Star Seller Shopee: Penuhi Syaratnya dan Rasakan Keuntungannya

Star Seller Shopee atau yang sering dikenal dengan nama Star Shopee adalah bentuk apresiasi Shopee terhadap toko penjualan yang aktif.
Image title
9 Juni 2021, 20:06
Star Seller Shopee atau yang sering dikenal dengan nama Star Shopee adalah bentuk apresiasi Shopee terhadap toko penjualan yang aktif.
shopee

Star Seller di Shopee atau yang sering dikenal dengan nama Star Shopee adalah bentuk apresiasi Shopee terhadap toko penjualan yang aktif dan selalu berusaha memberikan pelayanan terhadap pelanggan dengan baik.

Star Seller di Shopee hanya diberlakukan bagi toko yang sifatnya perorangan bukan suatu perusahaan atau PT. Kualifikasi tersebut menjadi syarat wajib yang ditetapkan oleh Shopee. Jika Anda ingin agar toko penjual mendapatkan status Star Seller, berikut hal-hal yang harus diperhatikan.

Cara Menjadi Star Seller Shopee

Verifikasi Identitas

Anda akan diminta mengunggah (upload) foto atau scan KTP beserta foto diri secara close up dengan memegang KTP oleh pihak Shopee pada saat pembuatan toko. Ini bertujuan untuk meminimalisir terjadinya penipuan dalam jual beli online. Dengan melakukan verifikasi identitas, diharapkan penjual tidak melakukan pelanggaran. Jika ada hal yang tidak diinginkan terjadi, Pihak Shopee akan mudah menindaklanjutinya.

Verifikasi identitas juga digunakan sebagai bukti bahwa toko tersebut memiliki pemilik yang dapat dipercaya untuk melakukan penjualan secara online di Shopee. Verifikasi juga sangat penting dan harus dilakukan jika toko milik Anda ingin merubah status menjadi Star Seller.

Advertisement

Persentase Kecepatan Membalas Chat

Kualifikasi berikutnya yaitu, Anda harus benar-benar memperhatikan kecepatan membalas live chat yang terdapat di Shopee. Sebab jika persentase membalas chat kurang dari 80%, Anda tidak bisa menjadi star seller.

Calon pembeli lebih sering menanyakan ketersediaan barang seperti pilihan warna yang tersedia, perlengkapan barang, ukuran barang, dll. Jadi sebaiknya Anda harus lebih cepat dalam membalas pesan dari calon pembeli dengan ramah. Jangan sampai mereka menunggu lama karena hal tersebut akan berpengaruh terhadap kualitas dan pefroma toko Anda.

Rating Toko Minimal 4.5

Rating toko biasanya digunakan untuk melihat bagus tidaknya sebuah toko online. Sehingga, semakin tinggi rating toko yang Anda miliki, sudah bisa dipastikan toko tersebut punya reputasi yang baik. Toko online akan mendapatkan penilaian yang berasal dari ulasan konsumennya.

Jika mereka memberikan penilain yang mengambarkan kepuasan pengalaman belanja di toko tersebut, maka rating toko akan semakin naik. Rating tersebut juga menjadi salah satu syarat untuk menjadi Star Seller dengan minimal rating 4.5. Sehingga Anda harus berusaha semaksimal mungkin agar konsumen selalu puas terhadap layanan di toko Anda agar bisa meraih target yaitu 4.5.

Minimal 100 Penjualan Produk Dalam Satu Bulan

Jika ingin menjadi Star Seller, Anda harus mampu menjual 100 produk dalam satu bulan.  Untuk mencapainya, alangkah lebih baiknya jika Anda menjual barang-barang yang murah dan menarik. Sehingga membuat pembeli bisa membayar beberapa barang sekaligus dengan total uang yang dibelanjakan tidak terlalu banyak.

 

Memiliki Produk Pre-Order

Setelah memenuhi 5 poin di atas, Anda juga harus mempunyai persentase dan jumlah produk pre-order minimal 20% dari total barang yang ada di toko Anda, dengan masa pre-order kurang dari lima hari.

Tidak Pernah Melanggar Peraturan

Perlu diingat, meskipun persyaratannya cukup sulit, Anda tidak boleh menghalalkan segala cara agar barang anda cepat laku. Untuk menjadi Star Seller, Anda tidak boleh memiliki catatan pelanggaran. Ini akan menjadi penilaian penting toko Anda dan sudah bisa dipastikan Shopee akan lebih mengutamakan toko yang benar- benar taat peraturan tanpa memiliki poin penalti sedikit pun. 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait