Mau Curi Perhatian HRD? Ini Contoh CV yang Baik

CV merupakan lampiran pekerjaan yang cukup penting dan menjadi wadah bagi pelamar untuk mempromiskan serta memperkenalkan diri. Berikut contoh CV dan hal-hal yang harus diperhatikan ketika membuatnya.
Image title
27 Agustus 2021, 10:34
Ilustrasi membuat contoh CV lamaran kerja, contoh cv, contoh daftar riwayat hidup, daftar riwayat hidup
Startup Stock Photos/Pexels
Ilustrasi membuat contoh CV lamaran kerja.

Bagi sebagian besar pencari kerja, tidak ada yang lebih ditunggu selain informasi lowongan pekerjaan. Apalagi kalau posisi dan perusahaan yang membuka lowongan sesuai dengan minat. Namun, untuk berhasil diterima di suatu perusahaan tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada banyak pesaing yang juga mengincar posisi yang sama. Karenanya, penting untuk memperhatikan setiap lampiran lamaran pekerjaan yang akan dikirim ke perusahaan.

Curriculum vitae (CV) atau riwayat hidup menjadi salah satu lampiran yang tidak bisa dianggap sepele ketika melamar pekerjaan. Lampiran CV bisa digunakan untuk mempromosikan diri. Bagi seorang pelamar, CV merupakan wadah untuk memperkenalkan diri kepada perusahaan. CV memuat berbagai informasi tentang pelamar, mulai dari biodata, riwayat pendidikan, organisasi, pengalaman kerja, hingga keahliaan khusus yang dimiliki.

Sementara itu, bagi perusahaan CV bisa menjadi informasi penting apakah posisi yang ditawarkan cocok dengan pelamar tertentu atau tidak.

Sebelum menulis CV ada baiknya untuk memahami poin apa saja yang harus dicantumkan dalam daftar riwayat hidup. Jangan sampai CV yang dikirim tidak memuat informasi yang jelas, terlalu bertele-tele, atau yang paling parah tidak merepresentasikan pelamar itu sendiri. Akibatnya, ketika sesi wawancara malah kebingungan saat memperkenalkan diri.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat CV:

1. Identitas diri

Hal pertama yang perlu diperhatikan ketika membuat CV adalah menulis data diri dengan benar dan sesuai keadaan. Pada bagian identitas diri, pelamar bisa mengisinya dengan nama lengkap, usia, tempat dan tanggal lahir, alamat, nomor telepon, alamat email, atau sosial media.

2. Riwayat pendidikan

Riwayat pendidikan juga menjadi salah satu poin penting dalam CV. Beberapa pelamar mencantumkan riwayat pendidikan urut mulai dari SD, SMP, SMA, hingga jenjang universitas. Namun, ada juga yang memulainya dengan pendidikan terakhir terlebih dahulu. Jangan lupa juga cantumkan jangka waktu mengemban tiap jenjang pendidikan.

Apabila pernah menempuh pendidikan informal, bisa juga dimasukan dalam riwayat pendidikan.

3. Pengalaman kerja dan organisasi

Jika sudah pernah bekerja sebelumnya, ada baiknya untuk mencantumkannya dalam CV. Anda bisa mencantumkan nama perusahaan tempat bekerja sebelumnya, posisi yang ditempati, tanggung jawab yang diemban, durasi bekerja, jenjang karier, dan capaian apa saja yang pernah diraih selama bekerja di perusahaan sebelumnya.

Selain itu, tuliskan juga pengalaman organisasi yang pernah diikuti. Deskripsikan secara detail organisasi apa yang pernah diikuti, jabatan apa yang pernah diduduki, serta berapa lama masa bakti Anda dalam organisasi. Pengalama organisasi bisa jadi nilai tambah bagi perusahaan, terlebih jika posisi yang ditempati posisi yang punya peranan besar dalam operasional organisasi.

4. Keahlian pribadi

Lampirkan keahlian pribadi yang dimiliki yang mampu menunjang pekerjaan. Tulis juga kualifikasi khusus yang dimiliki dan capaian yang pernah diraih berkat kemampuan tersebut.

5. Capaian/ penghargaan

Tulislah capaian dan penghargaan khusus yang pernah Anda raih. Rincikan capain tersebut dalam bidang apa, tahun berapa, dan seberapa besar pengaruhnya.

6. Singkat, Padat, dan Jelas

Sebisa mungkin tulis riwayat hidup Anda secara singkat, padat, dan jelas. Gunakan kata-kata yang baik, efisien, dan tidak bertele-tele. Hindari menulis hal-hal yang tidak penting atau tidak berkaitan langsung dengan pekerjaan yang Anda incar. Tulis setiap riwayat dengan runut sesuai tanggal dan tidak acak.

Berikut contoh CV lamaran kerja (formal):

***

Daftar Riwayat Hidup

Data Pribadi

Nama                                    : ............................

Jenis Kelamin                     : ............................

Tempat, tanggal lahir      : ............................

Kewarganegaraan           : ............................

Status Perkawinan          : ............................

Tinggi, dan berat badan : ............................

Agama                                  : ............................

Alamat                                  : ............................

Nomor HP                           : ............................

E-mail                                    : ............................

Pendidikan

  • Formal

2015 – 2019: Universitas (.....)

2012 – 2015: SMA (.....)

2009 – 2012: SMP (.....)

2004 – 2009: SD (.....)

  • Non Formal

2012 – 2013: Kursus (.....)

2010 – 2012: Kursus (.....)

Kemampuan

  • Bahasa Inggris
  • Microsoft word, power point, exel
  • Photoshop
  • Photography & Videography
  • Adobe Premiere, Sony Vegas Pro

Pengalaman Kerja

Bekerja di            : (.....)

Periode                 : (.....)

Status                   : (.....)

Posisi                     : (.....)

  • Uraian singkat pekerjaan

Selama bekerja di (.....) sebagai (.....), saya bertugas untuk (...............................................................)

***

Selain CV formal seperti di atas, di era digital, sebagian orang memanfaatkan software-software editing untuk mempercantik penampilan CV. Cara ini berguna untuk membedakan CV Anda dengan tumpukan CV lainnya di meja HRD. Tampilan CV yang cantik tentu akan menarik perhatin orang yang melihatnya.

Namun, jangan khawatir apabila Anda tidak punya keahlian dalam menggunakan software-software editing. Untuk mempercantik tampilan CV, Anda bisa mengunduh template CV, baik yang gratis maupun berbayar, yang tersebar di jejaring internet.

Berikut beberapa link untuk mengunduh CV modern:

https://lindiipeacefoundation.org/build-professional-resume-in-minutes/

https://dweebsglobal.org/resumes/

https://dyp.im/template-cv-resume-siap-edit/

https://www.freesumes.com/free-resume-templates-for-ms-word/

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait