5 Cara Screenshot Laptop Windows 10 Mudah dan Cepat

Siti Nur Aeni
21 Juni 2022, 13:37
5 Cara Screenshot Laptop Windows 10 Mudah dan Cepat
pixabay.com
Ilustrasi screenshop layar laptop Windows 10

Saat ini, Windows 10 menjadi sistem operasi yang banyak digunakan pengguna laptop. Fitur dalam Windows ini cukup lengkap, salah satunya yaitu fitur untuk screenshot layar laptop. Cara screenshot laptop Windows 10 terbilang mudah dan beragam metodenya.

Anda bisa menggunakan tombol kombinasi atau aplikasi khusus untuk menangkap layar laptop yang sedang digunakan. Biasanya screenshot diperlukan pada beberapa kondisi, misalnya hendak mendokumentasikan webinar atau rapat online.

Lantas, bagaimanakah cara untuk screenshot laptop Windows 10? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Cara Screenshot Laptop Windows 10 Menggunakan Aplikasi Khusus

Cara screenshot di laptop Windows 10 bisa dilakukan melalui aplikasi khusus. Aplikasi tersebut bisa berasal dari aplikasi bawaan atau pihak ketiga. Aplikasi screenshot ini berguna untuk mempermudah proses screenshot pada layar laptop yang Anda gunakan.

Berikut ini sejumlah aplikasi screenshot layar laptop yang bisa Anda gunakan dengan mudah.

1. Aplikasi Snipping Tool

Snipping Tool merupakan aplikasi screenshot bawaan yang bisa digunakan pada laptop Windows 7 sampai 10. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa menangkap seluruh layar, sebuah jendela tunggal, atau pada area tertentu saja.

Aplikasi Snipping Tool juga dilengkapi dengan fitur tembahan seperti penghapus, pensil, dan lain sebagainya. Anda juga dapat menyimpan hasil screenshot dalam berbagai format mulai dari PNG, GIF, JPEG, hingga MHT. Adapun cara screenshot laptop Windows 10 lewat aplikasi ini sebagai berikut:

  • Buka aplikaasi Snipping Tool pada laptop yang Anda gunakan.
  • Setelah itu, pilih metode screenshot sesuai keinginan.
  • Terakahir, screenshot telah selesai dan Anda bisa menyimpan pada folder yang dikehendaki.

2. Aplikasi Greenshot

Greenshot adalah aplikasi screenshot gratis dan open source yang bisa digunakan pada laptop Windows 10 maupun Windows versi lainnya. Greenshot juga dilengkapi dengan fitur pendukung yang tidak dimiliki Snipping Tool.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...