Kumpulan Obat Diare dan Cara Mencegahnya

Image title
19 November 2021, 16:46
Kumpulan Obat Diare dan Cara Mencegahnya
Pexels.com/Andrea Piacquadio
Ilustrasi gejala diare.

Diare adalah masalah pencernaan yang menyebabkan buang air besar menjadi encer. Gejala ini bisa membuat seseorang merasa tidak nyaman di perut selama beberapa jam hingga berhari-hari. Penyakit ini bisa menyerang kapan saja, bahkan di saat-saat yang tidak tepat sekalipun.

Penyakit diare bisa membaik dengan sendirinya dalam dua hingga tiga hari. Beberapa pengobatan dapat membantu mempercepat proses pemulihan penyakit pencernaan ini.

Advertisement

Diare bisa disebabkan oleh berbagai hal, namun umumnya berasal dari virus, bakteri, makanan, dan minuman yang memengaruhi pencernaan.  Diare bisa menyerang anak-anak, remaja, atau orang dewasa, dan membutuhkan perawatan kesehatan. Gejala penyakit ini tak jarang membuat seseorang harus bolak-balik ke toilet untuk buang air.

Obat Diare

Mengutip Medical News Today dan laman terkait lainnya, ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan diare, di antaranya:

Minum air putih

Menghidrasi tubuh sangat penting untuk pulih dari diare. Penyakit ini menyebabkan kekurangan cairan, termasuk air. Dehidrasi membuat tubuh kehilangan elektrolit seperti natrium dan klorida.

Dehidrasi bisa berbahaya pada anak-anak dan orang dewasa yang lebih tua, jadi sangat penting untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh jika mengalami diare.

Minum air adalah langkah pertama untuk rehidrasi. Seseorang juga dapat membuat larutan rehidrasi oral dengan mencampurkan 1 liter air dengan setengah sendok teh garam dan enam sendok teh gula. Mengonsumsi larutan ini membantu usus menyerap cairan lebih efisien.

Selain larutan tersebut, minuman olahraga atau jus buah dapat membantu rehidrasi tubuh dan memulihkan kalium dan natrium. Di sisi lain, hindari minum apa pun yang berpotensi mengiritasi saluran pencernaan, seperti:

  • Minuman berkafein.
  • Alkohol.
  • Minuman berkarbonasi.
  • Minuman yang sangat panas.

Menghindari makanan tertentu

Menghindari makanan tertentu, maksudnya tidak mengonsumsi makanan yang dapat mengiritasi atau memberi tekanan pada saluran pencernaan, yakni:

  • Makanan tinggi lemak.
  • Makanan berminyak.
  • Makanan pedas.
  • Makanan yang mengandung pemanis buatan.
  • Makanan dengan kadar fruktosa tinggi.

Beberapa dokter menyarankan untuk menghindari produk susu, karena dapat memperburuk diare pada beberapa orang.

Suplemen probiotik

Probiotik adalah mikroorganisme yang dapat bermanfaat bagi sistem pencernaan. Mereka dapat mendukung kerja usus dan membantu melawan infeksi.

Pada 2010, para peneliti melakukan tinjauan sistematis berskala besar terhadap 63 studi tentang probiotik, dengan lebih dari 8.000 peserta. Mereka menemukan bahwa probiotik secara signifikan mempersingkat durasi pemulihan diare. Di samping itu, probiotik aman dan tidak menimbulkan efek samping berbahaya bagi tubuh.

Suplemen probiotik dapat diperoleh di apotek atau toko online.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement