18 Rekomendasi Makanan Jepang yang Unik

Jepang memiliki banyak makanan lezat dan bergizi. Makanan Jepang mempunyai ciri khas dan rasanya lezat. Berikut 18 rekomendasi makanan Jepang yang unik.
Dwi Latifatul Fajri
14 September 2021, 12:50
18 Rekomendasi Makanan Jepang yang Unik
EKATERINA BOLOVTSOVA/Pexels

Jepang memiliki banyak makanan lezat dan bergizi. Contohnya, onigiri atau nasi kepal khas Jepang. Onigiri dibuat dari beras Jepang yang dibentuk segitiga, berisi daging, dan rumput laut. Onigiri menyehatkan karena mengandung karbohidrat, protein, dan zat gizi lainnya.

Selain onigiri, banyak makanan populer Jepang lainnya, seperti sashimi, onigiri, tempura, ramen, udon, sushi, takoyaki, yakitori, dan masih banyak lagi.

Ciri Khas Makanan Jepang

Mengutip dari Japan-guide.com, umumnya masakan Jepang terbuat dari hasil pertanian dan makanan laut. Jepang juga tidak menggunakan bumbu rempah-rempah dari biji-bijian atau rempah yang dihaluskan.

Masakan Jepang juga tidak memakai bumbu berbau tajam seperti bawang putih. Umumnya masakan Jepang mengandung kadar garam tinggi dan rendah lemak.

Makanan Khas Jepang yang Unik

Sama seperti Indonesia, Jepang memiliki makanan manis tradisional, yang disebut Wagashi. Biasanya jajanan tradisional ini dinikmati dengan secangkir teh hijau. Makanan manis di Jepang biasanya musiman.

Makanan manis populer adalah pasta kacang azuki manis atau anko. Anko menjadi bahan utama untuk manisan Jepang. Kacang jenis azuki ini direbus dengan gula kemudian dihaluskan sampai menjadi ako halus (koshian) dan anko tebal (tsubuan).

Bahan populer untuk membuat manisan adalah kue beras (mochi), agar-agar Jepang (kanten), pasta, wijen dan masih banyak lagi. Wagashi banyak ditemukan di kafe, restoran, tempat wisata, sampai taman.

Jenis Wagashi:

1. Dango

Dango menjadi makanan tradisional manis populer. Kudapan ini sering diperlihatkan di anime (kartun Jepang) dan dorama (Drama Jepang).

Dango berbentuk bulat, berwarna coklat, kecil, dan kenyal. Bentuk Dango hampir sama seperti sate. Dalam satu tusuk ada tiga atau empat buah. Dango dibuat dari tepung beras, saus manis, dan pasta kacang. Dango biasanya disajikan sebagai makanan penutup.

2. Dorayaki

Mungkin Anda mengingat dorayaki dari kartun Doraemon. Doraemon adalah robot kucing dari masa depan yang kembali ke masa lalu. Dia sangat menyukai kue dorayaki.

Dorayaki dibuat dari pasta kacang manis di bagian tengah, lalu dilapisi dengan roti pancake. Selain pasta kacang manis, isian kue dorayaki bisa diganti dengan krim coklat, krim rasa teh hijau, dan krim custard.

3. Namagashi

Namagashi bisa juga disebut permen mentah. Makanan manis yang terbuat dari tepung beras dan di dalamnya pasta kacang manis. Bentuk Namagashi yang dibuat tangan merefleksikan musim. Permen ini bisa berbentuk daun dan bunga.

Namagashi biasanya menjadi kudapan ketika minum teh. Kini, makanan manis tersebut bisa dinikmati tiap hari bersama dengan teh hijau.

4. Daifuku

Daifuku terbuat kue beras (mochi) yang dilembutkan. Mochi ini menjadi pembungkus pasta kacang manis di dalamnya. Bentuk daifuku biasanya bulat kecil. Ukuran daifuku sekitar 3 cm atau seukuran telapak tangan.

Daifuku ditutupi tepung kentang supaya tidak saling menempel. Manisan ini paling umum berwarna putih, hijau pucat, atau merah muda. Kini daifuku banyak inovasi dan isian. Versi daifuku paling populer adalah stroberi (ichigo), kacang-kacangan (mame), dan es krim. Daifuku harus cepat dimakan karena mudah mengeras jika dibiarkan terbuka.

5. Taiyaki

Taiyaki termasuk makanan manis asal Jepang yang populer di Indonesia. Taiyaki berbentuk seperti ikan. Kue ini biasanya dijual di pinggir jalan di Jepang.

Nama Taiyaki berasal dari kata 'Tai' yang diambil dari salah satu jenis ikan. Bentuk kue taiyaki ini berasal dari ikan sea bream merah. Konon, ikan ini berharga sangat mahal. Ada juga yang bilang red sea bream ini adalah ikan yang membawa keberuntungan.

Adonan taiyaki adalah pancake atau waffle. Sementara isi di dalamnya adalah pasta kacang merah manis. Kini, isian taiyaki bisa beragam, ada coklat, keju, ubi jepang sampai sosis.

6. Manju

Manju adalah roti kukus atau dipanggang. Isi di dalam manju adalah pasta kacang manis atau makanan manis lainnya. Kue Manju ini bentuknya seperti daun maple atau momiji.

Manju adalah kue khas dari Hiroshima. Warnanya kecoklatan dan isi di dalamnya bisa beraneka ragam. Tekstur kue manju lembut dan manis. Selain pasta kacang, kue ini juga bisa diisi keju, cokelat dan selai buah.

7. Amitsu

Amitsu merupakan makanan penutup (dessert) tradisional khas Jepang. Isi didalam amitsu beraneka ragam seperti potongan buah-buahan, gula merah, satu sendok es krim, mochi, jelly, pasta kacang merah, sampai agar-agar.

Amistsu disajikan dengan kuromitsu atau sirup hitam. Bahan sirup hitam tersebut adalah gula merah Okinawa. Amitsu cocok dimakan saat musim panas. Terbuat dari berbagai bahan, rasa amitsu manis dan segar.

8. Oshiruko atau Zenzai

Merupakan sup yang terbuat dari kacang manis dan kue beras panggang (mochi) di bagian atas. Sup kacang merah ini halus dan kental ketika dimakan. Zenzai terbuat dari kacang azuki manis yang sudah direbus kemudian ditumbuk.

Makanan ini bisa disebut sup kacang merah. Oshiruko cocok disantap dalam udara dingin. Rasanya hangat dan manis.

9. Yokan

Yokan merupakan kue manis khas Jepang, berbentuk seperti jeli. Bagian dalam Yokan adalah pasta kacang merah, gula hitam, atau teh hijau. Ukuran Yokan biasanya kecil seperti sebungkus permen karet.

Bentuk makanan manis ini adalah persegi panjang, namun ada juga berbentuk elips. Kini Yokan terdiri dari berbagai rasa dan warna. Yokan bisa diiris tipis-tipis untuk dinikmati dengan teh hijau.

Ada dua jenis yokan yaitu Neri Yokan dan Mizu Yokan. Neri Yokan lebih padat dan tidak lengket karena dibuat dari sedikit air. Sedangkan Mizu Yokan teksturnya kenyal karena terbuat dari air yang cukup banyak.

10. Monaka

Monaka adalah wafer yang bagian dalamnya pasta kacang manis. Jika dilihat, monaka seperti es krim kue, yaitu bagian luarnya keras sementara bagian dalam lembut.

Monaka memiliki beragam bentuk dan variasi ukuran. Ada yang berbentuk bulat sampai dirancang seperti bunga. Inovasi dari Monaka adalah isian es krim.

Makanan Khas Jepang Lainnya:

11. Aburaage (Tahu Goreng)

Abuurage adalah tahu goreng yang biasanya digunakan sebagai lauk. Tahu goreng ini dipotong tipis-tipis kemudian digoreng. Selain itu Aburaage bisa diberi isian bagian dalam.

Aburaage bisa menjadi hiasan makanan dalam sup miso atau udon. Hal ini karena abuurage bentuknya tipis dan bisa dimodifikasi.

12. Koyadofu (tahu kering beku)

Koyadofu merupakan tahu kering beku berbentuk kotak dan kenyal. Koyadofu diambil dari nama Gunung Koya, kemudian menjadi makanan lokal daerah tersebut.

Koyadofu dapat menyerap saus atau sup. Sehingga makanan ini biasanya menjadi lauk dalam ramen, udon, dan masakan Jepang lainnya.

13. Fugu

Jika Anda ingin merasakan masakan yang berbeda di Jepang, cobalah Fugu. Fugu adalah ikan buntal yang disajikan mentah seperti sashimi atau dimasak dalam wadah besar.

Ikan buntal menjadi makanan lezat di Jepang. Namun ada beberapa bagian tubuh yang mematikan dan beracun. Cara memotong dan mengolah ikan fugu dikontrol ketat oleh pemerintah. Koki yang berpengalaman dan memiliki sertifikat resmi yang mengolah ikan ini.

14. Gyudon

Gyudon adalah daging sapi yang ditaruh di atas nasi. Gyu dalam bahasa Jepang artinya sapi. Daging sapi diiris tipis diatas nasi hangat. Kemudian bagian atas ditaburi bawang bombay, mirin, dan kecap. Kemudian diberi rebusan kaldu dashi. Terkadang bagian atas gyudon disajikan telur setengah matang yang dicampur dengan daging.

15. Gyutan

Gyutan artinya lidah sapi. Makanan ini adalah lidah sapi yang dipanggang dengan berbagai bahan. Supaya enak bumbu lidah sapi ini adalah garam atau saus berbeda (biasanya lemon) dan daun bawang. Daging yang disajikan tipis, empuk, dan gurih.

16. Kushikatsu

Merupakan hidangan besar yang berisi daging, ikan, atau sayuran yang digoreng renyah. Selain itu ada makanan lain yang bisa ditambahkan yaitu rebung, akar teratai, tulang rawan (nankotsu), dan ampela (sunagimo).

Beberapa daerah menggunakan bahan kushikatsu yang berbeda. Daerah Osaka dan Tokyo menggunakan iga babi (kushikatsu), daerah Nagoya memakai miso, lobak, urat daging sapi, dan jeroan.

17. Oden

Oden adalah hidangan yang bisa dinikmati ketika musim dingin. Hidangan ini disajikan dalam satu panci besar yang berisi sup diisi beberapa makanan. Makanan ini terdiri dari telur, sayuran, kue ikan, dan lobak. Beberapa restoran dan toko menyediakan menu oden dalam satu paket.

18. Natto

Natto adalah kedelai fermentasi dan berbau menyengat. Mengutip dari livejapan.com, natto adalah makanan yang dikonsumsi dan disukai orang Jepang. Namun, orang asing yang tinggal di Jepang kebanyakan tidak menyukai natto karena baunya.

Natto biasa disajikan diatas nasi dan diberi beberapa tetes kecap asin. Natto juga bisa disajikan dengan telur mentah Jepang kemudian diaduk.

Itulah 18 rekomendasi makanan khas Jepang yang unik dan lezat. Kalian bisa menikmati makanan khas Jepang ini ketika berlibur di Jepang.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait