Cara Jualan di Shopee untuk Pemula Melalui Smartphone

Sekarang ini banyak E-commerce untuk jual beli, salah satunya Shopee. Pengguna bisa menjual produk dengan membuka toko di Shopee. Cara mendaftar di Shopee cukup mudah bisa dilakukan di Smartphone.
Dwi Latifatul Fajri
24 Agustus 2021, 11:08
Cara Jualan di Shopee untuk Pemula Melalui Smartphone, cara jualan di shopee, jualan di shopee
shopee
Ilustrasi platform Shopee

Internet memudahkan masyarakat untuk melakukan berbagai kegiatan secara online. Salah satunya adalah jual beli online. Sekarang ini banyak E-commerce atau perdagangan elektronik untuk jual beli, salah satunya Shopee. Pengguna bisa menjual produk dengan membuka toko di Shopee. Cara mendaftar di Shopee cukup mudah bisa dilakukan di ponsel pintar atau smartphone.

Adanya internet mempermudah masyarakat untuk melakukan berbagai kegiatan, salah satunya jual beli online. Sekarang ini banyak E-commerce atau perdagangan elektronik untuk jual beli. Salah satu E-commerce yang banyak dipakai adalah Shopee. Pengguna bisa mengakses Shopee melalui komputer atau smartphone.

Pengguna bisa memilih dan menjadi penjual dan pembeli di aplikasi tersebut. Cara membuka toko di Shopee cukup mudah bisa melalui komputer dan smartphone. Jika Anda ingin menjadi penjual pemula, cukup daftarkan toko melalui aplikasi Shopee di ponsel. Caranya cukup mudah beberapa menit langsung jadi. Namun, perlu diperhatikan syarat dan kebijakan membuka toko di Shopee. Hal ini diperlukan untuk berjualan aman di Shopee.

Cara mendaftar toko di akun Shopee melalui ponsel:

1. Bukan aplikasi Shopee klik ke profil, tekan "Pilih Saya" kemudian klik "Daftar".
2. Masukkan nomor hp, kemudian verifikasi nomor hp dan email. Verifikasi wajib dilakukan supaya pembeli bisa menemukan produk yang diunggah penjual.
3. Ubah nama pengguna/username akun Shopee. Selain itu Anda bisa melihat video pendek di akun Shopee untuk proses pendaftaran.
4. Setelah selesai mengubah nama toko, lengkap data profil
5. Kemudian unggah foto produk, atribut, deskripsi, dan jasa kirim produk. Pakai jasa kirim produk yang tersedia di daerah penjual.
6. Pastikan barang yang dijual tidak berbahaya atau dilarang oleh Shopee. Biasanya, akan muncul pemberitahuan produk yang diseleksi oleh Shopee.
7. Buat toko Shopee semenarik mungkin. Pengguna bisa mengubah logo, banner, dan nama toko yang menarik untuk diunggah.

Advertisement


Tips Meningkatkan Penjualan Produk di Shopee untuk Pemula

Setelah mendaftar dan memasukkan produk yang muncul di etalase toko, langkah selanjutnya adalah meningkatkan penjualan produk. Bagi penjual pemula, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya produk bisa dilihat banyak orang dan terjual cepat. Berikut beberapa tips untuk meningkatkan penjualan di Shopee.

Tingkatkan penjualan memakai fitur "Iklan Produk Serupa"

Setelah mendaftarkan toko, tingkatkan penjualan melalui iklan yang relevan untuk pembeli. Mengatur iklan ini ditargetkan untuk memudahkan pembeli mencari produk yang sesuai. Selain itu iklan bermanfaat untuk meningkatkan penjualan. Ada beberapa kriteria untuk mengatur iklan produk serupa yaitu:

  • Umur dan jenis kelamin
    Gunakan fitur iklan toko Anda yang disesuaikan target pembeli sesuai rentang usia dan jenis kelamin Contohnya saja jualan foto boyband Kpop untuk perempuan dan remaja di rentang usia 13 sampai 30 tahun.
  • Lokasi
    Iklan produk menargetkan lokasi yang sesuai, supaya dapat memenuhi pesanan mudah dan cepat.
  • Kategori dan Minat
    Kategori dan minat yang sesuai untuk pembeli, memudahkan pemsaran produk yang dilihat dan diklik. Contohnya saja jika Anda menjual buku, Anda menargetkan konsumen yang tertarik membeli buku.
  • Tingkah Laku
    Shopee menggunakan tingkat laku pembeli berdasarkan melihat produk di toko, melihat produk yang ada di iklan, menambahkan di keranjang, sampai membeli produk, sampai pernah membeli di toko Anda.

Cara mengatur sasaran iklan di aplikasi Shopee:

1. Pilih produk yang ingin diiklankan menggunakan Iklan Produk Serupa, lalu menonaktifkan pengaturan otomatis.
2. Klik pengaturan lanjutan
3. Kemudian atur sasaran iklan berdasarkan umur, jenis kelamin, lokasi, kategori minat, sampai tingkah laku.
4. Lalu klik aktifkan iklan.

Aktifkan Fitur Voucher di Aplikasi Shopee

Voucher toko atau produk bermanfaat untuk meningkatkan penjualan. Penjual dapat mengubah dan memakai voucher pada produk tertentu di toko. Berikut cara mengaktifkan fitur voucher di aplikasi Shopee:

1. Login ke aplikasi Shopee dan mengunjungi halaman Toko Saya
2. Pilih bagian Promosi Saya, kemudian klik "Voucher" pada ponsel.
3. Pilih bagian Buat Voucher Baru
4. Kemudian masukkan beberapa informasi voucher dan simpan
5. Anda bisa mengubah atau melihat voucher yang dibuat

 

Tambahkan fitur promo gratis ongkir toko Shopee

Manfaat memberikan fitur promo gratis ongkir ini untuk menarik pembeli tanpa memikirkan ongkos kirim produk. Selain itu fitur ini dapat meningkatkan penjualan produk. Berikut cara mengaktifkan fitur promo ongkir toko di aplikasi Shopee.

1. Masuk ke aplikasi Shopee, kemudian klik "Seller Centre" dan pilih Promosi Saya.
2. Pada halaman Promosi Saya, kemudian memilih Promo Ongkir Toko.
3. Setelah memilih promong gratis ongkir, kemudian klik bagian "Buat Sekarang" dan membuat promo baru.
4. Isi nama promo gratis ongkir.
5. Kemudian masukkan periode promo gratis ongkir. Ada dua pilihan promo yaitu promosi ongkir, yaitu ongkir tanpa batas dan terbatas waktu. Penjual bisa memilih periode waktu untuk gratis ongkir pembelian produk.

Demikian penjelasan mengenai cara mendaftar toko di Shopee. Langlah-langkah tersebut bisa digunakan melalui aplikasi Shopee di ponsel tanpa perlu membuka laptop atau komputer. Semoga bermanfaat.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait