Pengertian Inovatif, Jenis, dan Cara Melatihnya yang Perlu Diketahui

Siti Nur Aeni
31 Mei 2022, 14:30
Pengertian Inovatif, Jenis, dan Cara Melatihnya yang Perlu Diketahui
pixabay.com
Ilustrasi Inovatif

Menjadi pribadi yang inovatif menjadi hal yang dibutuhkan saat ini. Sejatinya pengertian inovatif sangat erat kaitannya dengan kemampuan yang mengacu pada kreativitas yang diperlukan agar bisa menjadi individu yang lebih berkembang.

Inovatif juga sering dimaknai sebagai sebuah usaha untuk meningkatkan skill guna beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Di era digital seperti saat ini, perubahan di segala bidang sangat cepat terjadi. Maka dari itu, kemampuan inovatif sangat dibutuhkan agar tidak tertinggal zaman.

Pengertian Inovatif

Sebelum mengenal lebih jauh tentang inovatif, tak ada salahnya jika kita mempelajari terlebih dahulu makna dari kata inovatif. Menurut keterangan di Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian inovatif adalah sebuah hal yang bersifat memperkenalkan sesuatu yang baru atau bersifaat pembaruan (kreasi baru).

Pengertian inovatif juga diterangkan dalam situs glints.com. Dalam website tersebut diterangkan bahwa, skill inovatif merupakan pengetahuan dan kemampuan yang dapat digunakan untuk membuat dan menyesuaikan dengan perubahan.

Semenatara itu, menurut penjelasan di Jurnal Psikologi Ulayat disebutkan bahwa setiap inovasi akan selalu diikuti dengan kemunculan ide baru yang sifatnya. Dalam jurnal tersebut juga disebutkan bahwa perilaku kerja inovatif yaitu sebuah rangkaian kegiatan kerja yang secara bertahap dilakukan oleh pekerja dalam mengembangkan dan meningkatkan perlaku kerja yang efektif.

Jenis-jenis Kemampuan Inovatif

Berfikir dan berperilaku inovatif menjadi hal yang penting dan dibutuhkan dalam menjalani kehidupan di era modern seperti saat ini. Menurut penjelasan di glints.com, kemampuan inovatif ini memiliki beberapa jenis, sebagai berikut:

1. Imagination

Salah satu jenis skill inovatif yang sering diterapkan khususnya dalam dunia kerja yaitu imagination. Jenis inovatif ini mengarah pada kemampuan seseorang untuk membayangkan cara terbaik saat menyelesaikan pekerjaan. Kemampuan imajinasi yang kuat dapat memberikan Anda kemampuan untuk memprediksi hal dari ide yang dimiliki.

2. Design

Jenis kemampuan inovatif lainnya yaitu design. Inovasi mengharuskan Anda untuk memikirkan konsep kreatif dan menentukan spesifikasi realistis untuk menerapkan sebuah rencana. Dengan adanya kemampuan ini, maka Anda bisa membuat ide dari produk dan proses menjadi kenyataan.

3. Critical Thinking

Critical thinking atau berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan inovatif yang perlu dimiliki. Kemampuan ini membuat kita bisa membaca situasi dan mengenali kualitas pekerjaan yang perlu diperbaiki. Critical thinking ini juga bisa membuat kita menjadi proaktif dalam melakukan perbaikan dan mempertahankan pertumbuhan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...