7 Metode Ilmiah Biologi yang Harus Dipahami Sebelum Eksperimen

Siti Nur Aeni
21 September 2021, 15:58
Ilustrasi seorang perempuan sedang melaksanakan eksperimen di laboratorium dengan menerapkan metode ilmiah biologi
pixabay.com
Ilustrasi seorang perempuan sedang melaksanakan eksperimen di laboratorium dengan menerapkan metode ilmiah biologi

Untuk mengetahui kebenaran ilmiah dari sebuah kasus maka perlu pembuktian ilmiah. Pembuktian tersebut harus dilakukan berdasarkan penelitian. Misalnya saja, ketika terjadi pendemi seperti saat ini. Kita semua awalnya belum mengetahui jenis virus apa yang menyebabkan seluruh dunia lumpuh.

Maka dari itu, para ahli melakukan serangkaian penelitian untuk mengindentifikasi virus baru ini. Penelitian yang dilakukan tersebut bukan hanya menggunakan alat canggih, namun juga menggunakan metode ilmiah biologi.

Pengertian Metode Ilmiah Biologi

Menurut penjalasan di buku “Metodologi Penelitian”, metode ilmiah merupakan kerangka landasan untuk terciptanya pengetahuan ilmiah. Metode ini berdasar pada pemikiran suatu pernyataan apabila ingin diterima maka kebenaran pernyataan tersebut harus diuji kebenarannya secara empirik.

Berdasarkan penjelasan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa metode ilmiah biologi merupakan landasan pengetahuan ilmiah yang digunakan dalam ilmu biologi. Metode ilmiah menjadi bagian penting ketika hendak melakukan penelitian.

Langkah-langkah Metode ilmiah Biologi

Selain pengertian tentang metode ilmiah, hal lain yang juga harus dipahami sebelum melaksanakan penelitian yaitu tentang penulisan metode ilmiah. Mengutip dari buku “Biologi untuk SMA/MA Kelas X”, berikut ini beberapa langkah menulis metode ilmiah.

1. Memilih masalah dan studi pendahuluan

Langkah pertama yang harus dilakukan seorang penelitian yaitu mengetahui terlebih dahulu masalah yang akan diteliti. Untuk mendapatkan topik penelitian bisa dilakukan dengan menelaah hasil penelitian sebelumnya.

Cara lain yang bisa dilakukan yaitu dengan mencari dalam studi pustaka atau melakukan observasi langsung. Setelah memahami hal yang hendak diteliti, maka penelitian bisa langsung memulai menuliskan pendahuluan dari riset yang akan dilakukan.

2. Menentukan rumusan masalah

Metode ilmiah biologi selanjutnya yaitu rumusan masalah. Bagian ini bertujuan untuk menegaskan masalah yang hendak diteliti. Penulisan rumusan masalah biasanya diawali dengan penggunaan kalimat tanya. Contohnya;

  • Bagaimana pengaruh pupuk terhadap petumbuhan padi?
  • Berapa dosis pupuk yang dibutuhkan untuk padi yang ditanam pada lahan 1 hektar?

3. Mengumpulkan informasi

Langkah metode ilmiah biologi selanjutnya yaitu mengumpulkan beragam sumber informasi. Tujuannya yaitu untuk memperkaya pengetahuan mengenai hal yang hendak diteliti. Sumber informasi bisa berasal dari website resmi, jurnal, buku, artikel ilmiah, dan sumber terpercaya lainnya.

4. Menyusun hipotesis

Hipotesisi adalah jawaban sementara dari masalah yang akan diteliti. Contoh metode ilmiah biologi ini yaitu;

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...