Saung Angklung Udjo: Wisata Budaya dan Edukasi

Siti Nur Aeni
8 Juni 2021, 19:06
Saung angklung udjo, angklung, wisata budaya, wisata budaya, wisata seni, bandung
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/wsj.
Pemain angklung menggunakan pelindung wajah saat menghibur wisatawan di Saung Angklung Udjo, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (27/6/2020). Saung Angklung Udjo kembali membuka pertunjukan seni dengan media angklung bagi wisatawan domestik dan mancanegara dengan menerapkan protokol kesehatan di era normal baru.

Angklung menjadi salah satu alat musik tradisional khas Jawa Barat khusunya Bandung. Untuk mengenalkan alat musik tradisional tersebut banyak cara yang dapat dilakukan, salah satunya melalui pariwisata seperti yang dilakukan Saung Angklung Udjo. Mengenalkan musik tradisional menjadi salah satu hal yang harus dilakukan dengan tujuan agar semua generasi mengetahui tentang musik tradisional tersebut. Jangan sampai generasi masa kini lupa atau bahkan tidak mengenal tradisi dan kebudayaan yang kita miliki.

Sejarah Singkat Saung Angklung Udjo

Sebelum membahas lebih jauh tentang Saung Angklung Udjo alangkah baiknya jika kita mengenal terlebih dahulu apa itu angklung. Angklung adalah musik tradisional yang banyak dikembangkan oleh masyarakat Suku Sunda. Alat musik yang terbuat dari bambu yang dibentuk dengan sedemikian rupa ini dapat menghasilkan alunan musik yang indah.

Cara menggunakan alat musik yang satu ini yaitu dengan cara digoyangkan secara bersama-sama. Angklung memiliki banyak jenisnya, dan setiap jenis dari alat musik ini memiliki peran penting dalam memainkan irama di panggung.

Lambat laun angklung mulai kalah pamor dengan musik-musik modern yang lebih banyak menarik perhatian, terutama kaum muda. Makanya, banyak upaya yang dilakukan untuk melestarikan musik tradisional khas Sunda ini. Salah satunya dengan menjadikan pertunjukan angklung sebagai bagian dari daya tarik wisata seperti yang coba dikembangkan oleh penggagas dan pengelola Saung Angklung Udjo.

Saung Angklung Udjo merupakan sebuah tempat wisata budaya yang menjadikan angklung sebagai objeknya. Di tempat ini, para pengunjung akan disajikan berbagai fasilitas hiburan yang berhubungan dengan alat musik tradisional angklung.

Tempat wisata yang satu ini memberikan edukasi lengkap terkait musik tradisional angklung dan beberapa kebudayaan sunda lainnya. Edukasi budaya melalui pariwisata dirasa efektif karena penyampaiannya dilakukan dengan ringan namun tetap berisi. Orang yang belajar di tempat wisata edukasi juga lebih merasa nyaman dibandingkan belajar di kelas-kelas khusus. Bagi anak-anak, proses belajar sambil bermain lebih menarik dan menyenangkan dibandingkan metode belajar lainnya.

Saung Angklung Udjo berdiri sejak 1966 dan terus konsisten bertransformasi menjadi pusat pelestarian musik tradisional angklung. Saung ini didirikan oleh seniman angklung bernama Mang Udjo dan istrinya Uum Sumiati. Kecintaan mereka terhadap budaya sunda menjadi awal mula lahirnya saung ini.

Saung ini berlokasi di Jalan Padasuka nomor 118, Bandung, Jawa Barat. Tempat yang cukup strategis untuk kamu datangi saat berkunjung ke Bandung, Jawa Barat.

PAMERAN SENI DI SAUNG ANGKLUNG UDJO
PAMERAN SENI DI SAUNG ANGKLUNG UDJO (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/aww.)
 

Walaupun namanya saung angklung, budaya tradisi sunda lainnya juga ada di tempat ini. Pertunjukan seni tradisional yang ada di tempat ini menjadikan eksistensi dari tradisi sunda tetap terjaga dengan baik.

Setelah ditinggal Mang Udjo, saung ini tetap ada, dirawat dan diteruskan oleh anak-anaknya. Saung angklung ini menjadi salah satu aset berharga untuk Bandung karena menjadi salah satu pusat pelestarian budaya khas Jawa Barat yang mulai memudar di tengah era modern.

Pentas Seni di Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo selalu memiliki daya tarik tersendiri. Hal yang banyak dinanti ketika berkunjung ke tempat ini adalah pentas seni atau pertunjukan seni yang aktif di tempat ini. Pertujukan seni yang ada di tempat ini biasanya di laksanakan sekitar pukul 15.30 sampai 17.30. Waktu dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada kebijakan dari pengelola saung tersebut.

Berikut beberapa pementasan seni di Saung Angklung Udjo.

1. Pertunjukan Angklung

Seperti namanya sudah pasti di saung ini terdapat pertunjukan angklung. Pentas seni musik angklung dikemas dengan gaya modern dan menyesuaikan selera penikmatnya. Jika dahulu angklung hanya digunakan untuk mengiringi lagu-lagu sunda, saat ini angklung dimainkan secara orkestra, mengiringi berbagai jenis lagu termasuk lagu hits kekinian.

Hal tersebut menjadi bukti musik tradisional juga dapat bertransformasi mengikuti perkembangan zaman tanpa menghilangkan nilai tradisi dan kebudayaan di dalamnya. Akulturasi di tengah pertunjukan orkestra angklung di Saung Angklung Udjo menjadi keunikan dan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...