Shopee Seller: Cara Berjualan Mudah dengan Aplkasi Shopee

Shopee Seller merupakan salah satu fasilitas dari marketplace online bernama Shopee dengan ciri khas warna oranye dan sudah banyak dikenal oleh masyarakat.
Image title
9 Juni 2021, 19:42
Shopee Seller, cara menjadi seller shopee, cara memiliki toko shopee, apa itu star seller shopee, Shopee Seller center, shopee express, call center shopee
shopee
Public Figure dan Pasangan Muda Tarra Budiman dan Gya Sadiqah saat mengikuti acara Media Gathering 7.7 Pesta Diskon Supermarket, Kamis (18/6).

Shopee Seller merupakan salah satu fasilitas dari marketplace online Shopee dengan ciri khas warna oranye yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat. Salah satu cara promosi yang paling menarik dari marketplace ini yakni dengan menggandeng sejumlah penyanyi dari dalam dan luar negeri untuk mengadakan konser dan di siarkan langsung melalui stasiun televisi nasional.

Tak heran jika saat ini masyarakat Indonesia lebih senang dan akrab berbelanja menggunakan aplikasi Shopee. Bahkan, banyak juga masyarakat yang menjadi bagian dari Shopee Seller sebagai usaha sampingan. Ketenaran Shopee bisa dimanfaatkan banyak orang untuk mendatangkan keuntungan pribadi.

Berikut ini terdapat panduan cara menjadi Shopee Seller yang dapat Anda jadikan sebagai referensi jika ingin berbisnis. Nah, untuk memahami apa saja tahapan ketika ingin berjualan online di Shopee, Anda perlu mengetahui beberapa langkah yang harus Anda lalui, berikut penjelasannya:

4 Cara Berjualan Di Shopee

Membuat Akun Shopee

Anda wajib membuat akun di aplikasi Shopee terlebih dahulu sebelum mulai berjualan. Tanpa memiliki akun, Anda tidak akan bisa melakukan aktivitas jual beli. Untuk membuat akun, Anda harus memiliki email dan nomor ponsel yang aktif yang digunakan untuk mengisi formulir pendaftaran agar data akun terangkum dengan lengkap. Setelah menerima email aktivasi atau SMS yang berisi kode OTP, segera selesaikan langkah pendaftaran.

Advertisement

Membuka Toko

Kemudian mulailah membuka sebuah toko dengan mengunjungi situs Shopee di peramban. Pilih “Jual” yang berada di bagian sudut kiri atas dan isi profil toko Anda mulai dari nama, foto profil, deskripsi dan banner. Setelah tahap ini berhasil, Anda secara otomatis sudah terdaftar sebagai salah satu Seller di Shopee. Selanjutnya, aturlah alamat toko dan jasa pengiriman yang ingin Anda gunakan. Jangan lupa untuk mengatur rekening bank agar bisa mencairkan penghasilan Anda selama berjualan.

Mengunggah Produk

Setelah memiliki toko, Anda bisa mengunggah produk yang akan dijual. Siapkan gambar dengan kualitas yang baik agar tidak pecah ketika diunggah. Pastikan gambar tersebut tampak jelas dan aesthetic agar bisa menarik calon pembeli. Jangan lupa mengisi detail produk mulai dari nama produk, ukuran, jenis, deskripsi, merek, dan lain sebagainya. Shopee secara otomatis melakukan pemeriksaan produk dalam waktu 1 hari kerja.

Promosikan Produk

Jika proses verifikasi Shopee selesai dilakukan, maka produk Anda akan muncul di etalase toko. Selanjutnya, Anda bisa mempromosikan barang dagangan agar dilirik calon konsumen. Setiap 4 jam, Shopee memberikan kesempatan bagi penjual agar segera ‘menaikkan’ produknya. Selain itu, Anda juga bisa membagikan tautan produk melalui media sosial agar bisa disebar ke segala platform milik Anda sebagai penjualan.

Jika sudah melakukan 4 hal di atas, sebaiknya Anda juga memperhatikan strategi penjulan online di Shopee agar produk yang Anda jual laris manis. Berikut strategi yang bisa Anda terapkan untuk menaikkan penjualan di Shopee:

3 Strategi Berjualan Di Shopee

Aktifkan Fitur Gratis Ongkir

Shopee memberikan fasilitas berupa fitur gratis ongkir yang bervariasi dengan minimal belanja mulai dari 0, Rp 30.000, Rp 90.000, dan Rp 200.000. Gratis ongkir menjadi salah satu daya tarik terbesar untuk para pembeli. Sebaiknya segera mengaktifkan fitur tersebut dengan mengirim foto KTP dan foto selfie memegang KTP. Jika pembeli sudah menggunakan voucher gratis ongkir, maka Anda tak perlu repot-repot untuk membayar ongkir kirim kepada jasa ekspedisi.

Perbanyak Produk

Selanjutnya, Anda hanya perlu memperbanyak produk yang dijual. Semakin banyak pilihan produk yang ada dalam etalase toko, maka kemungkinan untuk mengundang pembeli akan lebih besar. Usahakan untuk meletakkan lebih dari 5 produk di toko Anda agar tidak kesulitan untuk mendapatkan pembeli.

Ikuti Program Khusus dari Shopee

Shopee menyediakan berbagai program khusus untuk pejual, di antaranya Flash Sale yang dilakukan dalam waktu singkat dengan harga yang telah didiskon. Program tersebut dapat dilihat oleh semua pengguna Shopee dan bisa menjadi salah satu strategi yang tepat untuk mengundang para pembeli.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait