Mengenal 4 Teknik Dasar Bola Voli

Image title
7 Desember 2021, 17:06
Mengenal 4 Teknik Dasar Bola Voli
ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/aww.
Pebola voli putri Jakarta Pertamina Energi, Odi (tengah) melakukan smes ke arah tim voli putri BNI 46 saat laga Proliga Bola Voli 2020 Seri Ketiga Putaran kedua di GOR UNY, Sleman, Yogyakarta, Jumat (13/3/2020). Tim putri Jakarta Pertamina Energi berhasil mengalahkan tim putri BNI 46 dengan skor 3-2 (27-29, 25-17, 25-16,21-25, 15-9).

Salah satu olahraga yang membutuhkan kekompakan dalam bertanding adalah voli. Dalam praktiknya, olahraga ini empat teknik dasar, yaitu servis, passing, spike, dan block. Keempat teknik dasar tersebut harus dikuasai oleh pemain sehingga bisa melakukan serangan maupun pola bertahan dengan baik dan memenangkan pertandingan.

Setiap laga tanding bola voli, tim yang menjuarai tiga dari lima set akan keluar sebagai pemenang. Set 1-4 akan dimainkan hingga salah satu tim mendapatkan 25 angka, sementara itu set kelima akan dimainkan hingga skor 15. Sehingga nilai kompetisi akan dihitung dari jumlah skor tersebut.

Olahraga bola voli juga merupakan salah satu jenis permainan yang sangat fleksibel karena bisa dimainkan di berbagai lokasi, mulai dari lapangan aspal, rumput, maupun pasir di pinggir pantai.

Kegiatan ini juga bisa diikuti oleh semua kalangan, tua, muda, dengan beragam usia. Anda pun bisa melakukannya bersama satu teman lainnya, atau mengajak seluruh anggota keluarga untuk terlibat dalam kegiatan kompetitif ini.

Mengenal Teknik Dasar Bola Voli

Agar bisa menciptakan permainan yang seru dan gemilang, ada teknik dasar bola voli yang harus dikuasai. Selain itu penggemar bola voli di Indonesia juga cukup banyak dan dimanjakan oleh siaran langsung kompetisi profesional klub voli se-Indonesia, yaitu Proliga. Di sana, para atlet mempertontonkan berbagai teknik tinggi yang membuat permainan ini kian menarik untuk diikuti.

Jangan khawatir merasa kesulitan saat melakukan olahraga bola voli. Ada sejumlah teknik dasar bola voli yang bisa dikuasai oleh pemula. Teknik dasar bola voli ini akan membuat Anda para pemain pemula menjadi tidak minder saat di lapangan.

1. Servis

Modal awal dalam membentuk serangan kepada lawan adalah servis. Apabila servis dilakukan secara tepat dan akurat dapat mengacaukan pertahanan lawan dan menyulitkan mereka untuk melakukan serangan kepada Anda. Ada dua jenis servis yang bisa dilakukan saat di lapangan:

Servis Atas

Teknik dasar bola voli ini dilakukan dengan melambungkan bola ke atas kepala pemain sebelum dipukul hingga melewati net. Teknik ini bertujuan membuat bola menukik tajam ke bidang permainan lawan. Teknik ini membutuhkan skill yang lebih tinggi dibanding servis bawah.

Servis Bawah

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...