Pemandangan Ala Eropa, Ini 7 Destinasi Wisata Bogor

Kota Bogor cocok dijadikan tujuan wisata, khususnya bagi warga kawasan Jabodetabek. Beberapa destinasi wisata Bogor bisa membantu merilekskan sejenak pikiran dari padatnya aktivitas perkotaan.
Image title
9 September 2021, 14:44
wisata bogor, wisata alam bogor, tempat wisata di bogor
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/foc.
Warga menikmati keindahan alam wisata kebun teh, Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Walaupun termasuk kota yang padat, Bogor nyatanya menampung banyak tempat wisata yang layak dikunjungi para pelancong. Banyak dari wisatawan lokal dan mancanegara yang mulai melirik kota berjuluk kota hujan ini.

Tingginya minat wisatawan berkunjung ke Bogor dipicu banyaknya pilihan lokasi wisata dengan beragam pemandangan yang memanjakan mata. Terlebih status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Kota Bogor sudah turun dari level 4 ke level 3 pada akhir Agustus 2021.

Mal, rumah makan, hingga restoran kembali beroperasi walaupun dengan aturan pembatasan kapasitas pengunjung.  Selain itu, pengunjung juga wajib menerapkan protokol kesehatan (prokes), seperti memakai masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut 7 destinasi wisata Bogor!

Advertisement

1. Little Venice Kota Bunga

Sesuai namanya, Little Venice menawarkan pemandangan ala kota kanal Venesia, Italia. Destinasi wisata yang merupakan bagian dari wisata Kota Bunga ini menawarkan pengunjung sensasi mendayung gondola di kanal-kanal tiruan Venesia.

Destinasi imitasi ini berada di komplek Villa Estate dan dilengkapi dengan bagunan bergaya Italia di antara lintasan kanal air.

Selain berswafoto, ada banyak pilihan kendaraan air yang bisa digunakan pengunjung untuk berkeliling Little Venice, seperti gondola, banana boat, sepeda air, perahu, kapal, perahu naga, bubble ball, sampai robber boat kapal Mississippi.

Untuk menikmati pemandangan serupa Italia ini, ada beberapa pilihan harga, yakni paket fun; Rp 90.000 per orang dan paket happy; Rp 60.000 per orang. Tentunya, harga tersebut sesuai dengan fasilitas yang didapat tiap pengunjung, termasuk arena permainan yang bisa dipilih.

Little Venice dibuka setiap hari dengan jam operasional Senin – Jumat pukul 09.00 – 16.30 WIB dan Sabtu – Minggu pukul 08.00 – 18.00 WIB.

2. Telaga Warna

Bukan hanya di Dieng, Jawa Tengah, Telaga Warna juga jadi salah satu destinasi wisata andalan Kota Bogor.

Telaga yang berlokasi di Jalan Raya Puncak, Cianjur, Desa Tugu Utara, Cisarua ini punya warna air danau yang bisa berubah-ubah dari kehijauan menjadi kuning terang. Dalam kondisi tertentu Telaga ini bisa berwarna coklat.

Selain menikmati pemandang Telaga Warna yang sejuk, di sini pengunjung juga bisa mencoba beberapa fasilitas yang disediakan, seperti flying fox, jogging track, dan menara dengan ketinggian 13,5 meter sambil mengamati ragam satwa yang tersebar di sekitar area wisata.

Telaga Warna sudah diresmikan sejak 1972 dan merupakan bagian dari cagar alam Gunung Mega Mendung dan Gunung Hambalang. Telaga ini memiliki luas sekitar 1,5 hektar dan dikelilingi pepohonan rindang. Di sini pengunjung juga disuguhi pemandangan kebun teh dan persawahan nan asri.

3. Taman Sakura Kebun Cibodas

Jika ingin merasakan sensasi dikelilingi bunga sakura ala negara matahari terbit, Jepang, Anda bisa mengunjungi Taman Sakura di Kebun Raya Cibodas, Cianjur, Jawa Barat. Di sini wisatawan akan dikelilingi sekitar 400 pohon sakura.

Dari 308 jenis sakura di dunia, hanya ada 7 spesies sakura yang bisa tumbuh di Kebun Raya Cibodas dan spesies tertuanya adalah Prunus Cerasoides yang ditanam pertama kali pada 13 Mei 1971.

Pohon sakura di Kebun Raya Cibodas ini sudah ditanam dan dirawat sejak 1971 guna memperkaya taman tematik yang ada di Kebun Raya Cibodas. Untuk taman sakuranya sendiri baru beres dibangun  pada Desember 2007 di lahan seluas 7.500 meter persegi (m2).

Kalau Anda datang ke Kebun Raya Cibodas untuk menikmati indahnya bunga sakura, jangan sampai salah hari. Pasalnya, bunga ini hanya mekar dua kali dalam setahun, tepatnya pada bulan Januari-Februari dan Juli-Agustus. Setelah mekar, bunga ini hanya bertahan selama 4 hari. Jadi pastikan Anda tidak ketinggalan.

4. Pondok Rasamala

Pondok Rasamala berada di Kawasan Wisata Gunung Salak Endah, Jalan Gunung Bunder, Gunung Sari, Pamijahan Bogor Barat. Destinasi wisata yang satu ini menawarkan sensasi menginap di antara rindangnya pohon pinus.

Tidak perlu repot-repot menyediakan tenda dan perbekalan, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 900.000 – Rp 4 juta untuk bisa bermalam dengan fasilitas yang memadai.

Mengutip laman resmi Pondok Rasamala, terdapat 15 unit bungalow, 8 unit glamourous camping (glamping), dan 6 lot camp site beragam tipe dengan desain berbeda-beda di setiap unitnya, saung dan ruang pertemuan, kolam renang, jogging track, taman bunga, hingga air sungai yang jernih.

Selain itu, ada banyak objek wisata alami lainnya yang bisa dikunjungi wisatawan, seperti Wana Wisata Kawah Ratu, Curug Seribu, Kondang, Pangeran, Gua Lumut, Lembah Tepus, Balong Endah, Curug Cigamea, dan Air Panas Ciparay.

5. Highland Park Resort

Highland Park Resort menawarkan pengunjung untuk menginap di hotel dengan sensasi berkemah ala tenda Mongolia dan Indian (Apache) dengan latar pemandangan Gunung Salak.

Hotel yang berlokasi di Curug Nangka, Sinarwangi, Taman Sari ini memiliki fasilitias yang cukup komplit, mulai dari kolam renang, futsal, flying fox, karaoke, sampai food reflexology.

Meneruskan laman resmi The Highland Park Resort Bogor, di masa pandemi, pihak hotel mengharuskan para pengunjung yang hendak memasuki area hotel untuk membuat reservasi terlebih dahulu melalui telepon atau WhatsApp di nomor 08558132999, dan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang berlaku.

Adapun aktivitas yang ditawarkan, yaitu shooting target, edu camp (sekolah maupun keluarga), zip bike, high rope, dan low rope.

6. Bukit Alesano

Di Bukit Alesano pengunjung bisa bermalam sambil menikmati pemandangan alam berupa megahnya Kota Bogor. Selain itu, wisatawan juga disuguhkan megahnya Gunung Salak -  Gede Pangrango yang terihat jelas dari puncak Alesano.

Karena masih tergolong destinasi wisata baru, Bukit Alesano masih belum dikelola secara resmi. Pengunjung juga bisa masuk dengan tarif sukarela.

7. Devoyage

Satu lagi destinasi wisata ala Eropa, yakni Devoyage. Tempat ini terletak di Jalan Boulevard Bogor Nirwana Residence Mulyaharja, Bogor Selatan.

Devoyage menyuguhkan sejumlah landmark negara-negara maju, seperti Menara Eiffel, Bryggen Mini, serta kanal ala Venesia dengan tarif antara Rp 25.000 untuk weekdays dan Rp 35.000 untuk weekend.

Mengutip laman Devoyage Bogor, ada beragam fasilitias yang tersedia sesuai dengan keinginan pengunjung. Untuk fasilitas holiday tersedia venetian cano, house of games, dan playground. Untuk fasilitas selfie pengunjung bisa berfoto di area Eiffel Tower - France, Windmill – Holland, mannekan pis, red phone box – England, dan big ben – London.

Untuk fasilitas foodies, Devoyage menyediakan coffee table, street food, eatery house, gelato ice cream, dan gold chicken.

Selain itu, ada banyak paket lainnya yang bisa dipilih pengunjung, seperti paket gathering, team building, prewed, akad, cooking class, birthday, corporate, PSBB, travel, dan venue.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait