Bio Farma Telah Terima 115,5 Juta Dosis Bahan Baku Vaksin Covid-19

Safrezi Fitra
13 Juli 2021, 10:35
Bio Farma, vaksin covid-19, covid-19, bahan baku vaksin, program vaksinasi, vaksin biofarma, produksi vaksin biofarma
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/pras.
Bio Farma.

PT Bio Farma mengungkapkan hingga kini telah menerima total 115,5 juta bahan baku vaksin virus corona. Pada Senin (12/7), sekitar 10 juta dosis bahan baku pembuatan vaksin Covid-19 jenis Sinovac telah tiba di Indonesia.

Bahan baku ini selanjutnya diolah oleh Bio Farma menjadi vaksin. Juru bicara vaksinasi Covid-19 PT Bio Farma Bambang Haryanto mengatakan sejauh ini Bio Farma tidak mengalami kendala dalam hal pasokan bahan baku pembuatan vaksin Covid-19.

Hingga 11 Juli 2021, Bio Farma telah memproduksi 80,2 juta dosis vaksin Covid-19. Holding BUMN farmasi ini menargetkan produksi 93 juta dosis vaksin Covid-19 jenis Sinovac pada Agustus 2021.

Bambang mengatakan alokasi produksi bahan baku vaksin Sinovac tersebut secara keseluruhan untuk mendukung program pemerintah. “Keseluruhan vaksin yang diproduksi oleh Bio Farma dari bulk Sinovac itu semuanya untuk program vaksinasi Covid-19 oleh pemerintah,” ujarnya kepada Katadata.co.id, Selasa (13/7).

Dari total 80,2 juta dosis vaksin yang sudah diproduksi, sebanyak 62,5 juta dosis vaksin telah mendapatkan sertifikat lot release dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Sisanya, 17,5 juta dosis lagi diharapkan segera mendapatkan sertifikat serupa.

Lot release merupakan salah satu syarat dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang digunakan untuk memastikan kualitas vaksin. Proses evaluasinya dilakukan oleh Otoritas Obat setiap negara terhadap hasil uji atau review dokumen mutu lot/batch setiap produk vaksin.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...