Memahami Intuisi dan Cara Mengasahnya

Siti Nur Aeni
28 Maret 2022, 17:36
Ilustrasi intuisi
pixabay.com
Ilustrasi intuisi

Apakah Anda pernah mengambil keputusan tanpa berpikir panjang? Mungkin saja saat itu Anda sedang mengikuti intuisi yang Anda miliki. Intuisi bisa datang kapan saja dan seringkali memberikan ide yang berhubungan dengan pengambilan keputusan. Lantas, apa yang dimaksud dengan intuisi? Berikut penjelasan lengkapnya.

Mengenal Intuisi

Sejatinya intuisi merupakan hal yang dimiliki semua orang. Intuisi juga sering dikaitkan dengan hal magis atau takhayul. Padahal, menurut penjelasan di hellosehat.com, intuisi adalah bentuk pengetahuan yang bisa muncul begitu saja tanpa perlu pertimbangan yang jelas.

Advertisement

Intuisi bisa dimaknai sebagai firasat yang menjadi wujud dari pikiran alam bawah sadar. Di saat itu, pikiran kita akan dengan sigap menyaring pengetahuan dan pengalaman masa lalu menjadi gagasan atau ide tertentu.

Gagasan atau ide ini menjadi pertimbangan singkat dalam mengambil keputusan tanpa perlu analisis atau proses berpikir panjang. Meskipun dimiliki semua orang, namun tidak semuanya mempercayai firasat ini. Padahal, intuisi yang sering muncul tiba-tiba ini sering membantu kita dalam mengambil keputusan dengan cepat dan tepat.

Asal Usul Intuisi Berdasarkan Penjelasan Ilmiah

Melansir dari hellosehat.com, dijelaskan bahwa pada otak manusia ada tua tipe sistem berpikir yaitu sistem sadar dan tidak sadar. Bagian otak yang mengatur sistem berpikir sadar yaitu otak kiri. Bagian ini bekerja lebih lambat.

Sistem ini menjadi pusat analisis, membantu berpikir secara rasional, bekerja berdasarkan fakta dan pengalaman yang pernah terjadi. Dengan kata lain, semua hal yang dikerjakan sistem ini sudah disadari oleh diri kita.

Sementara itu, otak kanan berguna untuk mengatur sistem bawah sadar atau tidak sadar. Sistem ini bekerja tanpa sepengetahuan diri kita. Sistem ini juga dapat menghasilkan respon yang cepat. Sistem bawah sadar jugalah yang mengatur intuisi.

Tak hanya berasal dari sistem bawah sadar, gagasan atau intuisi juga berasal dari informasi atau pengalaman yang pernah dialami. Namun, informasi tersebut tetap berada di alam bawah sadar manusia.

Jadi, saat intuisi muncul, keputusan tersebut terbentuk dari alam bawah sadar kita. Dengan demikian, intuisi ini hadir dengan cepat, bahkan tanpa perlu berpikir panjang dan menganalisa hal sudah terjadi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement