3 Cara Cek IMEI iPhone dengan Mudah dan Praktis

Image title
21 Desember 2021, 10:14
Ilustrasi cara cek IMEI iPhone
Apple
Ilustrasi cara cek IMEI iPhone

iPhone adalah salah satu produk smartphone yang digemari masyarakat dan harganya relatif tinggi dibandingkan dengan produk sejenis lainnya. iPhone adalah smartphone yang dirancang dan dipasarkan oleh Apple Inc yang dianggap memiliki nilai promo di pasar Indonesia lebih kuat.

Tidak semua orang tahu bahwa tidak semua iPhone yang beredar dan dijual di pasaran adalah produk asli keluaran Apple. Untuk memastikannya, kamu bisa lakukan beberapa hal agar bisa cek iPhone asli.

Para pembeli harus dengan cermat dan teliti untuk mengetahui mana produk iPhone yang asli dan palsu. Salah satunya dengan mengecek IMEI iPhone. Di masa-masa ini sangat penting untuk menjadi pembeli cerdas agar tidak merasa dirugikan, terlebih jika ada pihak yang berusaha menipu dengan menawarkan handphone.

Mengenal IMEI iPhone

Sebagai salah satu prasyarat dalam melihat keaslian iPhone adalah dengan melihat IMEI iPhone. Secara pengertian IMEI atau International Mobile Equipment Identity merupakan nomor identitas khusus yang diterbitkan oleh Global System for Mobile Communications Associations atau GSMA. Kehadiran IMEI sendiri merupakan identitas resmi sebuah handphone maka kita bisa mengibaratkan IMEI sebagai KTP sebuah smartphone, termasuk iPhone.

Pada umumnya, jumlah IMEI terdiri dari 14 digit dan diikuti dengan digit ke-15 guna melakukan verifikasi ulang semua digit yang sebelumnya. Digit tersebut digunakan untuk memeriksa berbagai informasi yang berhubungan dengan handphone tersebut termasuk asal ponsel dibuat, nomor model ponsel, dan lain sebagainya.

Fungsi IMEI pada iPhone

Keberadaan nomor IMEI pada iPhone tentu bukan karena tanpa alasa. Ada alasan penting IMEI dihadirkan dan menjadi salah satu fungsi dalam mendeteksi keaslian iPhone. Berikut sejumlah fungsi IMEI yang dikutip dari Qoala.com:

1. Panduan Spesifikasi Lengkap Mengenai iPhone

Untuk mengetahui spesifikasi iPhone dapat diketahui dengan nomor IMEI. Pengetahuan mengenai IMEI, berguna untuk memastikan beberapa hal. Apabila hanya ingin menggunakan iPhone asli bukan produk refurbished dari seri lain, kamu bisa gunakan nomor IMEI. Terlebih bagi Anda yang hendak membeli iPhone dari pihak kedua . Untuk lebih yakin perihal oris‌inilatis iPhone, akan lebih baik untuk melakukan pengecekan dari website resmi Apple.

2. Melakukan Pemblokiran Ketika Hilang atau Dicuri

Fungsi selanjutnya dari IMEI adalah sebagai pengidentifikasi yang paling spesifik dan tidak mungkin sama antara satu dengan perangkat lainnya. Kegunaan IMEI agar bisa mengidentifikasi kartu SIM sehingga bisa digunakan untuk komunikasi. Saat iPhone hilang atau dicuri, segera laporkan agar iPhone Anda tidak bisa diakses sama sekali oleh siapa pun. Anda bisa melakukan penguncian iPhone di situs IMEI info atau menanyakan customer service Apple.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...