Monumen Kapal Selam Surabaya, Saksi Kemenangan Operasi Trikora

Image title
23 Agustus 2021, 15:23
Monumen Kapal Selam yang terletak di Jalan Pemuda No. 39, Kota Surabaya, monkasel surabaya, Monumen Kapal Selam
bappeko.surabaya.go.id
Monumen Kapal Selam yang terletak di Jalan Pemuda No. 39, Kota Surabaya.

Monumen Kapal Selam atau disingkat Monkasel merupakan sebuah monumen yang dibangun menggunakan kapal selam asli. Monumen ini terletak di Jalan Pemuda No. 39, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Data Dinas Pariwisata Jawa Timur mencatat Monumen Kapal Selam dibuat dari kapal selam KRI Pasopati 410. Salah satu kapal selam milik armada Angkatan Laut Republik Indonesia buatan Uni Soviet tahun 1952.

Kapal selam ini pernah dilibatkan dalam Pertempuran Laut Aru untuk membebaskan Irian Barat dari pendudukan Belanda. Semenjak digunakan sebagai museum, pengunjung dapat menikmati interior kapal serta menonton film tentang proses peperangan yang terjadi di Laut Aru.

Saat ini, Monumen Kapal Selam merupakan salah satu tempat wisata di Surabaya yang ramai dikunjungi karena unik, edukatif, dan menarik.

Sejarah KRI Pasopati 410

KRI Pasopati dengan nomor lambung 410 termasuk jenis SS tipe Whiskey Class yang dibuat di Vladi Wostok, Rusia pada tahun 1952 dengan tugas pokok menghancurkan garis lintas musuh (anti shipping), mengadakan pengintaian, dan melakukan silent raids.

Selama pengabdiannya, KRI Pasopati 410 banyak berperan aktif menegakkan kedaulatan negara dan hukum laut, misalnya dalam Operasi Trikora KRI Pasopati terlibat langsung di garis depan.

Berdasarkan buku berjudul Cuplikan Sejarah Perjuangan TNI-Angkatan Darat yang ditulis oleh Dinas Sejarah Militer dan Fa Mahjuma, Operasi Trikora bermula saat Belanda melakukan pelanggaran pada tahun 1961 di Irian Barat.

Setelah melalui beberapa perundingan dan diskusi bersama PBB, pihak Belanda dan Indonesia tidak mencapai mufakat sehingga diputuskan untuk menempuh jalur militer. Pemerintah Indonesia melalui Presiden Soekarno menyerukan operasi militer pembebasan Irian Barat yang dikenal dengan sebutan Operasi Trikora, yaitu operasi militer terbesar dalam sejarah Republik Indonesia untuk merebut Irian Barat dari kekuasaan Belanda.

KRI Pasopati 410 dinonaktifkan dari jajaran TNI Angkatan Laut pada 26 Januari 1990. Kemudian diubah menjadi Monumen Kapal Selam untuk mengenang perjuangan Operasi Trikora serta mengabadikan kapal selam tersebut.

Pembangunan Monkasel dimulai pada tanggal 1 Juli 1995 ditandai dengan peletakan batu pondasi pertama oleh Gubernur Jawa Timur, Basofi Sudirman, bersama Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda (Laksda) TNI Gofar Soewarno dan baru dibuka pada tanggal 15 Juli 1998.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...