luar negeri, beasiswa s2, beasiswa s3, beasiswa doktoral
Arief Kamaludin|KATADATA
Kementerian Keuangan membuka program beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) mulai 4 Mei-1 Juni 2021.

Kementerian Keuangan kembali membuka program beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) untuk tahun ini. Tidak hanya di luar negeri, beasiswa LPDP 2021 pun memfasilitasi warga negara Indonesia yang ingin mendaftar ke perguruan tinggi dalam negeri.

Pendaftaran beasiswa LPDP sudah dibuka mulai 4 Mei-1 Juni 2021 secara online.  Beasiswa ini ditujukan bagi lulusan S1/D4 yang ingin meneruskan ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu magister atau S2. Kesempatan juga terbuka bagi lulusan S2 yang ingin mendapat beasiswa ke jenjang doktoral atau S3.

Fasilitas biaya yang diberikan dalam program beasiswa LPDP berupa biaya pendidikan dan biaya transportasi.

Biaya pendidikan yang ditanggung meliputi: Biaya Pendaftaran, SPP/Tuition Fee, Tunjangan Buku Penelitian Tesis/Disertasi, Seminar Internasional dan Publikasi Jurnal Internasional.

Sementara biaya pendukungnya meliputi Transportasi, Aplikasi Visa/Residence Permit, Asuransi Kesehatan, Biaya Hidup Bulanan, Biaya Kedatangan, Biaya keadaaan darurat (jika diperlukan), dan Tunjangan keluarga (khusus doktoral).

Skema beasiswa LPDP 2021

  1. Beasiswa reguler diberikan untuk jenjang pendidikan Magister dengan masa studi paling lama 24 bulan Doktoral dengan masa studi paling lama 48 bulan.
  2. Pendaftar yang telah mempunyai dan mengunggah LoA Unconditional (Letter of Acceptance) wajib memilih 1 (satu) Perguruan Tinggi Tujuan Dalam ataupun Luar Negeri sesuai dengan daftar Perguruan Tinggi yang ada di LPDP.
  3. Pendaftar yang belum memiliki LoA Unconditional wajib memilih 3 Perguruan Tinggi Tujuan Dalam Negeri atau Luar Negeri yang ada dalam daftar Perguruan Tinggi LPDP dengan program studi yang sama.
 
LPDP

Persyaratan Beasiswa LPDP

Warga Negara Indonesia yang ingin mengikuti program beasiswa ini perlu mempersiapkan persyaratan dokumen berikut:

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...