4 Cara Mengatasi Diare dengan Mudah dan Ampuh

Image title
29 November 2021, 18:24
Ilustrasi cara mengatasi diare yang sering menjadi penyakit umum masyarakat
Pexels.com/Andrea Piacquadio
Ilustrasi cara mengatasi diare yang sering menjadi penyakit umum masyarakat

Apabila Anda sering buang air besar dan kondisi feses dalam keadaan encer, bisa dipastikan Anda sedang mengalami gejala diare. Umumnya, penyakit ini terjadi akibat mengonsumsi makanan dan minuman yang terkontaminasi virus, bakteri atau parasit. Untungnya, ada berbagai cara mengatasi diare yang bisa Anda coba.

Diare merupakan salah satu masalah kondisi kesehatan yang umum di Indonesia, terutama pada bayi dan anak-anak. Bahkan, penderita diare bisa mencapai jutaan orang setiap tahunnya. Hal itu berdasarkan data Kementerian Kesehatan RI tahun 2019, jumlah kasus diare di seluruh Indonesia mencapai 7,2 juta jiwa.

Advertisement

Seperti dikutip dari situs Alodokter.com, penyakit diare biasanya berlangsung sekitar 14 hari (diare akut). Namun, pada sebagian kasus, diare dapat berlanjut hingga lebih dari 14 hari (diare kronis).

Lazimnya, diare bukan merupakan penyakit berbahaya dan dapat sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi, diare yang tidak kunjung membaik atau memburuk dapat menyebabkan komplikasi yang fatal, jika tidak ditangani dengan tepat.

Diare dan Covid-19

Sepanjang pandemi Covid-19, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa diare juga dapat menjadi salah satu gejala Covid-19. Jika Anda atau anak Anda mengalami diare, terutama jika disertai demam, sakit kepala, atau hilang penciuman, maka lakukan pemeriksaan ke dokter untuk memastikan kondisi tersebut.

Sebagai bentuk kewaspadaan, ada sejumlah tindakan yang harus dilakukan untuk mewaspadai hal tersebut, antara lain:

  • Rapid Test Antibodi
  • Swab Antigen (Rapid Test Antigen)
  • PCR

Mengenal Gejala dan Penyebab Kemunculan Diare

Kemunculan diare ditengarai berasal dari berbagai sebab yang bervariasi. Gejala yang paling sering ditemukan dan dialami oleh penderita diare adalah:

  • Perut mulas
  • Buang air besar cair (tinja encer) atau bahkan berdarah
  • Sulit menahan buang air besar
  • Pusing, lemas dan kulit terasa kering

Pada umunya, kemunculan diare pada tubuh diakibatkan infeksi virus atau bakteri di usus besar yang berasal dari makanan atau minuman yang dikonsumsi. Namun, diare yang berlangsung lama dapat terjadi akibat peradangan di saluran pencernaan.

Cara Penanganan Diare Secara Tepat

Ada sejumlah cara mengatasi diare agar penyakit pada fungsi pencernaan bisa segera disembuhkan. Meskipun dalam praktiknya banyak penderita diare dapat sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari, namun penyakit ini tetap tidak boleh dianggap enteng. Selain menimbulkan gejala yang sangat tidak nyaman, diare juga bisa menyebabkan dehidrasi.

Sebagai bentuk penanganan awal, ada sejumlah cara mengatasi diare untuk mempercepat proses penyembuhan. Beberapa langkah mudah bisa Anda lakukan:

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement