Enterpreneur Adalah Wirausaha Ini Tipe dan Bedanya dengan Pengusaha

Enterpreneur adalah suatu kegiatan usaha yang dilakukan secara mandiri. Berikut karakteristik, tipe, dan beda enterpreneur dengan pengusaha.
Image title
21 Januari 2022, 13:44
Enterpreneur Adalah Wirausaha Ini Tipe dan Bedanya dengan Pengusaha
Pexels.com/Fauxels
Ilustrasi enterpreneur.

Enterpreneur menjadi profesi yang banyak diimpikan kalangan muda. Kebebasan dalam berinovasi dan mengembangkan ide menjadi tawaran menggiurkan bagi sebagian orang yang ingin terjun ke dunia wirausaha.

Tapi, menjadi seorang enterprenuer tak semudah membalikan telapak tangan. Berbagai rintangan, mulai dari ketersediaan modal sampai pesaing menjadi tantangan tersendiri bagi mereka yang hendak memulai usaha.

Terbukti, tingkat kewirausahaan atau enterpreneursip di Indonesia masih terbilang rendah, yakni sekitar 3,47 persen dari total penduduk pada 2021.

Pengertian Enterpreneur

Enterpreneur (wirausaha) adalah suatu kegiatan usaha yang dilakukan secara mandiri. Enterpreneur juga bisa diartikan seorang yang mengaplikasikan ide-ide baru untuk memulai bisnis. Proses enterpreneur dalam mendirikan bisnisnya disebut sebagai enterpreneurship atau kewirausahaan.

Advertisement

Mengutip Investopedia, enterpreneur adalah individu yang menciptakan bisnis baru, siap menanggung risiko, dan sebagai imbalannya bisa menikmati sebagian besar keuntungan.

Sedangkan, menurut pakar kewirausahaan, Thomas W Zimmerer, enterpreneur adalah seorang yang menciptakan bisnis baru dengan mengambil risiko dan ketidakpastian demi mencapai keuntungan dan pertumbuhan lewat cara mengidentifikasi peluang yang signifikan dan menggabungkan sumber daya yang diperlukan.

Kendati demikian, beberapa orang menganggap enterpreneur dan pengusaha adalah hal yang sama. Nyatanya keduanya memiliki perbedaan mendasar.

Beda Enterpreneur dan Pengusaha

Merujuk The Balance Small Business, enterprenuer adalah mereka yang mengembangkan perusahaan dengan mengedepankan inovasi. Seorang enterpreneur mengelola bisnis sekaligus menanggung risiko kesuksesannya.

Sementara, pengusaha diartikan sebagai mereka yang menjalankan usaha sendiri dan tidak bekerja untuk orang lain. Oleh karena itu, seorang pengusaha belum tentu enterpreneur dan seorang enterpreneur bisa dipastikan seorang pengusaha.

Pengusaha juga merujuk pada mereka yang mengikuti cara bisnis atau ide-ide yang sudah ada sebelumnya, sehingga margin risikonya cenderung lebih rendah karena dapat mempertimbangkan dan membuat perhitungan dengan mengacu pada ide yang sudah pernah dicoba sebelumnya.

Melihat pengertian enterpreneur dan pengusaha, ada beberapa perbedaan yang dapat dijabarkan, berdasarkan:

Sifat dan Tujuan

Enterpreneur mencurahkan segala upaya agar idenya berhasil. Tujuannya untuk memperkenalkan jalan baru kesuksesan kepada dunia. Sementara pengusaha mengikuti ide-ide yang teruji dengan tujuan membuat bisnisnya lebih kuat dan menguntungkan.

Risiko

Risiko enterpreneur relatif lebih tinggi karena ide atau strategi baru yang belum pernah dicoba sebelumnya lebih berisiko mengalami kegagalan dibanding pengusahan yang selalu mengikuti sisi aman dan berorientasi pada keuntungan.

Keahlian

Enterpreneur siap mengambil risiko dan belajar dari kegagalan. Sementara pengusaha memanfaatkan pengalamannya dalam menjalankan strategi.

Visi

Enterpreneur memikirkan kondisi yang akan datang, sehingga mereka sering memeroleh inspirasi untuk melahirkan produk baru. Sedangkan pengusaha, fokus terhadap apa yang dikerjakan sekarang untuk mencetak profit.

Karakteristik Enterpreneur

Seorang enterpreneur terkadang bisa dilihat dari beberpa karakteristik berikut:

  • Memiliki passion: Beberapa enterpreneur sering melontarkan kata passion untuk menggambarkan yang mereka kerjakan.
  • Mandiri: Seorang enterpreneur sering menghabiskan waktu untuk berpikir out of the box dalam menjalankan bisnis dan tidak terpengaruh pada mereka yang mempertanyakan ide-ide tersebut.
  • Optimis: Enterpreneur bisa dikatakan seorang pemimpi yang percaya ide-ide mereka sangat mungkin untuk diwujudkan.

Tipe-tipe Enterpreneur

Setiap enterpreneur memiliki cara, prinsip, dan motivasi mereka masing-masing dalam menggapai tujuan. Mengutip BusinessTown, terdapat empat tipe enterpreneur yang kerap ditemukan, yakni:

1. The World Changer

Mereka yang tergolong dalam tipe ini membangun bisnis dengan tujuan membuat dunia menjadi lebih baik. The world changer percaya bisnisnya bisa berdampak positif bagi lingkungan dan masyarakat.

Mereka fokus pada apa yang bisa mereka berikan kepada masyarakat. Di samping itu, tipe the world changer memahami konsep masyarakat, keseimbangan, dan empati.

2. The Survivor

The survivor mengacu pada mereka yang ingin membangun bisnis dan sistemnya sendiri guna mencapai financial freedom. Seorang dengan tipe ini tak segan untuk resign dari kantornya demi membangun dan mewujudkan ide bisnisnya.

3. The Visionary

The visionary selalu memiliki ide-ide inovatif yang berlum pernah terpikirkan sebelumnya oleh banyak orang. Selain fokus pada masa sekarang, orang dengan tipe ini memikirkan dan berharap bisnisnya bisa berkembang dan bersaing di masa depan.

4. The Strategist

The strategist mengacu pada mereka yang memiliki pemahaman mendalam tentang bisnis yang digeluti hingga ke detail-detailnya. Mereka yang tergolong tipe ini memiliki perencanaan, strategi, dan analisis yang mendalam.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait