40 Contoh Judul Makalah Tentang Pendidikan yang Menarik dan Informatif

Siti Nur Aeni
30 Mei 2022, 16:10
40 Contoh Judul Makalah Tentang Pendidikan yang Menarik dan Informatif
pixabay.com
Ilustrasi, seseorang sedang membuat judul makalah

Daya tarik pertama yang dilihat pembaca karya tulis yaitu terkait judul dari karya tulis tersebut. Dalam sebuah makalah, judul biasanya mengacu pada topik yang dibahas dalam karya tulis tersebut.

Jika topik yang diangkat terkait pendidikan, biasanya judul makalah yang diangkat mengacu pada materi pembelajaran di kelas. Agar dapat membuat judul yang baik, berikut ulasan seputar cara menentukan judul hingga contoh judul makalah tentang pendidikan yang bisa menjadi inspirasi untuk Anda.

Cara Menentukan Judul Makalah

Makalah merupakan karangan non fiksi yang sifatnya informatif, sehingga dalam membuat karya tulis ini harus sesuai dengan kebenaran dan berasal dari sumber literasi yang terpercaya. Makalah bisa mengangkat beragam tema, walaupun pada umumnya makalah dibuat sesuai dengan topik pembalajaran yang tengah di terangkan guru atau pengajar.

Sama halnya dengan karangan pada umumnya, makalah juga harus memiliki judul yang menarik dan sesuai dengan isinya. Merangkum dari penerbitdeepublish.com, berikut cara menentukan judul untuk karangan non fiksi.

1. Membuat Kerangka Tulisan Terlebih Dahulu

Kerangka tulisan dimaknai sebagai susunan isi tulisan yang membantu kita untuk menentukan judul yang tepat. Kerangka tulisan dan judul makalah merupakan dua hal yang saling berkaitan. Pasalnya, judul merupakan representatif dari isi atau kerangka tulisan tersebut.

2. Menentukan Topik Utama

Topik utama juga menjadi bagian hal penting yang harus disiapkan terlebih dahulu sebelum membuat judul. Anda bisa mulai mencatat beberapa poin penting yang menjadi topik utama dalam karya tulis tersebut. Nantinya, poin penting tersebut bisa menjadi acuan untuk membuat judul makalah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...