11 Penyebab Telat Menstruasi dan Ciri Siklus Haid yang Tidak Normal

Image title
15 September 2021, 18:09
Penyebab telat menstruasi, penyebab siklus haid tidak teratur
Freepik
Siklus menstruasi biasanya terjadi setiap 28 hari. Nmaun di beberapa kondisi, siklus ini bisa saja maju lebih cepat atau bahkan mundur beberapa hari.

Mengetahui penyebab telat menstruasi dan ciri haid yang tidak teratur, sangat penting bagi perempuan. Siklus haid atau menstruasi umumnya terjadi pada setiap 28 hari. Namun di beberapa kondisi, siklus ini bisa saja menjadi lebih panjang dari biasanya yang mengakibatkan terlambatnya peluruhan dinding rahim.

Ada beberapa faktor yang bisa memengaruhi hormon dan mengakibatkan menstruasi tidak teratur. Siklus menstruasi yang sehat dapat berkisar dari setiap 21 hingga 35 hari. Rentang toleransi waktu maju atau mundur haid wanita biasanya selama lima hari.

Advertisement

Siklus Menstruasi Normal

Siklus menstruasi teratur ditandai dengan durasi yang sama setiap bulannya. Menstruasi bisa menimbulkan nyeri ringan atau berat atau bahkan tanpa rasa sakit. Semuanya masih dianggap normal apabila kamu masih mengalami menstruasi teratur setiap bulannya dengan siklus 21–35 hari. Namun, saat mendekati menopause, siklus mungkin menjadi tidak teratur lagi.

Selama setiap siklus menstruasi, sel telur berkembang dan dilepaskan dari ovarium dan lapisan rahim menumpuk. Jika kehamilan tidak terjadi, lapisan rahim luruh selama periode menstruasi. Kemudian siklus dimulai lagi.

Selama beberapa tahun pertama menstruasi dimulai, seorang wanita mungkin mengalami siklus menstruasi yang cukup panjang. Namun, siklus menstruasi cenderung memendek dan menjadi lebih teratur seiring bertambahnya usia.

Ciri Siklus Haid Tidak Normal

Kebanyakan wanita mengalami periode menstruasi yang berlangsung selama empat hingga tujuh hari. Menstruasi biasanya terjadi setiap 28 hari, tetapi siklus normalnya berkisar 21 hari hingga 35 hari. Siklus menstruasi yang tidak normal biasanya ditandai dengan hal berikut ini:

  1. Siklus yang terjadi kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari.
  2. Melewatkan tiga atau lebih siklus menstruasi berturut-turut.
  3. Aliran menstruasi yang jauh lebih deras atau lebih ringan dari biasanya.
  4. Periode menstruasi yang berlangsung lebih dari tujuh hari.
  5. Disertai nyeri, kram, mual, atau muntah saat menstruasi.
  6. Mengalami pendarahan atau bercak yang terjadi di luar siklus. Pendarahan dapat terjadi setelah menopause atau setelah berhubungan intim.

Penyebab Telat Menstruasi

Jika mengalami perubahan siklus yang mengakibatkan terlambatnya menstruasi, Anda tidak perlu panik. Bisa jadi beberapa hal di bawah ini menjadi penyebab telat menstruasi.

1. Stres

Stres dapat mengubah hormon Anda, mengubah rutinitas harian, bahkan memengaruhi bagian otak Anda yang bertanggung jawab untuk mengatur periode hipotalamus Anda .

Saat stres, produksi hormon gonadotropin dan kinerja hipotalamus, yaitu bagian otak yang bertanggung jawab mengatur siklus menstruasi, akan terganggu. Hal inilah yang membuat siklus menstruasi terlambat.

Jika menurut Anda stres dapat mengganggu menstruasi, cobalah berlatih teknik relaksasi dan lakukan perubahan gaya hidup. Menambahkan lebih banyak olahraga ke rejimen Anda dapat membantu kondisi kembali ke jalur semula.

2. Obesitas

Penambahan berat badan bisa memicu perubahan hormon pada wanita. Penelitian menunjukkan bahwa wanita dengan berat badan berlebih atau obesitas, memiliki risiko tinggi mengalami menstruasi terlambat.

Diet dan olahraga sangat disarankan oleh dokter jika obesitas menjadi faktor penyebab menstruasi terlambat yang Anda alami.

Cara menurunkan berat badan secara alami
Cara menurunkan berat badan secara alami (parade.com)

3. Berat badan turun

Menstruasi terlambat kemungkinan dialami oleh wanita dengan gangguan makan, seperti anoreksia atau bulimia. Jika berat badan terlalu rendah dari ideal, fungsi tubuh akan terganggu dan ovulasi pun akan terhenti.

Mengobati gangguan makan dan menaikkan berat badan secara sehat, dapat mengembalikan siklus haid yang normal.

4. Kebiasaan merokok

Kebiasaan merokok dapat menyebabkan gangguan pada menstruasi dan salah satunya adalah menstruasi terlambat. Hal ini terjadi karena zat-zat yang ada di dalam rokok, termasuk nikotin, dapat memengaruhi hormon estrogen dan progesteron yang berperan dalam siklus menstruasi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement